Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengertian Ispa Dan Pneumonia

Pengertian Ispa Dan Pneumonia

Ratings: (0)|Views: 40 |Likes:
Published by MinaLiy Amaliya

More info:

Published by: MinaLiy Amaliya on Jun 17, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/11/2013

pdf

text

original

 
PENGERTIAN ISPA & PNEUMONIA
Kematian akibat pneumonia sebagai penyebab utama
ISPA
(
InfeksiSaluran Pernafasan Akut
) di Indonesia pada akhir tahun 2000 sebanyak lima kasus di antara 1.000 bayi/balita. Berarti, akibat pneumonia, sebanyak 150.000 bayi/balita meninggal tiap tahun atau 12.500 korban per bulanatau 416 kasus sehari atau 17 anak per jam atau seorang bayi/balita tiaplima menit.
Pengertian ISPA
 ISPA merupakan singkatan dari infeksi saluran pernafasan akut, istilah ini diadaptasi dari istilahdalam bahasa Inggris
Acute Respiratory Infections (ARI).
Istilah ISPA meliputi tiga unsur yakniinfeksi, saluran pernafasan dan akut, dengan pengertian sebagai berikut:
Infeksi adalah masuknya kuman atau mikroorganisma ke dalam tubuh manusia dan berkembang biak sehingga menimbulkan gejala penyakit.
Saluran pernafasan adalah organ mulai dari hidung hingga alveoli beserta organadneksanya seperti sinus-sinus, rongga telinga tengah dan pleura. ISPA secara anatomismencakup saluran pernafasan bagian atas, saluran pernafasan bagian bawah (termasuk  jaringan paru-paru) dan organ adneksa saluran pernafasan. Dengan batasan ini, jaringan paru termasuk dalam saluran pernafasan (respiratory tract)
Infeksi akut adalah infeksi yang berlangsung sampai dengan 14 hari. Batas 14 hari diambiluntuk menunjukkan proses akut meskipun untuk beberapa penyakit yang dapatdigolongkan dalam ISPA proses ini dapat berlangsung lebih dari 14 hari.
Pengertian Pneumonia
Pneumonia adalah proses infeksi akut yang mengenai jaringan paru-paru (alveoli). Terjadinya pneumonia pada anak seringkali bersamaan dengan proses infeksi akut pada bronkus (biasa disebut bronchopneumonia). Gejala penyakit ini berupa napas cepat dan napas sesak, karena parumeradang secara mendadak. Batas napas cepat adalah frekuensi pernapasan sebanyak 50 kali per menit atau lebih pada anak usia 2 bulan sampai kurang dari 1 tahun, dan 40 kali permenit ataulebih pada anak usia 1 tahun sampai kurang dari 5 tahun. Pada anak dibawah usia 2 bulan, tidak dikenal diagnosis pnemonia.Pneumonia Berat ditandai dengan adanya batuk atau (juga disertai) kesukaran bernapas, napassesak atau penarikan dinding dada sebelah bawah ke dalam (severe chest indrawing) pada anak usia 2 bulan sampai kurang dari 5 tahun. Pada kelompok usia ini dikenal juga Pneumonia sangat berat, dengan gejala batuk, kesukaran bernapas disertai gejala sianosis sentral dan tidak dapatminum. Sementara untuk anak dibawah 2 bulan, pnemonia berat ditandai dengan frekuensi pernapasan sebanyak 60 kali permenit atau lebih atau (juga disertai) penarikan kuat pada dindingdada sebelah bawah ke dalam.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->