Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tor Sampah Mab1

Tor Sampah Mab1

Ratings: (0)|Views: 105 |Likes:
Published by Nia Risti Anggraini

More info:

Published by: Nia Risti Anggraini on Jun 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/08/2012

pdf

text

original

 
KERANGKA ACUAN KERJAPENGADAAN ALATPENGELOLAAN SAMPAH KAMPUS TEMBALANG
(TEMPAT SAMPAH DAN ALAT PENGANGKUT SAMPAH)
UNIVERSITAS DIPONEGOROTAHUN ANGGARAN 2011
UNIVERSITAS DIPONEGORO2011
 
PANDUAN PENGADAANTEMPAT SAMPAH DAN ALAT PENGANGKUT SAMPAHUNIVERSITAS DIPONEGOROTAHUN ANGGARAN 2011
 
I. LATAR BELAKANG
Universitas Diponegoro (Undip), yang merupakan universitas terbesar di Jawa Tengah, sejak diresmikan sebagai universitas negeri pada tanggal 1 Oktober 1960, senantiasa mengembangkandiri dengan melakukan pengembangan di bidang akademik dan peningkatan sarana-prasaranaguna menunjang kegiatan civitas akademika-nya. Seiring dengan perkembangan lingkungankampus Undip yang dinamis, beberapa aspek penunjang dirasa masih perlu untuk ditingkatkantermasuk pengelolaan sampah kampus. Saat ini, Undip belum memiliki sistem pengelolaansampah terpadu.Sampah yang ditimbulkan di Kampus Undip Tembalang dikelola secara individu padatiap-tiap unit atau jurusan. Pengelolaannya meliputi pewadahan, pengumpulan, dan pembakarandi area terbuka tanpa penanganan lebih lanjut. Dengan adanya pembakaran sampah di areaterbuka secara tak terkendali seperti itu, akan mengakibatkan polusi udara, mengganggupernafasan dan estetika. Terlebih lagi, dengan adanya perpindahan warga Kampus UndipPleburan ke Kampus Undip Tembalang yang akan menambah jumlah timbulan sampah sertaadanya rumah sakit, yang akan menghasilkan limbah padat medis dan membutuhkanpengelolaan. Disamping itu, di dalam UU No.18 Tahun 2008 mewajibkan pengelola suatukawasan untuk dapat mengelola sampah dengan benar dan berwawasan lingkungan, penanganandengan pemisahan sampah sesuai dengan jenis atau sifat sampah dan pengumpulan ke tempatpengolahan sampah terpadu. Guna menangani timbulan sampah, akan disediakan 12 TempatPengumpulan Sampah (TPS) di sekitar wilayah kampus Undip Tembalang, yang tersebar secaramerata di setiap unit fakultas. Di TPS akan dilakukan pemilahan sampah yang terdiri darisampah organik, sampah kertas, dan sampah plastik. Pengangkutan sampah dari TPS menujuTPST akan dilakukan dengan menggunakan 1 truk dengan kapasitas 15 tempat sampah sekaliritasi.
 
 II. TUJUAN
 Berdasar pada latar belakang tersebut, maka Undip berencana untuk melakukan pengelolaansampah yang dimulai dari aspek pewadahan yang seragam dan sarana pengangkutan sampahyang aman guna mewujudkan kampus yang asri, tertib dan nyaman sehingga dapat menciptakanatmosfer yang mendukung kegiatan semua civitas akademika Undip.
III. LUARAN KEGIATAN
Sesuai dengan tujuan kegiatan pengelolaan sampah Undip, maka kegiatan pengadaan tempatsampah dan alat pegangkut sampah ini diharapkan memiliki luaran berupa:
 
Tersedianya tempat sampah yang terpisah berdasarkan jenis sampah untuk masing-masing unit.
 
Tersedia dan beroperasinya alat pengangkut sampah
 
Terwujudnya kampus yang bersih
IV. Lokasi Kegiatan
Lokasi kegiatan pengadaan tempat sampah dan alat pegangkut sampah adalah di UniversitasDiponegoro, Jl. Prof. Sudharto Tembalang Semarang.
V. Sumber Pendanaan
Sumber Pendanaan Pengadaan adalah DIPA UNDIP Tahun 2011
VI. Pengguna Barang dan Jasa
Pengguna Barang dan Jasa adalah Universitas Diponegoro Semarang.
VII. Pelaksana Pekerjaan
Kegiatan pengadaan tempat sampah dan alat pegangkut sampah akan dilaksanakan oleh pihak ketiga yang kompeten dan berpengalaman di bidangnya.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->