Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan Praktek Kerja Lapangan MSDM - Bab III

Laporan Praktek Kerja Lapangan MSDM - Bab III

Ratings: (0)|Views: 1,053|Likes:
Published by Prismayanto Raharjo

More info:

Published by: Prismayanto Raharjo on Jun 16, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

03/28/2014

pdf

text

original

 
BAB IIILANDASAN TEORIIII.1Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia
Manejemen adalah Ilmu dan Seni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, dan pengendalian sumber daya yang ada (dalamkaitan ini adalah sumber daya manusia) untuk mencapai tujuan yang ditetapkanterlebih dulu.Manajemen sebagai Ilmu dimaksudkan bahwa manajemen itu dapatdipelajari oleh siapa saja sebagai mana disiplin ilmu lainnya. Selain itu pula,ilmu manajemen dapat digunakan untuk memecahkan permasalahan yangtimbul dalam hidup berkelompok (berorganisasi). Sedangkan manajemensebagai Seni bahwa dalam tujuan yang diinginkan oleh organisasi, seorang pemimpin atau manager amat tergantung kepada kemampuannya untuk mempengaruhi orang yang ada dibawahnya. Karena hal tersebutlah manajemendikatakan sebagai seni untuk mempengaruhi orang lain (bawahannya)Sedangkan pengertian dari sumber daya manusia adalan segala potensiyang ada dalam diri manusia yang merupakan kekuatan tersendir yangdiciptakan oleh Alloh yang maha kuasa yang tidak mungkin dimiliki olehsumber daya alam lainnya.Dalam pustaka manajemen, kita banyak menjumpai banyak rumusan pengertian manajemen sumberdaya manusia, salah satunya menurut Drs. M.Manullang menyebutkan dalam bukunya bahwa Manajemen Sumber DayaManusia adalah:
Seni dan Ilmu memperoleh, memajukan, dan memanfaatkantenaga kerja sehingga tujuan organisasi dapat direalisasikan secaradaya guna sekaligus adanya kegairahan bekerja dari pekerja.”
Dewasa ini faktor-faktor perkembangan budaya manusia, ilmu, danteknologi telah mendorong perlunya Pengaturan atau Manajemen Sumber DayaManusia (MSDM) dalam mengelola organisasi atau perusahaan. Perubahan-
 
 perubahan yang terjadi dewasa ini dalam lingkungan MSDM, akan menuntut perubahan-perubahan untuk memainkan peran yang senantiasa lebih pentingdibandingkan faktor produksi lainnya. Kecendrungan perubahan ini mencakupkeragaman angkatan kerja, kecendrungan teknologi, globalisasi, dan perubahandalam dunia kerja.Manajemen sumber daya manusia sebagai cabang dari ilmu manajemenyang menitikberatkan perhatiannya pada pengaturan tenaga kerja, harus dapatmemberikan hal-hal yang menjadi faktor perubahan tersebut. Hal yang dapatdijadikan sebagai contoh misalnya; organisasi produksi baik barang maupun jasa pada dewasa ini menempatkan konsumen atau pelanggan pada puncak danmenekankan bahwa setiap perubahan yang dilakukan harus berdasarkanmengarah kepada pemuasan kebutuhan pelanggan. Berdasarkan hal tersebutwajarlah jika kita menempatkan tenaga kerja lini depan yang langsung akan berhubungan dengan kepuasan konsumen, harus dipenuhi kebutuhan merakadalam hubungan dengan pekerjaannya.Pada garis besarnya fungsi umum dari manajemen sumber dayamanusia yang dikemukakan oleh Prof. Dr. S. P. Siagian meliputi:
Perencanaan Sumber Daya Manusia (SDM)
Analisa dan Rancang Bangun Pekerjaan
Rekrutmen Tenaga Kerja
Seleksi Pegawai
Penempatan Pegawai
Pengembangan SDM
Perencanaan Karier 
Penilaian Prestasi Kerja
Sistem Imbalan
Pemeliharaan Hubungan dengan Karyawan
Pemeliharaan Hubungan Industrial
Audit Kepegawaian
 
III.2Perencanaan Sumber Daya Manusia dan Analisa JabatanA.Perencanaan Sumber Daya ManusiaPerencanaan merupakan proses penetuan langkah-langkah yang akandilakukan dimasa datang, perencanaan dapat pula disebut sebagai proses pengambilan keputusan sekarang untuk sesuatu hal yang akan dilakukanatau dilaksanakan pada waktu yang akan datang. Berdasarkan hal tersebut,maka posisi sebuah perencanaan berada pada awal kegiatan , sebelumkegiatan atau fungsi lain dilakukan dalam kehidupan berkelompok atauorganisasi yang mempunyai tujuan. Pelaksanaan fungsi-fungsi lain akan berpijak pada perencanaan yang sudah disusun sebelumnya. Dengan adanya perencanaan, maka suatu organisasi atau perusahaan sudah memiliki bukumanual dari kegiatan yang akan dilakukan. Dengan perencaaan pulakegiatan tersebut menjadi terarah dan tepat sasaran akan tujuannya.Berdasarkan pengertian dan fungsi perencanaan tersebut, maka perencanaan sumber daya manusia dapat didefinisikan sebagai langkah-langkah yang dilakukan dalam pegelolahan sumber daya manusia padasuatu organisasi atau perusahaan, yaitu berupa pengadaan sumber dayamanusia yang tepat, melakukan pekerjaan yang tepat, dalam waktu yangtepat sebagai upaya dalam pencapaian tujuan organisasi yang ditetapkansebelumnya.Pentingnya perencanan sumber daya manusia bagi suatu organisasi atau perusahaan, supaya organisasi tersebut tidak mengalami hambatan bidangsumber daya manusia dalam mencapai tujuannya dalam rangka menghadapi pengaruh-pengaruh perkembangan keadaan yang selalu berubah-ubah. Namun demikian perencaan sumber daya manusia tidaklah bersifat statis,karena arus perkembangan, ilmu pengetahuan, teknolgi, kebutuhan,lingkungan selalu berubah-ubah, maka perencanaan sumber daya manusiaharus dapat mengakomodasi setiap gerak perubahan tersebut, bila organisasiyang bersangkutan tidak mau ketinggalan.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->