Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
19Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Struktur Data

Struktur Data

Ratings: (0)|Views: 6,542 |Likes:
Published by Bayu Sbc

More info:

Published by: Bayu Sbc on Jun 18, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/07/2013

pdf

text

original

 
BAB ISTRUKTUR DATA
Dalam istilah ilmu komputer, sebuah struktur data adalah cara penyimpanan,penyusunan dan pengaturan data di dalam media penyimpanan komputer sehinggadata tersebut dapat digunakan secara efisien.Dalam teknik pemrograman, struktur data berarti tata letak data yang berisikolom-kolom data, baik itu kolom yang tampak oleh pengguna (user) atau punkolom yang hanya digunakan untuk keperluan pemrograman yang tidak tampak oleh pengguna. Setiap baris dari kumpulan kolom-kolom tersebut dinamakancatatan (record). Lebar kolom untuk data dapat berubah dan bervariasi. Adakolom yang lebarnya berubah secara dinamis sesuai masukan dari pengguna, dan juga ada kolom yang lebarnya tetap. Dengan sifatnya ini, sebuah struktur datadapat diterapkan untuk pengolahan database (misalnya untuk keperluan datakeuangan) atau untuk pengolah kata (word processor) yang kolomnya berubahsecara dinamis. Contoh struktur data dapat dilihat pada berkas-berkas lembar-sebar (spreadsheet), pangkal-data (database), pengolahan kata, citra yangdipampat (dikompres), juga pemampatan berkas dengan teknik tertentu yangmemanfaatkan struktur data.
A.
 
TAHAPAN PEMBUATAN STRUKTUR DATA1.
 
Tahap
Spesifikasi atau pendeskripsian struktur data menyatakan apa yang dapatdilakukan struktur data, bukan cara penempatannya. Pendeskripsian ini
 
melibatkan level logic sehingga dapat digunakan konvensi matematika untuk menyatakan sifat-sifat struktur data yang dikehendaki.
2.
 
Tahap Kedua
Implementasi menyatakan cara penerapan struktur data dengan struktur datayang telah ada. Implementasi struktur dataadalah proses pendefinisian tipe dataabstark sehingga semua operasi dapat dieksekusi computer. Implementasiberisi dekklarasi struktur penyimpanan item data serta algoritma untuk implementasi operasi, sehingga menjamin terpenuhinya karakteristik strukturdata, relasi item data tau invariant pada struktur data tersebut.
3.
 
Tahap Ketiga
Pemrograman struktur data adalah penterjemahan menjadi pernyataan dalambahasa pemrograman tertentu.struktur data dibangun menggunakan fasilitaspembentukkan atau pembuatan struktur data yang disediakan bahasa sepertiarray, record dan lain-lain.
 
Dasar Pengetahuan Struktur DataDalam mempelajari struktur data hal-hal awal yang perlu kita ketahui adalahtentang konstanta, variable, dan tipe data.a.
 
KonstantaDalam membuat suatu program, kita perlu menggunakan konstanta agarprogram kita bisa lebih mudah diperbaiki jika ada suatu kesalahan yang kitabuat. Dengan menggunakan konstanta kita bisa memberikan nama yangmudah dimengerti dan dipahami untuk bilangan numerik yang sangat
 
kompleks. Konstanta dideklarasikan pada awal program dan dideklarasikan
dengan kata baku const. Sesuai dengan namanya “konstanta”, maka nilai
dalam konstanta selalu konstan atau tetap dan kita tidak dapat merubah nilaidari konstanta pada saat program sedang dijalankan.b.
 
VariabelVariabel adalah lokasi di memori yang kita siapkan dan kita beri nama khasuntuk menampung suatu nilai dan atau mengambil nilai kembali tersebut.Bentuk umum dari variable adalah:VarNamaVariabel1,NamaVariabel2,
……………….
 NamaVariabel1N : TipeData1;NamaVariabel1,NamaVariabel2,NamaVariabelNN : TipeDataN;
B.
 
TIPE DATA
Atribut penting yang digunakan untuk suatu tipe data terstruktur adalah sebagaiberikut :
1.
 
Jumlah Komponen
 Berdasarkan jumlah komponen selama eksekusi program, maka dapatdikelompokkan menjadi :

Activity (19)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ridwan 98 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->