Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makala h

Makala h

Ratings: (0)|Views: 198 |Likes:

More info:

Published by: Tjicka Acoustic L. Gi on Jun 17, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/08/2014

pdf

text

original

 
Baterai adalah obyek kimia penyimpan arus listrik. Dalam sistem solar cell, energi listrik dalam baterai digunakanpada malam hari dan hari mendung. Karena intensitas sinar matahari bervariasi sepanjang hari, baterai memberikanenergi yang konstan.Baterai tidak seratus persen efisien, beberapa energi hilang seperti panas dari reaksi kimia, selama charging dandischarging. Charging adalah saat energi listrik diberikan kepada baterai, discharging adalah pada saat energi listrikdiambil dari baterai. Satu cycle adalah charging dan discharging. Dalam sistem solar cell, satu hari dapat merupakancontoh satu cycle baterai (sepanjang hari charging, malam digunakan/ discharging).Baterai tersedia dalam berbagai jenis dan ukuran. Ada dua jenis baterai yaitu "disposable" dan rechargeable. Baterairechargeable digunakan oleh sistem solar cell adalah aki/ baterai lead-acid.
Baterai lead-acid
 Baterai lead acid dapat dikelompokkan menjadi
Liquid Vented
dan
Sealed
(VRLA - Valve Regulated Lead Acid)
Liquid vented (aki dengan katup pengisian ulang cairan)
: adalah baterai mobil yang terbuat dari lempenganpositif dan negatif dari paduan timah yang ditempatkan dalam larutan elektrolit dan air asam sulfuric. Baterai lead-acid yang terdiri dari 6 individu 2-sel volt. Baterai ini dirancang untuk memberikan arus listrik yang besar hanyabeberapa saat, kemudian harus dicharging. (contoh pada saat starter mobil). Jadi baterai Liquid vented tidak cocokuntuk sistem solar cell.Pada saat mendekati full charge, hidrogen dihasilkan dan menguap dari baterai, mengakibatkan air baterai jenis iniberkurang. Untuk maintenance, baterai jenis ini harus dimonitor.
Baterai sealed lead-acid (VRLA)
. Tidak seperti baterai liquid vented, baterai ini tidak memiliki caps/ katup, tidakada akses ke elektrolit dan total sealed. Dengan demikian baterai jenis ini tidak memerlukan maintenance.Baterai
Deep Cycle
, adalah baterai yang cocok untuk sitem solar cell, karena dapat discharge sejumlah arus listriksecara konstan dalam waktu yang lama. Umumnya baterai deep cycle dapat discharge sampai dengan 80%kapasitas baterai. Dengan perencanaan kapasitas dan maintenance yang baik, baterai jenis ini dapat bertahanselama kurang lebih 10 tahun.Dua jenis baterai sealed yang digunakan sistem panel surya adalah
gelcell
dan
Absorbed Glass Mat (AGM)
.Baterai
gelcell
adalah elektrolit baterai di-gel dengan silika gel untuk mengubah cairan menjadi gel massa.Baterai
AGM
menggunakan mat gelas silik berserat untuk menunda elektrolit. Mat ini menyediakan kantong yangmembantu dalam penggabungan gas-gas yang dihasilkan selama charging, dan membatasi jumlah dari gas hidrogenyang dihasilkan.Keuntungan utama dari baterai sealed yaitu memiliki spill-proof.(tidak tumpah).Baterai gelcell sangat rentan terhadap kerusakan dari overcharging khususnya pada cuaca panas dan jangka hidupmenjadi lebih pendek daripada jenis baterai lainnya. Kebanyakan baterai sealed harus di charge pada teganganrendah dan tingkat amper yang rendah untuk menghindari kelebihan gas dari kerusakan sel.Baterai lead-acid memerlukan PV controller untuk menghindari overcharging dan discharging. PV controller, bekerjadengan cara mengawasi tegangan baterai, yang meningkat sebagaimana baterai di charge dan jatuh sebagaimanabaterai discharge. Pengontrol charge dibutuhkan karena overcharging menyebabkan kehilangan cairan elektrolityang berlebihan, yang meningkatkan kebutuhan pemeliharaan dan mempersingkat masa hidup baterai. Semakinbaterai secara teratur discharge, umurnya semakin pendek.Setiap jenis baterai mempunyai sedikit perbedaan tegangan charge (high voltage disconnect atao HVD). Tabel 6-1
 
menampilkan aturan tegangan untuk sealed dan baterai cairan lead-acid.
BATERAI ALKALINE
 Baterai Alkaline, seperti baterai nickel-cadmium (logam putih nikel) dan nickel-ion, mempunyai lempengan positif dannegatif dalam elektrolit yang dibuat dari nikel dan logam putih atau nikel dan besi dan elektrolit adalah kaliumhidroksida. Setiap sel mempunyai tegangan nominal 1.2 volt dan charge termination point adalah 1.65-1.8 volt.Baterai ini cukup mahal dan terdapat jendela tegangan masalah kompatibilitas dengan inverter tertentu dan pengendali biaya. Keuntungannya adalah tidak terlalu dipengaruhi oleh suhu seperti jenis baterai yang lain.
SPESIFIKASI
 
BATERAI
 Perancang sistem panel surya harus mempertimbangkan variable dibawah ini saat menspesifikkan dan menginstallsistem penyimpanan baterai untuk panel surya stand-alone:
Days of Autonomy
 Autonomy mengacu pada jumlah hari sistem baterai akan menyediakan suatu muatan tanpa dicharge oleh arraypanel surya atau sumber yang lain dengan mempertimbangkan lokasi sistem, total muatan, jenis muatan dan cuacalokal serta iklim untuk secara benar menentukan jumlah hari dari autonomi.Faktor yang paling penting dalam menentukan autonomi yang sesuai untuk sistem adalah ukuran dan jenis muatanyang disediakan sistem.Rentang umum dari autonomy adalah:- 2 sampai 3 hari tidak menggunakan atau sistem dengan generator back up- 5 sampai 7 hari untuk muatan yang kritis dengan tidak ada sumber energi yang lain.
KAPASITAS BATERAI
 Baterai dinilai oleh kapasitas amp-hour (Ah) berdasarkan jumlah energi yang diperlukan untuk menjalankan muatandan berapa hari yang diperlukan untuk menyimpan energi karena kondisi cuaca.Beberapa faktor dapat berdampak pada kapasitas baterai, termasuk peringkat, penilaian of discharge (pembebanan),kedalaman pembebanan, suhu, umur, dan karakteristik recharging. Kapasitas yang diminta juga dipengaruhi olehukuran muatan. Jika muatan berkurang, kapasitas juga berkurang.
TINGKAT DAN KEDALAMAN DISCHARGE (PEMBEBANAN)(LAJU DAN KEDALAMAN CAIRAN)
 Rate (kecepatan) dimana baterai secara langsung discharge mempengaruhi kapasitas. Jika baterai dischargedengan cepat, kapasitas akan berkurang. Sebaliknya, baterai yang discharge dengan lambat akan memiliki kapasitasyang besar. Contohnya, baterai 6-volt akan memiliki kapasitas 180 Ah jika discharge 24 jam.Spesifikasi baterai biasanya adalah kapasitas baterai dalam hubungan dengan jumlah jam yang discharged. Tabel 6-2 menampilkan beberapa baterai dan kapasitasnya dalam beberapa kecepatan discharge.Depth of discharge (DOD) mengacu pada berapa banyak kapasitas yang akan ditarik dari baterai. Baterai Nicaddapat discharged secara total tanpa merusak baterai dan menahan tegangan. Saat NiCad sudah penuh dischargedsebaliknya dapat daya tarik, berpotensi membahayakan muatan.
 
Sistem siklus shallow, discharge baterai hanya 10 sampai 20 persen, mempunyai dua keuntungan. Pertama, secaraumum, baterai yang memiliki sistem siklus shallow akan memiliki umur panjang. Jika baterai hanya bersiklus sampai10 persen DOD, akan berkurang sekitar 5 kali selama disiklus sampai 50 persen. Kedua, kebalikan kapasitas Ahdidesain pada sistem untuk memperpanjang cuaca berawan, jika baterai bank besar dengan respect kepadakapasitas dari sumber charge, baterai tidak akan charge dengan cepat untuk mengembalikan pada full state ofcharge. Ini dapat dihasilkan pada sulfation dan mengurangi umur baterai.
HARAPAN HIDUP
 Baterai kehilangan kapasitas dari waktu ke waktu dan dipertimbangkan berada pada akhir masa hidup saat 20persen kapasitas aslinya hilang, meskipun masih tetap dapat digunakan.Kedalaman discharge juga mengacu pada persentase kecepatan kapasitas baterai amp-hour yang telah digunakan.Umur baterai (angka siklus harian) berlawanan dengan kedalaman discharge (persen dari kapasitas baterai)ditunjukkan sebagai biaya lebih rendah pada Figure 6-2.
KONDISI LINGKUNGAN
 Baterai sangat sensitif dan sangat dipengaruhi oleh suhu lingkungan. Tegangan tinggi charge pada titik penghentiandiperlukan untuk mencharge suhu baterai yang menurun.Pengontrol dengan fitur kompensasi suhu dapat secara
 
otomatis sesuai dengan tegangan charge berdasarkan suhu baterai. Figur 6-3 mengilustrasikan dampak dari suhupada baterai tingkat tiga discharge.Meskipun kapasitas baterai menurun pada suhu rendah, umur baterai meningkat. Begitu pula, suhu baterai yangbertambah, umur baterai semakin pendek.Saat sizing sistem, dapat mengimbangi efek dari suhu dengan menggunakan suhu pengganda baterai. Untukmenemukan kapasitas baterai yang sesuai, menggandakan kapasitas baterai yang diperlukan oleh suhu penggandabaterai pada tabel 6-3.Suhu dingin lebih mempengaruhi dari kapasitas baterai. Pada lingkungan yang dingin, elektrolit dapat menjadi beku.Suhu dimana baterai akan beku adalah fungsi dari state of charge. Saat cairan elektrolit baterai sudah terpenuhidischarged, elektrolit adalah air. Elektrolit pada baterai yang terisi penuh mempunyai konsentrasi asam sulfat yangtinggi, yang beku pada suhu rendah. Elektrolit pada baterai terdiri dari sekitar 25% asam sulfat dan 75% air. Tabel 6-4 menampilkan titik beku pada bermacam-macam states of charge. Untuk mempertahankan suhu tetap, baterai lead-acid dapat ditempatkan pada kotak baterai yang berisolasi (R20 extuded polystyrene). NiCad tidak mudah rentanpada kerusakan pembekuan.Baterai harus ditempatkan pada study enclosure (kotak baterai). Sejak baterai larutan elektrolit memproduksihidrogen mudah meledak saat di charge, area dimana terletak baterai harus di vented dengan baik. Pertama,pemicuan dari peralatan listrik dapat menyalakan gas. Kedua, gas tersebut berkarat dan dapat menyerang sistemkomponen yang lain. Tempat baterai digunakan untuk mengisi asam dalam kasus kebocoran baterai.
MEASURING BATTERY STATE OF CHARGE
 Voltmeter atau hydrometer dapat digunakan untuk mengukur baterai state of charge. Untuk mengecek tegangan,baterai harus didiamkan selama beberapa jam (tidak dihubungkan dari sumber charging dan muatan). Tabel 6-4dapat digunakan untuk membandingkan tegangan baterai 12V ke state of charge. Untuk sistem 24V, digandakan

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Joko Tarub liked this
Muslihuddin ST liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->