Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Hukum Perdata

Hukum Perdata

Ratings: (0)|Views: 1,570|Likes:
Published by Ghaisandi Oktrianda

More info:

Published by: Ghaisandi Oktrianda on Jun 18, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/14/2012

pdf

text

original

 
HUKUM PERDATA
1.
 
Bisnis dapat diterjemahkan sebagai suatu urusan / kegiatan dagang. Apa sesungguhnya pengertianbisnis dalam arti luas dan bagaimana hubungan antara bisnis dan hukum perdata?2.
 
Apakah yang dimkasud dengan hukum perdata?(menurut pakar hukum yang sesuai denganpendapat anda) Dan bagaimanakah sistematika hukum perdata menurut KUH perdata?3.
 
Menurut hukum perdata, orang adalah subjek hukum dan dapat berupa manusi dan badan hukum.Dimanakah masing-masing subjek ini diatur dalam KUH perdata?4.
 
Mengapa suatu domisili itu penting bagi subjek hukum? Dan apakah yang dimaksud dengandomisili pilihan?5.
 
Apakah pengertian perkawinan menurut KUH Perdata dan UU No.1 tahun 1974? Dimana letak perbedaannya?6.
 
Apakah yang dimaksud dengan harta perkawinan? Dan sebutkan macam-macamnya!7.
 
Apa yang dimaksud dengan benda swbagai subjek hukum secara yuridis dan bagaimanapembagian benda menurut KUH Perdata?8.
 
Diantara semua pembedaan benda, pembedaan antara benda bergerak dan tidak bergerak merupakan hal penting mengapa dimikian?9.
 
Jelaskan perbedaan antara hak gadai, hak hipotik dan hak tanggungan?10.
 
Dalam perikatan baik yang timbul dari perjanjian maupun tidak terdapat prestasi, dapat berupaapa sajakah prestasi itu dan apa persyaratan prestasi?11.
 
Buku ke III KUH Perdata menganut asas kebebasan dalam hal memmbuat perjanjian sehinggaada perjanjian yang bertitel maupun perjanjian yang tidak bertitel. Dimanakah hal ini diatur dalamKUH Perdata?12.
 
Jelaskan yang dimaksud bahwa buku ke III KUH Perdata menganut system terbuka, sedangkanbuku ke II menganut system tertutup. Jelaskan apa maksudnya!13.
 
Apa syarat sahnya suatu perjanjian itu? Serta apa yang diatur pada pasal 1320, maupun pasal 1331KUH Perdata?14.
 
Apakah yang dimaksud dengan resiko, wanprestasi, dan forcemajeur?15.
 
Jelaskan tentang alat-alat bukti dalam perkara perdata yang anda ketahui!16.
 
Jelaskan bagaimana penggolongan kaula Hindia-Belanda berdasarkan pasal 163 I.S. (IndischeStaarstrecht) dan bagaimana pemberlakuan hukum perdata bagi masing-masing golonganberdasar pasal 131 I.S.!
 
17.
 
Dimana letak perbedaan sistematika hukum perdata menurut pembentuk KUH Perdata danmenurut para tokoh hukum(doktrin), jelaskan! Serta jelaskan apa alasan para pakar hukumsehingga timbul perbedaan ini!18.
 
Dengan adanya berbagai peraturan hukum baru dibidang hukum perdata, terdapat beberapaketentuan KUH Perdata yang dinyatakan tidak berlaku lagi. Ketentuan KUH Perdata yangmanakah ini? Dan peraturan hukum mana yang berperan sebagai penggantinya?19.
 
Bagaimana kedudukan KUH Perdata menurut MA dan apa alasannya?20.
 
Jelaskan yang dimaksud dengan ketentuan KUH Perdata yang bersifat sebagai pelengkap(aanvallend) dan yang bersifat memaksa (dwinged)? Berikan contoh!21.
 
Jelaskan syarat-syarat apa yang harus dipenuhi manusia alami untuk dapat disebut sebagai subjek hukum yang dapat melakukan perbuatan hukum!22.
 
Apa yang dimaksud dengan perjanjian kawin?23.
 
Apa hak dan kewajiban orangtua dan anak kandung (termasuk anak sah yang disahkan) dalamsuatu keluarga menurut UU perkawinan?24.
 
Menurut pasal 1997 KUH Perdata bezit atas barang-barang bergerak objek perdaganganmerupakan hakyang sempurna. Jelaskan!25.
 
Jelaskan ada berapa macam cara untuk memperoleh Bezit atas benda bergerak maupun benda tak bergerak!26.
 
Dalam hukum perdata terdapat hak kebendaan dan hak perorangan (yang bersifat relative)terdapat pula hak kebendaan yang memberikan kenikmatan dan yang memberikan jaminan.Berikan contoh dan jelaskan masing-masing!27.
 
Jelaskan yang dimaksud dengan perwalian, pengampuan (curatele), dan jaminan Fidusia!
JAWAB
1.
 
Bisnis
adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yangmemproduksi barang & jasa dalam kehidupan sehari-hari. Menurut Griffin dan Ebert Bisnismerupakan suatu organisasi yang menyediakan barang atau jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Dari kedua pengertian tersebut, Bisnis adalah kegiatan yang dilakukanoleh individu dan sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai (create value) melaluipenciptaan barang dan jasa (create of good and service) untuk memenuhi kebutuhan masyarakatdan memperoleh keuntungan melalui transaksi.Bisnis dan hukum perdata memiliki kaitan yang sangat erat. Bisnis merupakan kegiatan yangmelibatkan dua pihak baik perorangan ataupun kolektif dan kegiatan itu diatur dalam hukum
 
perdata. Tidak hanya dalam KUH Perdara tetapi juga dalam KUH Dagang. Selain itu, bisnis jugaberhubungan dengan perjanjian, masalah kepailitan, dan masalah perizinan.2.
 
Hukum perdata adalah semua hukum “privat materiil”, yaitu segala hukum pokok yang mengatur 
kepentingan-kepentiangn perseorangan. Menurut Prof. DR. Rahmat Sanusi, SH, Hukum Perdataadalah himpunan kaedah-kaedah hukum yang pada asasnya mengatur kepentingan-kepentinganperserorangan dan sebagian kepentingan masyarakat.Sistematika hukum perdata dalam KUH Perdata (BW) terdiri atas empat buku, yaitu:
 
Buku I
, perihal orang (
van personen
): memuat hukum perorangan dan keluarga
 
Buku II
, perihal benda (
van zaken
): memuat hukum kebendaan dan waris
 
Buku III
, perihal perikatan (
van verbintenis
): memuat hukum kekayaan, terutamamengenai hak dan kewajiban yang berlaku bagi orang-orang tertentu.
 
Buku IV
, perihal pembuktian dan lewat waktu (van bewijz en verjaring): memuat hal alatpembuktian dan akibat dari lewat waktu terhadap berbagai hubungan hukum.3.
 
Ketentuan manusia alami (
natuurlijke person
) sebagai subjek hukum diatur dalam buku I KUHPerdata perihal orang (
van personen
). Sedangkan untuk badan hukum, tidak dikenal dalam KUHPerdata. Tetapi dalam pengertian yang sama sebagai hasil dari suatu perjanjian yang dikenaldalam buku III KUH Perdata bab IX tentang Perjanjian Khusus pasal 1653-pasal 166 tentangperkumpulan (
 zedeijk lichaam
), buku I KUH Dagang, dan berbagai perundang-undangan.4.
 
Domisili penting karena untuk menetapkana.
 
Di mana seseorang harus menikahb.
 
Di mana seseorang dapat dipanggil oleh pengadilanc.
 
Pengaadilan mana yang berwenang terhadap seseorangDomisili pilihan adalah domisili dimana pihak-pihak dalam suatu perjanjian memilih domisili dikantor seorang notaris atau kepanitraan pengadilan negeri tertentu, badan hukum memilihdomisilinya di kantor pusat kegiatan usahanya. Hal ini bermaksud untuk memudahkan pihak penggugat bila sampai terjadi suatu perkara di muka hakim.5.
 
Pengertian perkawinan menurut UU No.1 tahun 1974 Perkawinan ialah ikatan lahir bathin antaraseorang pria dengan seorang wanita sebagai suami isteri dengan tujuan membentuk keluarga(rumah tangga) yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Mahaesa.Pengertian perkawinan menurut KUH Perdata adalah pertalian yang sah antara seseorang lelalkidan seorang perempuan untuk waktu yang sama. Undang-Unsanh memandang perkawinan hanyadari hubungan keperdataan (pasal 26
 Bugerlijk Wetboek 
).Perbedaan perkawinan menurut UU No.1 tahun 1974 dan menurut KUH Perdata

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->