Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Masa Dewasa

Masa Dewasa

Ratings: (0)|Views: 1,140|Likes:
Published by Merdiana Din

More info:

Published by: Merdiana Din on Jun 17, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/22/2014

pdf

text

original

 
1
MASA DEWASAIstilah dewasa menggambarkan segala organisme yang matang. Hal ini biasanya ditandaidengan selesainya pertumbuhan pubertas dan organ kelamin telah berkembang dan mampubereproduksi. Dewasa adalah orang yang bukan lagi anak-anak dan telah menjadi pria atauwanita seutuhnya, individu memiliki tanggung jawab atas segala tindakan, sikap dankeinginan yang ia miliki dan tidak bergantung pada orang lain baik secara materiil maupunnon-materiil (pribadi yang mandiri)Masa dewasa dimulai sejak usia 18 tahun sampai 40 tahun. Dewasa tengah menggunakanenergy sesuai kemampuannya untuk menyesuaikan konsep diri dan citra tubuh terhadaprealita fisiologis dan perubahan pada penampilan fisik. Harga diri yang tinggi, citra tubuhyang bagus dan sikap positif terhadap perubahan fisiologis dituntut bagi seorang dewasatengah dalam menjalankan kehidupan barunya
.Tugas-Tugas Perkembangan Dewasa Awal
Optimalisasi perkembangan dewasa awal mengacu pada tugas-tugas perkembangandewasa awal menurut R.J. Havighurst (1953), telah mengemukakan rumusan tugas-tugasperkembangan dalam masa dewasa awal sebagai berikut:
 
Memilih teman bergaul (sebagai calon suami atau istri)Setelah melewati masa remaja, golongan dewasa muda semakin memiliki kematanganfisiologis (seksual) sehingga mereka siap melakukan tugas reproduksi, yaitu mampumelakukan hubungan seksual dengan lawan jenisnya. Dia mencari pasangan untuk bisamenyalurkan kebutuhan biologis.Mereka akan berupaya mencari calon teman hidup yang cocok untuk dijadikanpasangan dalam perkawinan ataupun untuk membentuk kehidupan rumah tanggaberikutnya. Mereka akan menentukan kriteria usia, pendidikan, pekerjaan, atau sukubangsa tertentu, sebagai prasyarat pasangan hidupnya. Setiap orang mempunyai kriteriayang berbeda-beda.
 
2
 
Belajar hidup bersama dengan suami istriDari pernikahannya, dia akan saling menerima dan memahami pasangan masing-masing, saling menerima kekurangan dan saling bantu membantu membangun rumahtangga. Terkadang terdapat batu saandungan yang tidak bisa dilewati, sehingga berakibatpada perceraian. Ini lebih banyak diakibatkan oleh ketidaksiapan atau ketidakdewasaandalam menanggapi masalah yang dihadapi bersama.
 
Mulai hidup dalam keluarga atau hidup berkeluargaMasa dewasa yang memiliki rentang waktu sekitar 20 tahun (20
 – 
40) dianggapsebagai rentang yang cukup panjang. Golongan dewasa muda yang berusia di atas 25tahun, umumnya telah menyelesaikan pendidikannya minimal setingkat SLTA (SMU-Sekolah Menengah Umum), akademi atau universitas. Selain itu, sebagian besar darimereka umumnya telah memasuki dunia pekerjaan guna meraih karier tertinggi. Dari sini,mereka mempersiapkan dan membukukan diri bahwa mereka sudah mandiri secaraekonomis, artinya sudah tidak bergantung lagi pada orang tua. Sikap yang mandiri inimerupakan langkah positif bagi mereka karena sekaligus dijadikan sebagai persiapanuntuk memasuki kehidupan rumah tangga yang baru. Belajar mengasuh anak-anak.
 
Mengelolah rumah tanggaSetelah menjalani pernikahan, dia akan berusaha mengelolah rumah tangganya. Diaakan berusaha membentuk, membina, dan mengembangkan kehidupan rumah tanggadengan sebaik-baiknya agar dapat mencapai kebahagiaan hidup. Mereka harus dapatmenyesuaikan diri dan bekerja sama dengan pasangan hidup masing-masing. Mereka jugaharus dapat melahirkan, membesarkan, mendidik, dan membina anak-anak dalamkeluarga. Selain itu, tetap menjalin hubungan baik dengan kedua orang tua ataupunsaudara-saudaranya yang lain.
 
Mulai bekerja dalam suatu jabatanUsai menyelesaikan pendidikan formal setingkat SMU, akademi atau universitas,umumnya dewasa muda memasuki dunia kerja, guna menerapkan ilmu dan keahliannya.Mereka berupaya menekuni karier sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki, sertamemberi jaminan masa depan keuangan yang baik. Bila mereka merasa cocok dengan
 
3
kriteria tersebut, mereka akan merasa puas dengan pekerjaan dan tempat kerja. Sebalik-nya, bila tidak atau belurn cocok antara minat/ bakat dengan jenis pekerjaan, mereka akanberhenti dan mencari jenis pekerjaan yang sesuai dengan selera. Tetapi kadang-kadangditemukan, meskipun tidak cocok dengan latar belakang ilrnu, pekerjaan tersebutmemberi hasil keuangan yang layak {baik), mereka akan bertahan dengan pekerjaan itu.Sebab dengan penghasilan yang layak (memadai), mereka akan dapat membangunkehidupan ekonomi rumah tangga yang mantap dan mapan. Masa dewasa muda adalahmasa untuk mencapai puncak prestasi. Dengan semangat yang menyala-nyala dan penuhidealisme, mereka bekerja keras dan bersaing dengan teman sebaya (atau kelompok yanglebih tua) untuk menunjukkan prestasi kerja. Dengan mencapai prestasi kerja yangterbaik, mereka akan mampu memberi kehidupan yang makmur-sejahtera bagikeluarganya. Dalam memasuki dunia kerja, seseorang yang memasuki fase usia dewasaawal harus malakukan tahap-tahap penyesuaian pekerjaan, antara lain:
 
·
Pilihan pekerjaan
 Individu dapat memilih bidang pekerjaan yang sesuai dengan bakat, minat, kompetensidan faktor-faktor psikologis lainnya supaya ketika bekerja kesehatan mental dan fisiknyadapat dikelola.
 
·
Stabilitas pilihan pekerjaan
 Dalam memilih pekerjaan, individu harus melakukannya dengan mantap dan berpindah-pindah kerja masih dapat dilakukan di usia awal dewasa dini.
 
·
Penyesuaian diri dengan pekerjaan
 Proses menyesuaikan diri dengan jenis pekerjaan yang telah dipilih meliputi sifat dan jenis pekerjaan, melakukan adaptasi dengan teman sejawat/kerja, pimpinan, lingkungankerja dan aturan-aturan dalam dunia kerjanyaDi dalam aktivitas kerjanya, orang dewasa awal cenderung jarang untuk masuk kerjakarena alasan kesehatan daripada pekerja yang lebih tua. Mereka memiliki kemampuanaritmatika dan kemampuan lainnya yang lebih baik daripada pekerja yang lebih tua.

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Maman Broow liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->