Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Khutbah Jum'At

Khutbah Jum'At

Ratings: (0)|Views: 109 |Likes:
Published by Ari Mugsitho

More info:

Published by: Ari Mugsitho on Jun 16, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/04/2013

pdf

text

original

 
KHUTBAH JUM'AT Menyambut Bulan Suci Ramadhan
Menyambut Bulan Suci Ramadhan
   
 
 
 
 
  
 
  
 
  
 
  
 
   
 
  
 
  
 
  
 
   
 
  
 
  
 
   
 
  
 

 
 
 
 
 
 
 
  
 
  
 
    
 
       
 
  
 
 
 
  
 
  
 
   
 
 
 
 
  
 
  
 
  
 
  
 
  
 
 
 
     
 
   
 
 
 
 
 
 
  
 
  
 

 
   
 
   
 
  
 
   
 
 
 
   
 
 
   
 
 
      
 
  
 
 
 
  
 
  
 
  
 
  
 
   
 
   
 
  
 
  
 
    
 
 
 
    
 
   
 
 
 
 
 
  
 
  
.
  
 
  
 
  
 
 
 
    
 
   
 
  
 
 
 
    
 
 
 

 
Sidang Jum'at yang dimuliakan AllahPuja dan puji syukur kepada Allah karena pada tahun ini kita kita diberikesempatan kembali untuk bertemu dengan tamu yang sangat mulia, yakni bulansuci Ramadhan. Oleh sebab itu, marilah kita bersama-sama menyambut bulan suciini dengan ucapan ahlan wa sahlan wa marhaban ya ramadhan, selamat datangRamadahan 1428 H, bulan yang dimuliakan Allah, bulan yang penuh denganbarokah dan ampunan.Perintah untuk menyambut bulan ini dengan penuh rasa kegembiraan termaktubdalam sebuah hadis Rasulullah SAW yang berbunyi:
 
 
 
 
  
 
  
 
  
 
    
 
  
 
 
 
 
 
  
 
  
 
    
 
  
 
  
 
 
Artinya: "Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, penghulu segala bulan. Makahendaklah engkau mengucapkan selamat datang kepadanya. Telah datang bulanpuasa dengan segenap berkah di dalamnya maka hendaklah engkaumemuliakannya."Bulan ini adalah bulan yang diberkati, bulan ini adalah bulan diturunkannya Al-Qur'an, bulan ini adalah bulan terjadinya peristiwa Lailatul Qadar, sebuah malamyang lebih baik dari seribu bulan dan di bulan juga merupakan bulan dimana pintumaghfirah (ampunan) dibuka selebar-lebarnya serta segenap amal kebajikandilipatgandakan pahalanya. Mengingat betapa mulianya bulan ini, maka alangkahbahagianya jika pada momentum Ramadhan ini kita dapat bersama-samameningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kita serta mengisinya dengansegala kebajikan.Sidang Jum'at yang dimuliakan AllahDari seluruh keistimewaan Ramadhan, yang paling penting bagi kehidupan umatmanusia terletak pada kewajiban untuk melaksanan puasa sebagaimana firmanAllah SWT:
 
  
 
  
 
  
 
  
 
    
 
  
 
  
 
  
 
  
 
  
 
 
 
    
 
    
 
   
 Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasasebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."(QS Albaqarah 2: 183)Dalam ayat ini, tersirat makna bahwa sebenarnya puasa bukanlah ibadah yang
 
baru dilaksanakan ketika kedatangan Islam akan tetapi sudah dilaksanakan jauhsebelumnya. Para pakar perbandingan agama mendapatkan data bahwa sebelummengenal agama Samawi, orang-orang Mesir kuno, orang-orang Yunani danRomawi telah mengenal puasa. Demikian juga dengan orang-orang Majusi, Budha,Yahudi dan Kristen. Dalam karyanya "al-Fahrasat" Ibnu Nadim menyebutkan bahwaorang-orang Majusi berpuasa tiga puluh hari dalam setahun. Mereka jugamelakukan puasa-puasa sunnah yang ditujukan sebagai penghormatan kepadabulan, Mars dan Matahari. Sementara At-Thabari dalam tafsirnya, Jami` al-Bayan,menyebutkan bahwa seluruh pemeluk agama samawi (ahl kitab) diwajibkan olehAllah untuk melaksanakan puasa.Barangkali terdapat perbedaan mengenai tata cara berpuasa antara satu agamadengan agama lainnya. Namun yang penting untuk kita camkan, dipraktekkannyamodel ibadah dengan cara menahan diri dari makan, minum dan hawa nafsu olehagama-agama dan umat manusia dari rentang masa yang satu ke rentang masaberikutnya menegaskan bahwa ibadah puasa merupakan ibadah yang bersifatuniversal. Ia dipandang sebagai jalan yang sangat efektif dalam dalammendekatkan diri kepada Tuhan.Sedangkan dalam Islam, puasa memiliki keistimewaan yang berbeda denganibadah-ibadah lain. Dalam sebuah Hadits Qudsi, Allah berfiman:
 
 
  
 
 
 

 
  
 
 
 
 
   
 
 
 
 
 
 
 
  
 "Semua amal anak Adam (manusia) untuk dirinya sendiri kecuali puasa,sebab puasa itu adalah untuk-Ku, dan Aku sendiri yang akan membalasnya."Ketika melaksanakan puasa, sebenarnya tidak ada yang dapat mengetahui apakahseseorang sedang berpuasa atau tidak. Tidak menutup kemungkinan adanya orangyang terlihat berpuasa namun sebenarnya ia tidak melaksanakan ibadah puasa.Ketika sepi dari orang lain bisa saja ia makan, minum atau mengumbar hawanafsu tanpa sepengetahuan orang lain. Pendek kata, hanya si pelakulah yangmengetahuinya apakah ia sedang berpuasa atau tidak. Lalu apakah yang membuatseseorang tetap menjaga puasanya? Satu-satunya jawaban adalah keimanan yangterpatri dalam jiwanya.Dalam konteks ini, puasa sebenarnya adalah latihan dan uji kesadaran akankeimanan dan ketakwaan kita kepada Allah, Dzat yang mengetahui dan mengawasisegenap tingkah laku manusia, baik yang terlihat maupun yang tersembunyi. Jikaseseorang yang berpuasa betul-betul berdasarkan motivasi keimanan nan dapatmenjaga tindak tanduknya selama berpuasa maka ia akan mendapatkanpencerahan ruhani dan dikembalikan kepada fitrahnya sebagai manusia, makhlukyang mulai tanpa bercak noda dan dosa sebagaimana sabda Rasulullah:
  
 
  
 
  
 
  
 
 
    
 
    
 
  
 
  
 
    
 
  
 
   
 
   
 
   
 
    
 
 
 
 
 
   
 
  
 
   
 
  
 
 
Artinya: "Bulan ramadhan, bulan dimana Allah telah mewajibkan kamu sekalianberpuasa dan aku sunnahkan kamu untuk melaksanakan sholat malam.Barangsiapa puasa Ramadhan dan sholat malam dengan dasar iman dan ihtisab,dia telah keluar dari dosa-dosanya sebagaimana hari dia dilahirkan oleh ibunya."Sidang Jum'at yang berbahagiaMemang benar bahwa melaksanakan ibadah puasa bukanlah sesuatu yang mudahkarena membutuhkan latihan fisik dan psikologis. Namun perlu juga disadari bahwatidak ada sebuah keuntungan besar yang didapatkan dengan upaya yang alakadarnya. Sebaliknya setiap keuntungan besar hampir dapat dipastikan merupakanbuah dari kerja keras dengan dukungan dengan modal yang besar pula.
 
Demikian juga dengan puasa Ramadhan. Di bulan ini, fisik kita dilatih menahanlapar dan haus agar kita juga peka terhadap penderitaan orang-orang miskin. Kita juga ditekankan untuk mengeluarkan infak dan sedekah dari kelebihan harta yangkita miliki. Kesemuanya itu pada dasarnya adalah sebuah pendidikan keimananagar kita dapat merenung eksistensi diri kita sebagai manusia dan hamba Allah.Lebih jauh lagi agar kita memahami tugas kita sebagai umat Islam yang tidakhanya bertanggungjawab kepada diri kita sendiri akan tetapi juga memilikitanggung jawab atas umat Islam yang lainnya.Ibadah seperti memberi infak dan shodaqah kepada orang-orang yang miskin danmembutuhkan merupakan ibadah yang sangat penting, bukan saja di bulanRamadhan namun seharusnya juga selalu dilakukan di luar bulan Ramadhan.Karena memperhatikan dan memabantu orang lain yang membutuhkanpertolongan dapat mengasah kepekaan kita serta mempererat tali silaturrahmi dansolidaritas sesama umat Islam. Dalam beberapa kesempatan kesempatanRasulullah SAW bersabda: "Muslim satu dengan yang lainnya seperti sebuahbangunan yang saling mengokohkan satu dengan yang lainnya; Tidak sempurnaiman salah satu dari kalian hingga ia mampu mencinta saudaranya seperti iamencintai dirinya sendiri; Allah senantiasa menolong seorang hamba selama iamenolong saudaranya."Di samping itu, puasa juga merupakan benteng yang menggiring manusia untukberfikir sehat dan menekan hawa nafsunya. Rasulullah sendiri mengibaratkanpuasa sebagai "junnah" atau perisai. Dalam sebuah hadis beliau bersabda:
  
 
   
 
 
 
 
 
 
 
 
 
  
 
 
 
  
 
 
   
 
 
 
   
 
 
 
 

 
    
 
    
 
 
 
  
 
Artinya: "Puasa adalah perisai. Jika salah satu dari kalian sedang berpuasa maka janganlah ia berkata kotor dan mengeraskan perkataan. Jika seseorang mencacinyaatau menantangnya maka hendaklah ia berkata: 'sesungguhnya aku sedangberpuasa."Berfikir sehat, pengendalian emosi serta menahan amarah dan hawa nafsu inimerupakan hal yang sangat penting dalam puasa. Karena sebagai seorang yangsedang berpuasa maka ia harus dapat memlihara seluruh panca inderanya untuktidak melakukan larangan Allah, terutama tidak melakukan hal-hal yang dapatmenyakiti atau merugikan orang lain, apalagi merampas harta orang lain.Sahabat Jabir bin Abdullah pernah berkata:
 
  
 
    
 
   
 
 
  
 
   
 
 
 
  
 
   
 
 
 
 
  
 
   
 
   
 
      
 
 
 
   
 
 
   
 
 
 
  
 
 
   
 
 
 
Artinya: "Apabila engkau sedang berpuasa, hendaklah puasa juga pendengaranmu,penglihatanmu dan lisanmu dari dusta dan dosa. Jauhkanlah menyakiti pembantu.Hendaklah engkau berlaku terhormat dan tenang di hari ketika engkau berpuasa.Janganlah engkau samakan hari ketika engkau tidak puasa dengan hari ketikaengkau berpuasa."

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->