Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
media bk

media bk

Ratings: (0)|Views: 209 |Likes:
Published by Maran Tini

More info:

Published by: Maran Tini on Jun 16, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/07/2013

pdf

text

original

 
Peserta didik tidak dapat maju dan berkembang, bukan karena mereka tidak memilikikemampuan tetapi karena mereka tidak memiliki kesempatan.Langsung ke isi 
 
 
 
 
 
 
 
MEDIA LAYANAN BK
A. Konsep Dasar Media
 
Secara harfiah, media berarti perantara atau pengantar.
 Association for Education and communication technology (AECT)
mengartikan mediasebagai segala bentuk yang dipergunakan untuk proses penyaluraninformasi. Sedangkan,
National Education Association
(NEA) mengartikanmedia sebagai segala bentuk benda yang dapat dimanipulasikan, dilihat,didengar, dibaca, atau dibicarakan beserta instrumen yang dipergunakanuntuk kegiatan tersebut.
 
B. Pengertian Media
 
Media berasal dari bahasa latin yang merupakan bentuk jamak dari katamedium artinya perantara atau pengantar. Media adalah perantara ataupengantar dari pengirim ke penerima pesan.
 
 
Media pendidikan adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untukmenyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsangfikiran, perasaan, perhatian dan minat serta perhatian siswa sedemikianrupa (Arief Sadiman dkk, 1996:6).
 
Media layanan BK adalah segala sesuatu yang dapat digunakan menyalurkanpesan atau informasi dari pembimbing kepada klien atau individu yang dapatmerangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat sehingga individu akanmengalami perubahan perilaku, sikap dan perbuatan ke arah yang lebihbaik.
 
C. Manfaat Media dalam BK
 
Kegunaan media dalam layanan BK:
 
1. Memperjelas penyajian pesan atau informasi agar tidak verbalistis.
 
2. Mengatasi keterbatasan ruang.
 
3. Merubah perilaku dari yang tidak diinginkan menjadi sesuai yangdiinginkan.
 
4. Menyamakan persepsi antara pembimbing dengan individu yangdibimbing.
 
Manfaat media BK:
 
1. Dapat mengatasi berbagai keterbatasan pengalaman peserta didik.
 
2. Dapat mengatasi ruang kelas.
 
3. Memungkinkan adanya interaksi langsung antara peserta didik denganlingkungan.
 
4. Menghasilkan keseragaman pengamatan.
 
5. Dapat menanamkan konsep dasar yang benar, konkrit dan realitas.
 
6. Dapat membangkitkan keinginan dan minat baru.
 
7. Dapat membangkitkan motivasi dan merangsang peserta didik untukbelajar.
 
8. Dapat memberikan pengalaman yang integral dari yang konkrit sampaikepada yang abstrak.
 
 
D. Jenis-Jenis Media
 
1. Rudy Bretz, mengidentifikasi media menjadi tiga unsur: suara, visualdan gerak. Visual dibedakan menjadi tiga, yaitu: gambar, garis
(linegraphic),
dan simbol yang merupakan suatu kontinum dari bentuk dapatditangkap dengan indera penglihatan. Bretz juga membedakan antara mediasiar
(tellecomunication)
dan media rekaman
(recording),
sehingga ada 8klasifikasi media: 1) media audio visual gerak; 2) media audio visual diam;3) media audio gerak; 4) media visual gerak; 5) media visual diam; 6)media semi gerak; 7) media audio; dan 8) media cetak.
 
2. Duncan; menyusun hirarki menurut pemanfaatannya menjajarkan biayainvestasi, kelangkaan dan keluasan lingkup sasarannya di satu pihak dankemudahan pengadaan penggunaannya; keterbatasan lingkup sasaran danrendahnya biaya di lain pihak, dengan tingkat kerumitan. Semakin rumit jenis perangkat media yang dipakai, semakin mahal biaya investasinya,semakin susah pengadaannya, tetapi semakin umum dan semakin luaslingkup sasarannya.
 
3. Briggs, lebih mengarah pada karakteristik menurut stimulus ataurangsangan yang dapat ditimbulkan daripada medianya sendiri. Ada 13macam media, yaitu: obyek, model suara langsung, rekaman audio, mediacetak. Pembelajaran, terprogram, papan tulis, media transparasi, filmrangkai, film bingkai, film, televise, dan gambar.
 
4. Gagne, membuat 7 macam pengelompokan media yaitu: benda untukdidemonstrasikan, komunikasi lisan, media cetak, gambar diam, gambargerak, film bersuara, dan mesin belajar. Ketujuh kelompok media inidikaitkan dengan kemampuan belajar menurut hirarki: pelontar stimulusbelajar, penarik minat belajar, contoh perilaku belajar, member kondisieksternal, menuntun cara berpikir, memasukkan alih-ilmu, menilai prestasi,dan pemberi umpan balik.
 
5. Edling, media merupakan bagian dari enam unsur rangsangan belajar,yaitu dua untuk pengalaman audio, meliputi kodifikasi subjektif visual dankodifikasi objektif audio; dua untuk pengalaman visual meliputi kodifikasisubjektif audio dan kodifikasi objektif visual; dan dua pengalaman belajar 3dimensi meliputi pengalaman langsung dengan orang dan pengalamanlangsung dengan benda-benda.
 
E. Karakteristik Jenis Media
 
1. Media grafis, jenisnya:
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->