Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
49Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan Belalang

Laporan Belalang

Ratings: (0)|Views: 2,068 |Likes:
Published by I WAYAN MADIYA

More info:

Published by: I WAYAN MADIYA on Jun 16, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/12/2013

pdf

text

original

 
LAPORAN PRAKTIKUM ARTHROPODAA. Tujuan
Mengamati anatomi dan fisiologi tubuh pada hewan anggota Arthropoda (belalang)
B. Pendahuluan
 Arthropoda
berasal dari bahasa Yunani,
arthos
yang artinya segmen/ruas dan
 poda
yangartinya kaki. Jadi,
 Arthropoda
adalah hewan berkaki ruas. Semua jenis hewan yang termasuk filumarthropoda memiliki tubuh dan kaki yang berruas-ruas. Tubuhnya tertutup dengan kitin sebagairangka luarnya.Dari semua spesies hewan, maka arthropoda merupakan filum yang terbesar di bumi.Sampai saat ini telah ditemukan sekitar 900.000 spesies. Jumlah ini merupakan kira-kira 80% darispesies hewan yang diketahui sekarang. Anthropoda dapat hidup di air tawar, laut, tanah, dan praktis semua permukaan bumi dipenuhi oleh spesies ini. Arthropoda mungkin satu-satunya yangdapat hidup di Antartika dan liang-liang batu terjal di pegunungan yang tinggi. Semua anggotafilum ini mempunyai tubuh beruas-ruas dan kerangka luar yang tersusun dari kitin. Rongga tubuhutama disebut hemocoel. Hemocoel terdiri dari sejumlah ruangan kecil yang dipompa oleh jantung.Jantung terletak pada sisi dorsal dari tubuhnya. Sistim saraf anthropoda seperti pada annellida,terdapat bagian ventral tubuh berbentuk seperti tangga tali.Arthropoda dibagi menjadi enam kelas yaitu
Crustacea, Arachnoidea, Chilopoda, Diplopoda
dan
 Insecta.
Tetapi, kadang-kadang kelas
Chilopoda
dan
 Diplopoda
dimasukkan kedalam satu kelas yaitu
 Myriapoda.
C. Landasan Teori
Organisme yang tergolong filum arthropoda memiliki kaki yang berbuku-buku. Hewan inimemiliki jumlah spesies yang saat ini telah diketahui sekitar 900.000 spesies. Hewan yangtergolong arthropoda hidup di darat sampai ketinggian 6.000 m, sedangkan yang hidup di air dapatditemukan sampai kedalaman 10.000 meter.Ciri-ciri filum Arthropoda adalah sebagai berikut :
-
Arthropoda adalah hewan dengan kaki beruas-ruas dengan sistem saraf tali dan organ tubuhtelah berkembang dengan baik. Tubuh artropoda terbagi atas segmen-segmen yang berbeda
 
dengan sistem peredaran darah terbuka. Contoh : laba-laba, lipan, kalajengking, jangkrik, belalang, caplak, bangsat, kaki seribu, udang, lalat / laler, kecoa.Ukuran tubuh Arthropoda sangat beragam, beberapa diantaranya memiliki panjang lebihdari 60 cm., namun kebanyakan berukuran kecil.Begitu pula dengan bentuk Arthropoda pun beragam.
-
Hewan arthropoda memiliki bentuk tubuh simetri bilateral, triploblastik selomata, dantubuhnya bersegmen. Tubuh ditutupi lapisan kutikula yang merupakan rangka luar (eksosketelon). Ketebalan kutikula sangan bervariasi, tergantung dari spesies hewannya.Kutikula dihasilkan oleh epidermis yang terdiri atas protein dan lapisan kitin. Pada waktuserangga mengadakan pertumbuhan, kutikula akan mengalami pengelupasan.Kutikula berfungsi melindungi tubuh bagian dalam, memberi bentuk pada tubuh seranggadan dapat menjadi tempat melekatnya otot, terutama yang berhubungan dengan alat gerak.Otot serangga merupakan otot serat lintang yang susunannya sangat kompleks. Otot inidiperlukan untuk melakukan gerakan yang cepat.
-
Tubuh Arthropoda terdiri atas caput (kepala), toraks(dada), dan abdomen (perut) yang bersegmen-segmen. Pada laba-laba dan udang, kepala dan dadanya bersatu membentuk sefalotoraks, tetapi ada juga spesies yang sulit dibedakan antara kepala, toraks, danabdomennya, seperti pada lipan. Pada tiap-tiap segmen tubuh ada yang dilengkapi alatgerak dan ada juga yang tidak dilengkapi alat gerak.
-
Hewan arthropoda memiliki organ sensoris yang sudan berkembang, seperti mata, penciuman, serta antena yang berfungsi sebagai alat peraba dan pencium. Tingkat perkembangannya sesuai dengan kondisi lingkungan tempat hidupnya.
-
Sistem peredaran darah terdiri atas jantung di bagian dorsal. Sistem peredaran darahnyamerupakan sistem peredaran darah terbuka yang tidak memiliki kapiler darah. Jantung berfungsi untuk memompa darah keseluruh tubuh. Hewan arthropoda yang hidup di air adayang bernapas dengan menggunakan insang, sistem trakea, paru-paru buku, atau pada
 
 beberapa spesies melalui permukaan tubuh. Sistem ekskresi menggunakan saluranmalpighi. Sistem saraf dinamakan sistem saraf tangga tali karena terdiri atas dua gangliondorsal yang memiliki dua saraf tepi. Setiap saraf trepi dihubungkan oleh saraf melintangsehingga merupakan tangga tali. Sistem pencernaan dimulai dari mulut, usus, dan anus.Mulut ada yang berfungsi untuk menjilat seperti pada lalat, menusuk dan menghisap seperti pada nyamuk, serta menggigit seperti pada semut.Anggota filum arthropoda dapat dibedakan menjadi hewan jantan dan betina. Fertilisasiarthropoda terjadi secara internal. Telur banyak mengandung kuning telur yang tertutupoleh cangkang. Hewan arthropoda ada yang mengalami metemorfosis sempurna,metemorfosis tidak sempurna, dan ada yang tidak bermetamorfosis.
-
Sistem reproduksi Arthropoda umumnya terjadi secara seksual.Namun ada juga yangsecara aseksual, yaitu dengan partenogenesis. Partenogenesis adalah pembentukan individu baru tanpa melalui fertilisasi (pembuahan). Individu yang dihasilkan bersifat steril.Organreproduksi jantan dan betina pada Arthropoda terpisah, masing-masing menghasilkangamet pada individu yang berbeda sehingga bersifat dioseus (berumah dua). Hasilfertilisasi berupa telur.
-
Cara hidup Arthropoda sangat beragam, ada yang hidup bebas, parasit, komensal, atausimbiotik.Dilingkungan kita, sering dijumpai kelompok hewan ini, misalnya nyamuk, lalat,semut, kupu-kupu, capung, belalang, dan lebah. Habitat penyebaran Arthropoda sangatluas.Ada yang di laut, periran tawar, gurun pasir, dan padang rumput.Anthropoda dapat dibagi menjadi 4 kelas sebagai berikut:
A.
Crustacea
Crustacea
adalah suatu kelompok besar dari arthropoda, terdiri dari kurang lebih 52.000spesies yang terdeskripsikan, dan biasanya dianggap sebagai suatu subfilum. Kelompok inimencangkup hewan-hewan yang cukup dikenal seperti lobster, kepiting, udang, udang karang,serta teritip. Mayoritas merupakan hewan akuatik, hidup di air tawar atau laut, walaupun beberapa

Activity (49)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
pabuarannomor3 liked this
Idhare' Meonkz liked this
Galih Widianto liked this
Nurah Ajha liked this
Dede Demon liked this
Dian Fairuza liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->