Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Definisi Dan Karakteristik Penyakit Menular

Definisi Dan Karakteristik Penyakit Menular

Ratings: (0)|Views: 748 |Likes:
Published by meilisafani

More info:

Published by: meilisafani on Jun 17, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/05/2013

pdf

text

original

 
Definisi Penyakit Menular
Penyakit menular adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh agen penyakit yangspesifik atau racun yang dihasilkannya, yang ditularkan melalui reservoir atau kontak tidak langsung melalui vektor kepada orang (Chandra: 2009).Penyakit menular adalah penyakit yang disebabkan oleh agen infeksi tertentu atau produk beracun yang timbul melalui penularan dari orang yang terinfeksi, hewan atau reservoir bendamati ke pejamu yang rentan, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui tumbuhan atauhewan perantara, vektor atau lingkungan mati (Gale Encyclopedia of Public Health: 2002).Penyakit menular adalah penyakit yang ditransmisikan dari orang, hewan, atau sumbermati ke orang lain baik secara langsung, dengan bantuan vektor atau dengan cara lain. Penyakitmenular melingkupi ruang yang lebih luas, bukan sekadar transmisi dari orang ke orang(Webber: 2005).Berdasarkan penjabaran dari tiga definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa penyakitmenular adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh agen penyakit spesifik atau produk beracunyang ditransmisikan dari orang yang terinfeksi, hewan, atau reservoir benda mati ke pejamu yangrentan, melalui tumbuhan atau hewan perantara, vektor, atau lingkungan mati, baik secaralangsung maupun tidak langsung.Secara umum penyakit menular dapat dibagi berdasarkan etiologi, cara penularan, danaspek epidemiologi seperti yang terlihat pada diagram di bawah ini.
 
 
Diagram 1. Penyakit Menular Berdasarkan Etiologi, CaraPenularan, dan Epidemiologi
Karaktersitik Penyakit Menular
Karakteristik utama penyakit menular adalah sebagai berikut.1.
 
Penyakit-penyakit tersebut sangat umum terjadi di masyarakat2.
 
Beberapa penyakit dapat menyebabkan kematian atau kecacatan3.
 
Beberapa penyakit dapat menyebabkan epidemik 4.
 
Penyakit-penyakit tersebut sebagian besar dapat dicegah dengan intervensi sederhana5.
 
Penyakit-penyakit tersebut banyak menyerang bayi dan anak-anak Penyakit menular termasuk penyakit parasit di mana vektor yang digunakan, zoonosis dansemua penyakit yang mudah ditularkan. Transmisi itulah yang membedakan penyakit ini denganpenyakit tidak menular.
 
Jika penyakit ini menular, maka bentuknya epidemik atau endemik, sedangkan jika tidak menular bentuknya akut atau kronis.Menular:
-
 
Epidemik (contoh: campak)
-
 
Endemik (contoh: malaria)Tidak menular:
-
 
Akut (contoh: penyakit akibat kecelakaan)
-
 
Kronik (contoh: penyakit jantung koroner)Semua penyakit tersebut dapat terjadi pada waktu dan tempat yang sama, tetapi penyakitmenular lebih sering terjadi di negara berkembang sedangkan penyakit tidak menular seringterjadi di negara maju.Penyakit epidemik menyerang semua populasi, seperti saat campak menyerang Fiji,membunuh orang dewasa dan anak-anak. Kemudian populasi harus memulai lagi dari orang-orang yang selamat untuk memulihkan kekuatan mereka. Populasi ini masih muda dan terustumbuh. Dengan penyakit endemik, anak-anaklah yang sangat rentan, sehingga ada tingkatkelahiran yang tinggi untuk mengimbanginya. Dengan banyaknya orang muda dalam populasitersebut, penyakit tidak menular kronis jarang terjadi, tetapi karena orang-orang tersebut hiduplebih lama, beberapa penyakit bisa lebih sering terjadi. Oleh karena itu, penyakit tidak menularkronis merupakan masalah bagi populasi orang tua seperti yang terlihat di dunia Barat.Ketika terjadi wabah atau kematian yang diketahui tersebar di Eropa, terjadi kerusakan besar-besaran. Populasi tersebut memulai lagi dari orang-orang yang selamat seperti yang telahdilakukan di negara berkembang. Lebih dari 100 tahun yang lalu, campak merupakan hal seriusyang menyebabkan kematian anak di kota-kota besar Eropa, seperti saat ini, di negara-negaratanpa program vaksinasi yang terorganisir dengan baik. Lingkungan tropis lebih menguntungkanuntuk banyak penyakit daripada daerah beriklim dingin, tetapi penyakit tropis seperti malariapernah sering terjadi di Eropa.

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Sudharno liked this
Billy Permana liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->