Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
9Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
SK KD PAI Dan Bhs Arab MA Prog. Keagamaan

SK KD PAI Dan Bhs Arab MA Prog. Keagamaan

Ratings: (0)|Views: 1,314 |Likes:
Published by Iwan Gunawan

More info:

Published by: Iwan Gunawan on Jun 16, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/08/2013

pdf

text

original

 
BAB IX
STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BAHASA ARABMADRASAH ALIYAH PROGRAM KEAGAMAAN
A.
 
LATAR BELAKANG
Di dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,dinyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuandan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangkamencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensipeserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada TuhanYang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, danmenjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
 
Untuk mencapai tujuan tersebut, salah satu bidang studi yang harus dipelajari olehpeserta didik di madrasah adalah pendidikan agama Islam, yang dimaksudkanuntuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwakepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia.Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Program Keagamaan terdiri atastujuh mata pelajaran, yaitu: Akhlak, Sejarah Kebudayaan Islam, Bahasa Arab,Tafsir, Hadis, Fikih, dan Ilmu Kalam. Masing-masing mata pelajaran tersebutpada dasarnya saling terkait, isi mengisi dan melengkapi. Al-Qur'an-Hadismerupakan sumber utama ajaran Islam, dalam arti ia merupakan sumberakidah-akhlak, syari’ah/fikih (ibadah, muamalah), sehingga kajiannya berada disetiap unsur tersebut. Akidah (Usuluddin) atau keimanan merupakan akar ataupokok agama. Syariah/fikih (ibadah, muamalah) dan akhlak 
 
bertitik tolak dariakidah, yakni sebagai manifestasi dan konsekuensi dari akidah (keimanan dankeyakinan hidup). Syari’ah/fikih merupakan sistem norma (aturan) yangmengatur hubungan manusia dengan Allah, sesama manusia dan denganmakhluk lainnya. Akhlak merupakan aspek sikap hidup atau kepribadian hidupmanusia, dalam arti bagaimana sistem norma yang mengatur hubunganmanusia dengan Allah (ibadah dalam arti khas) dan hubungan manusia denganmanusia dan lainnya (muamalah) itu menjadi sikap hidup dan kepribadianhidup manusia dalam menjalankan sistem kehidupannya (politik, ekonomi,sosial, pendidikan, kekeluargaan, kebudayaan/seni, iptek, olahraga/kesehatan,dan lain-lain) yang dilandasi oleh akidah yang kokoh. Sejarah KebudayaanIslam merupakan perkembangan perjalanan hidup manusia muslim dari masake masa dalam usaha bersyariah (beribadah dan bermuamalah) dan berakhlak serta dalam mengembangkan sistem kehidupannya yang dilandasi oleh akidah.
125
 
Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Aliyah Program Keagamaan yangterdiri atas dua mata pelajaran tersebut memiliki karakteristik sendiri-sendiri.Akhlak menekankan pada pembiasaan untuk melaksanakan akhlak terpuji danmenjauhi akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari, sedangkan aspek sejarahkebudayaan Islam menekankan pada kemampuan mengambil
ibrah
dariperistiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh Islamberprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik,ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan danperadaban Islam.Penyusunan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) matapelajaran Pendidikan Agama dan Bahasa Arab di Madrasah Aliyah ProgramKeagamaan ini beserta mata pelajaran yang menjadi ciri khas program tersebutdilakukan dengan cara mempertimbangkan dan me-
review
Peraturan MenteriPendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi (SI) untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, mata pelajaran Pendidikan AgamaIslam untuk SMA/MA, serta memperhatikan Surat Edaran Dirjen PendidikanIslam Nomor: DJ.II.1/PP.00/ED/681/2006, tanggal 1 Agustus 2006, tentangPelaksanaan Standar Isi, yang intinya bahwa Madrasah dapat meningkatkankompetensi lulusan dan mengembangkan kurikulum dengan standar yang lebihtinggi.
B.
 
TUJUAN1.
 
Akhlak 
Mata pelajaran Akhlak di Madrasah Aliyah Program Keagamaan bertujuanuntuk:a.
 
Mewujudkan manusia Indonesia yang berakhlak mulia dan menghindariakhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari baik dalam kehidupanindividu maupun sosial.b.
 
Meningkatkan kemampuan pemahaman, penghayatan, dan pengamalanpeserta didik tentang tasawuf sehingga menjadi muslim yang penuhtanggung jawab dan bijaksana dalam kehidupan pribadi, masyarakat,berbangsa, dan bernegara.
126
 
2.
 
Sejarah Kebudayaan Islam
Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah ProgramKeagamaan bertujuan untuk:a.
 
Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya mempelajarilandasan ajaran, nilai-nilai dan norma-norma Islam yang telah dibangunoleh Rasulullah saw dalam rangka mengembangkan kebudayaan danperadaban Islam.b.
 
Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu dantempat yang merupakan sebuah proses dari masa lampau, masa kini,dan masa depanc.
 
Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secarabenar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.d.
 
Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan peserta didik terhadappeninggalan sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat Islam di masalampau.e.
 
Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam mengambil
ibrah
 dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokohberprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya,politik, ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain untuk mengembangkankebudayaan dan peradaban Islam.
3.
 
Bahasa Arab
Mata pelajaran bahasa Arab Madrasah Aliyah Program Keagamaanbertujuan untuk:a.
 
Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab, baik lisan maupun tulis yang mencakup empat kecakapan berbahasa, yaknimenyimak (
istima’
), berbicara (
kalam
), membaca (
qira’ah
), dan menulis(
kitabah
).b.
 
Menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya bahasa Arab sebagai salahsatu bahasa asing untuk menjadi alat utama belajar, khususnya dalammengkaji sumber-sumber ajaran Islam.c.
 
Mengembangkan pemahaman tentang saling keterkaitan antara bahasadan budaya serta memperluas cakrawala budaya. Dengan demikian,peserta didik diharapkan memiliki wawasan lintas budaya danmelibatkan diri dalam keragaman budaya.
127

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->