Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
10Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sistem Informasi Manufaktur

Sistem Informasi Manufaktur

Ratings: (0)|Views: 557 |Likes:
Published by untungbw3391

More info:

Published by: untungbw3391 on Jun 17, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/26/2013

pdf

text

original

 
 1.1. LATAR BELAKANG
Dalam sebuah perusahaan selalu menghubungkan pemikiran hasil kepada sebuah prosedurinput, proses, dan output. Data merupakan sebuah input yang pada akhirnya akan menjadi sebuahinformasi melalui sebuah proses sistem manajemen yang biasa disebut Database ManagementSystem (DBMS). Proses mengubah data menjadi informasi perlu melalui sebuah sistem yangmemiliki kompleksitas yang tinggi. Oleh karena itu Sistem Informasi Manajemen menjadiperangkat utama pencetak informasi untuk pengambilan keputusan bagi perkembanganperusahaan tersebut.Begitu pula dengan perusahaan manufaktur memerlukan informasi untuk melangsungkanroda industrinya. Tanpa informasi yang akurat, perusahaan tidak dapat menentukan kebijakan,keputusan, bahkan peraturan yang dapat menunjang perbaikan maupun perkembanganperusahaan. Oleh karena itu, perusahaan perlu memiliki sebuah sistem informasi yangdikhususkan pada setiap departemen. Hal ini diperlukan untuk membentuk proses bisnis yanglebih menguntungkan bagi perusahaan. Sistem Informasi Manufaktur adalah solusi tepat bagiperusahaan yang memikirkan prospeknya dalam jangka panjang. Hal ini dikarenakan sisteminformasi manufaktur lebih menekankan kepada proses produksi yang terjadi dalam sebuahlantai produksi, mulai dari input bahan mentah hingga output barang jadi, denganmempertimbangkan semua proses yang terjadi.Sistem informasi manufaktur tidak dapat dipisahkan dengan komputer, karena dalam sistem inikomputer memegang andil yang sangat besar, baik secara fisik maupun informatif. Secara fisik,komputer digunakan untuk menjalankan proses produksi dan mengontrol arus produksi tersebut.Sedangkan secara informatif komputer digunakan manajemen manufaktur untuk memperolehinformasi yang akurat dan berguna bagi perusahaan untuk menunjang hasil produksi perusahaanagar lebih maksimal. Namun bukan berarti sistem ini meniadakan secara penuh andil tenagamanusia di dalam suatu perusahaan. Karena antara software-hardware-brainware akan selaluberkaitan di setiap sistem yang ada. Tanpa adanya satu dari tiga bagian tersebut, maka suatusistem tidak akan bisa berjalan.
 
 
1.2. RUMUSAN MASALAH
Rumusan masalah yang dapat diambil dari makalah ” Sistem Informasi Manufaktur ”
adalah sebagai berikut :1. Model Sistem Informasi Manufaktur2. Komputer Sebagai Bagian Dari Sistem Fisik 3. Komputer Sebagai Sistem Informasi
1.3. TUJUAN MAKALAH
Adapun tujuan dari penyusunan makalah dengan judul ” Sistem Informasi Manufaktur ”
adalah sebagai berikut :1. Memenuhi salah satu tugas mata kuliah Sistem Informasi Manajemen2. Melatih mahasiswa untuk lebih aktif dalam pencarian bahan-bahan materi SistemInformasi Manufaktur3. Menambah wawasan dan pengetahuan tentang Sistem Informasi Manufaktur4. Untuk mengetahui cara perusahaan memaksimalkan kualitas hasil produksinya denganmenggunakan sistem informasi manufaktur5. Memahami secara utuh apakah fungsi CAD, CAM dan Robotic6. Memahami kegunaan komputer sebagai sistem fisik maupun sebagai sistem informasidalam sebuah perusahaan.
 
 
2.1 PENGERTIAN SISTEM INFORMASI MANUFAKTUR
Sistem yang digunakan untuk mendukung fungsi produksi, yang mencakup seluruhkegiatan yang terkait dengan perencanaan dan pengendalian proses untuk memproduksi barangatau jasa.
2.2 MANFAAT SISTEM INFORMASI MANUFAKTUR
Manfaat digunakannya sistem informasi manufaktur di dalam perusahaan adalah sebagaiberikut :1. Hasil produksi perusahaan lebih cepat dan tepat waktu karena sistem informasimanufaktur menggunakan komputer sebagai alat prosesnya.2. Setiap komponen data dalam sistem informasi manufaktur dapat menunjang prosespengolahan untuk menjadi informasi yang berguna bagi departemen persediaan, departemenproduksi dan juga departemen kualitas sehingga keuntungan yang diperoleh perusahaan lebihmeningkat karena informasi yang diperoleh adalah informasi yang akurat dan terpercaya.3. Arsip lebih terstruktur karena menggunakan sistem database4. Dengan menggunakan sistem informasi manufaktur yang berupa fisik robotik, hasilproduksi semakin cepat, tepat dan berkurangnya jumlah sisa bahan yang tidak terpakai.
2.3 KOMPUTER DALAM MANUFAKTUR- Eleman Dalam Sistem Produksi Fisik
Eleman ini terdiri dari tiga bagian yaitu:
1.Computer-Aided Design
 Computer-aided design (CAD) yang semakin sering disebut Computer aided engeneering(CAE) melibatkan penggunaan komputer unutk membantu rancangan produk yang akandimanufaktur CAD peertama-pertama muncul dalam industri dirgantara sekitar tahun 1960-andan kemudian diadopsi oleh pembuat mobil. CAD kemudian digunakan untuk merancang segalasesuatu dari struktur rumus seperti bangunan dan jembatan hingga bagian-bagian kecil.

Activity (10)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Winda Septiana liked this
stuee66 liked this
Amen Yatno liked this
Lala Ghaisani liked this
mahpuji liked this
guz suyAsa' liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->