Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
15Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Materi Bimbingan Dan Konseling Di Smk

Materi Bimbingan Dan Konseling Di Smk

Ratings: (0)|Views: 1,942 |Likes:
Published by M Ramzul Haq

More info:

Published by: M Ramzul Haq on Jun 17, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/21/2013

pdf

text

original

 
MATERI BIMBINGAN DAN KONSELING DISMK
 
MEMILIH JENIS PEKERJAAN SESUAI DENGAN TIPE DIRI
 
Materi ini menguraikan tentang berbagai jenis minat dan tipe diri seseorangdihubungkan dengan jenis-jenis pekerjaan. Materi ini penting dipahami untukmengetahui bagaimana minat dan tipe diri kita apakah sesuai dengan jenispekerjaan yang kita harapkan atau penting bagi kita untuk menentukan jenis
pekerjaan yang sesuai dengan minat dan tipe diri kita. Selamat membaca …. !
 
Dambaan banyak orang mendapatkan pekerjaan ideal yang membuat pelakunyamerasa nyaman dan bersemangat menjalaninya, tidak sekedar berangkat kerja,menyelesaikan tugas, dan menunggu tanggal gajian datang. Untuk mendapatkanpekerjaan seperti ini, sebaiknya Anda mempersiapkan diri sejak awal Anda memilih jurusan ketika kuliah. Namun jika Anda sudah terlanjur memilihsatu jurusan pendidikan,tetapi susah mendapat kerja yang sesuai dengan pendidikan Anda tersebut, Anda bisamemutar haluan dengan membidik jenis pekerjaan lain yang disesuaikan dengan minatatau tipe Anda.Pada banyak kasus, orang yang bekerja di bidang yang sesuai dengan tipe diriumumnya lebih sukses menjalani karirnya dibandingkan dengan yang tidak. Pasalnya,kesesuaian tersebut akan membuat orang lebih mencintai pekerjaannya untuk bekerjalebih giat. Untuk itu, mulailah menggali potensi untuk menemukan minat dan tipe yangada di dalam diri Anda.
 
1. Memilih Jenis Pekerjaan Sesuai dengan Minat
 
Sedikitnya ada tiga pilihan dasar minat pada diri manusia sesuai dengan pilihanpekerjaan..
 
a. Minat pada Ide
 
Jika Anda termasuk orang yang selalu ingin tahu, kreatif, atau senang mengeksploitasiide-ide baru, bidang pekerjaan yang bisa membuat Anda yang memiliki minat padabidang ini bisa melamar pekerjaan di bidang penulisan, sains, pengobatan, atau bidangartistik seperti desain interior.
 
b. Minat pada OrangJika Anda termasuk orang yang senang bertemu dengan orang baru, mudah bergauldan beradaptasi, senang bepergian ke tempat baru, serta berjiwa sosial tinggi,dipastikan Anda tidak akan betah bekerja di dalam kantor serta berkutat dengankomputer dan dokumen-dokumen. Jenis pekerjaan yang bisa Anda pilih adalahpekerjaan yang mengingkinkan Anda bertemu dengan banyak orang setiap hari,misalnya marketing atau konsultan.
 
c. Minat pada Benda
 
Jika Anda termasuk orang yang teratur, rapi, dan senang mengerjakan sesuatu denganterencana, tetapi tidak begitu senang bertemu dengan orang, dipastikan Anda akancocok bekerja di bidang pekerjaan yang memerlukan ketelitian tinggi dan sesuai
 
dengan minat ini adalah pekerjaan di belakang meja, seperti administasi, akutansi, ataukeuangan.
 
Setelah Anda merasa cocok dengan salah satu minat di atas, mulailah membuat daftar jenis pekerjaan yang sesuai. Perlu diingat, sebaiknya jangan hanya menetapkan satu jenis pekerjaan yang Anda inginkan, sehingga jika Anda gagal di satu bidang, Andamasih memiliki alternatif bidang pekerjaan lain. Setelah itu, segeralah mencarilowongan, membuat lamaran kerja, curriculum vitae, resume, dan segeramengirimkannya ke perpustakaan yang dituju.
 
2. Memilih Jenis Pekerjaan Sesuai dengan Tipe Diri
 
John Holland membagi tipe manusia dibedakan menjadi enam kepribadian.
 
a. Tipe Realistis
 
Orang yang bertipe realistis cenderung memiliki keahlian bekerja dengan mesin atauperalatan mekanik, serta umumnya menghindari pekerjaan yang berhubungan aktivitassosial seperti mengajar, penyembuhan, atau penyuluhan. Biasanya orang dengan tipeini menilai diri sebagai pribadi yang praktis, mekanis, dan realistis. Jika Anda termasukdalam tipe ini, bekerja sebagai engineer atau pilot bisa menjadi pilihan.
 
b. Tipe Inverstigatif
 
Tipe invertigatif merupakan tipe orang yang gema dan pandai dalam memecahkanmasalah, tetapi umumnya menghindari pekerjaan yang sifatnya memimpin, menjualgagasan, atau mempengaruhi orang. Biasanya, orang dengan tipe ini menilai dirinyasebagai pribadi yang presisi, scientific, dan intelektual. Jika Anda termasuk tipe ini,bekerja sebagai ahli kimia, dokter gigi, psikiater atau psikolog dan ahli matematika bisamenjadi pilihan.
 
c. Tipe Artistik
 
Suka melakukan aktivitas seni, drama, keterampilan tangan, menulis sastra, tetapimenghindari aktivitas yang rutin, berulang, atau pekerjaan yang sifatnya highly orderedmerupakan ciri orang yang bertipe diri artistik. Biasanya, orang dengan tipe ini menilaidiri sebagai pribadi yang ekspresif, orisinal, dan independen. Jika Anda termasuk tipeini, bekerja sebagai desainer pakaian, penari, kompuser, editor buku, dan desain grafisbisa menjadi pilihan.
 
d. Tipe Sosial
 
Tipe ini merupakan kebalikan dari tipe realistik. Orang dengan tipe sosial cenderungsuka menolong sesama, serta pandai melakukan kegiatan seperti mengajar,menyembuhkan, menyuluh, merawat, atau memberi infomrasi, tetapi menghindaripekerjaan yang berhubungan dengan mesin dan peralatan mekanik. Biasanya, orangdengan tipe ini, bekerja sebagai guru, penari, konselor, perawat, atau pekerja sosial.
 
e. Tipe UsahawanTipe ini berlawanan dengan tipe investigatif, orang dengan tipe enterprising justru sukamemimpin, mempengaruhi orang lain, dan menjual gagasan, tetapi menghindaripekerjaan yang menbutuhkan observasi mendalam dan pemikiran analitis. Tipe inimelihat dirinya sebagai pribadi yang enerjik, ambisius dan bisa bersosialisasi. Biasanyaorang dengan tipe ini menilai dirinya sebagai pribadi yang enerjik, ambisius, dan bisabersosialisasi dengan berbagai sales, pengacara, atau hakim bisa menjadi pilihan.
 
 
f. Tipe Konvensional
 
Tipe konvensional merupakan tipe yang terdapat di dalam diri orang yang suka bekerjadengan angka, berkas-berkas, dan segala pekerjaan yang serba teratur, tetapi
menghindari aktivitas yang tidak terstruktur dan ”tidak jelas”. Biasanya, orang dengan
tipe ini menilai dirinya sebagai pribadi yang enerjik, ambisius, dan bisa bersosialisasidengan berbagai kalangan. Jika Anda termasuk tipe ini, bekerja sebagai sales,pengacara, atau hakim bisa menjadi pilihan.
 
MERENCANAKAN PEMILIHAN KARIR
 
Pemilihan karir merupakan hal penting dalam pengambilan keputusan karir.Pemilihan karir diperlukan pemahaman yang utuh tentang potensi diri danperlunya dikembangkan secara optimal dalam pengembangan karir. Materi iniberisi uraian tentang proses pemilihan karir untuk menemukan dan
mengembangkan potensi diri melalui ”Daur Aktualisasi Diri”.
 
Materi ini penting bagi Anda, terutama sebagai bahan dalam pemilihan karir.
Selamat membaca …. !
 
Dalam proses pemilihan karir, pengenalan diri merupakan hal yang sangat penting.Pengenalan diri mencakup pengenalan segala potensi sebagai kekuatan, energi, atau kemampuan yang terpendam yang dimilikidan belum dimanfaatkan secara optimal.Dalam proses pemilihan karir, potensi diri tidak hanya perlu dikenali, tapi jugadikembangkan agar dapat teraktualisasi secaraoptimal. Diagram berikut menggambarkan strategi untuk menemukan danmengembangkan potensi diri dengan
Daur Aktualisasi Potensi
:
 

Activity (15)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Mutoat Icikiprit liked this
Meri Nursefita liked this
Fadilla Nuratih liked this
Indra Setyawan liked this
Etha Part II liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->