Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Arrester

Arrester

Ratings: (0)|Views: 73 |Likes:
Published by Devi Juliana

More info:

Published by: Devi Juliana on Jun 18, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/18/2012

pdf

text

original

 
1 |Page 
ARRESTER
1.
 
Pengertian Arrester (Lightning Arrester)
Arrester atau biasa juga disebut Lightning Arrester adalah suatu alatpelindung bagi peralatan sistem tenaga listrik terhadap surja petir (surge) dengancara membatasi surja tegangan lebih yang datang dan mengalirkannya ke tanah.Dipasang pada atau dekat peralatan yang dihubungkan dari fasa konduktor ketanah.Sesuai dengan fungsinya itu maka arrester harus dapat menahan tegangansistem pada frekuensi 50 Hz untuk waktu yang terbatas dan harus dapatmelewatkan surja arus ke tanah tanpa mengalami kerusakan pada arrester itusendiri. Arrester berlaku sebagai jalan pintas di sekitar isolasi. Arrestermembentuk jalan yang mudah untuk dilalui oleh arus kilat atau petir, sehinggatidak timbul tegangan lebih yang nilainya tinggi pada peralatan.Selain melindungi peralatan dari tegangan lebih yang diakibatkan olehtegangan lebih eksternal, arrester juga melindungi peralatan dari tegangan lebihyang diakibatkan oleh tegangan lebih internal seperti surja hubung.Surja hubungmerupakan suatu gangguan tegangan lebih yang muncul secara internal yangdisebabkan oleh lepas beban (karena gangguan alam) dan fluktuasi beban. Selainitu arrester juga merupakan kunci dalam koordinasi isolasi suatu sistem tenagalistrik. Bila surja hubung datang ke gardu induk maka arrester akan bekerjamelepaskan muatan listrik serta mengurangi tegangan abnormal yang mengenaiperalatan dalam gardu induk.Lightning arrester bekerja pada tegangan tertentu di atas tegangan operasiuntuk membuang muatan listrik dari surja petir dan berhenti beroperasi padategangan tertentu di atas tegangan operasi agar tidak terjadi arus pada teganganoperasi, dan perbandingan dua tegangan ini disebut
rasio proteksi
 
arrester
.Tingkat isolasi bahan arrester harus berada di bawah tingkat isolasi bahantransformator agar apabila sampai terjadi flashover, maka flashover diharapkanterjadi pada arrester dan tidak pada transformator
.
2.
 
Prinsip kerja Arrester (L.A)
Pada umumnya prinsip kerja arrester cukup sederhana yaitu membentuk  jalan yang mudah dilalui oleh petir, sehingga tidak timbul tegangan yang lebihtinggi pada peralatan listrik lainnya. Pada kondisi kerja yang normal, arresterberlaku sebagai isolasi tetapi bila timbul surja akibat adanya petir maka arresterakan berlaku sebagai konduktor yang berfungsi melewatkan aliran arus yangtinggi ke tanah. Setelah tegangan surja itu hilang maka arrester harus dengan cepatkembali berlaku sebagai isolator, sehingga pemutus tenaga (PMT) tidak sempatmembuka. Pada kondisi yang normal (tidak terkena petir), arus bocor arrestertidak boleh melebihi 2 mA. Apabila melebihi angka tersebut, berarti kemungkinanbesar lightning arrester mengalami kerusakan.
3.
 
Macam
 – 
macam Arrester
Arrester yang umumnya diketahui terdiri dari dua jenis yaitu :1.
 
Arrester jenis sela batang (rod gap)2.
 
Arrester jenis ekspulsi (expulsion type) atau tabung pelindung (protectortube)
 
2 |Page 
3.
 
Arrester katup (valve type)
3.1
.
Arrester jenis sela batang (rod gap)
Merupakan alat pemotong petir yang paling sederhana berupa batangelektroda yang diletakkan antara hantaran dan tanah. Banyak digunakan padabushing insulator trafo, pada insulator hantaran udara beupa tanduk api (archinghorn) atau ring api (arching ring) dan pemutus daya (circuit breaker).
3.2.Arrester jenis ekspulsi atau tabung pelindung
 Lightning Arrester jenis ekspulsi atau tabung pelindung ini padaprinsipnya terdiri dari sela percik yang berada dalam tabung serat dan sela percik yang berada diluar udara atau disebut juga sela seri.
Prinsip kerja lightning arrester jenis ekspulsi
.
 
Bila ada tegangan surja yang tinggi sampai pada jepitan arrester,kedua selapercik, yang diluar maupun yang di dalam tabung serat, tembus seketika danmembentuk jalan penghantar dalam bentuk busur api. Jadi Arrester menjadikonduktor dengan impedansi yang rendah dan menyalurkan petir /surja dan arusdaya sistem bersama- sama ke bumi. Panas yang timbul akibat mengalirnya aruspetir menguapkan sedikit bahan dinding tabung serat, sehingga gas yang ditimbulkan menyembur dan memedamkan api pada waktu arus susulan melewatititik nolnya.
Gambar 1.
arrester jenis ekspulsi
Arus susulan dalam arrester ini dapat mencapai harga yang tunggi sekalitetapi lamanya tidak lebih dari 1 atau 2 gelombang, dan biasanya kurang darisetengah gelombang. Jadi tidak menimbulkan gangguan. Arrester jenis ekspulsi
 
3 |Page 
ini mempunyai karakteristik volt
 – 
waktu yang lebih baik dari sela batang dandapat memutuskan arus susulan. Akan tetapi tegangan impulsnya lebih tinggidaripada arrester jenis katup. Kemampuan untuk memutuskan arus susulantergantung dari tingkat arus hubung singkat dari sistem pada titik dimana arresteritu di pasang. Dengan demikian perlindungan dengan arrester jenis ini dipandangtidak memadai untuk perlindungan transformator daya kecuali untuk sistemdistribusi. Arrester jenis ini banyak digunakan pada saluran transmisi untuk membatasi besar surja yang memasuki gardu induk.
Gambar 2.
Konstruksi sebuah lightning arrester buatan Westinghouse yangmenggunakan celah udara (air gap) di bagian atas
3.3.Arrester jenis katup
Arrester jenis katup ini terdiri dari sela percik terbagi atau sela seri yangterhubung dengan elemen tahanan yang mempunyai karakteristik tidak linier.Terdiri dari beberapa sela yang tersusun dengan piringan-piringan tahanan.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->