Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Apa Itu Biopori

Apa Itu Biopori

Ratings: (0)|Views: 185 |Likes:

More info:

Published by: Stepanus Tri Hartanto on Jun 18, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/26/2014

pdf

text

original

 
Apa itu Biopori ?
oleh bioporijogja pada 16 Oktober, 2008
 Kesadaran manusia dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup semakinberkembang akhir-akhir ini. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan teknologi biopori . .. Tetapi,apa itu biopori?Biopori adalah pori-pori makro berbentuk liang sinambung yang berfungsi untuk mempercepatperesapan air, khususnya air hujan, ke dalam tanah. Sehingga Tanah memiliki ketersediaanbanah organik yang cukup dan fauna tanah dapat berkembang dengan baik.Cara membuat biopori adalah dengan membuat lubang vertikal ke dalam tanah sehinggadiperoleh permukaan seluas permukaan dinding lubang. Lubang ini disebut Lubang ResapanBiopori (LRB). Lubang ini akan diisi dengan sampah organik, seperti daun-daun kering,ranting-ranting halus, dan lainnya. Tujuannya adalah memikat fauna tanah, seperti cacing tanah, untuk memakan sampah organik dalam membentuk biopori, dan melindungi permukaan lubangresapan dari penyumbatan yang diakibatkan sedimen
 – 
sedimen halus dan lumut.Tingkat peresapan air dalam lubang akan menigkat seiring dengan bertambahnya biopori yangtelah terbentuk sehingga proses pelapukan sampah organik oleh fauna tanah berlangsung aerobik (kondisi beroksigen). Hasilnya, sampah-sampah organik tersebut akan menjadi kompos yangbisa digunakan sebagai pupuk. Disamping itu, air yang keluar dari sampah organik tersebut(leachate) akan diserap tanah menjadi perekat/pengikat unsur tanah dan pori tanah. Untuk jangkamenengah dan jangka panjang, tentunya akan berimbas pada peningkatan air tanah, sehinggapersediaan air tanah akan mencukupi di masa mendatang.
(sumber : Lubang Resapan Biopori karangan Kamir R. Brata dan Anne Nelistya)
 
 
Dilihat: 926 kaliAkhir-akhir ini kian marak dengan isuGlobal Warming atau Pemanasan Global.Tadi pagi saya menontonMetro TV ada acara tentang bagaimana cara menghadapikrisis ketersediaan air,emang sih sebagianbesar dunia terdiri dari air tapi hanya 25% yang dapat dikonsumsi manusia. Akhir-akhir ini sebagiandaerah di jawa barat seperti kabupaten Bandung dan Karawang malah sangat berlimpah dengan air aliasbanjir hehe , tapi yang dimaksud kekurangan bukan kekurangan seperti itu melainkan kurangnyaketersediaan air minum yang rata-rata berasal dari air tanah.Gambar dari duniashinichi.blogspot.comNah dari acara Metro TV tersebut mengusulkan salah satu solusi yang murah yaitu dengan Biopori hasilkarya dari IPB (Institut Pertanian Bogor). Karena saya tidak tahu apa itu Biopori, saya langsung bertanyake mbah Google yang segala tahu. Tadinya saya berniat mencari tahu langsung ke situsKementrianLingkungan Hiduptapi entah kenapa situs tersebut tidak bisa diakses, tanya kenapaaa?? :confused:
Sampai akhirnya saya “nyasar” ke situs 
Pemerintah Provinsi Jakarta,seperti inilah keterangannya:Apa itu
Lubang Resapan Biopori (LRB)
?
LRB
adalah lubang yang dibuat secara tegak lurus (vertikal) kedalam tanah, dengan diameter 10-30 cmdan kedalaman 100cm. Atau tidak melebihi muka air tanah dangkal. Lubang perlu diisi sampah organiksebagai sumber makanan fauna tanah dan akar tanaman yang mampu membuat biopori atau liang(terowongan-terowongan kecil) di dalam tanah.
 
 Gambar dari duniashinichi.blogspot.comAlat apa saja yang digunakan untuk membuat LRB?Alat yang digunakan:bor tanah (Bor Biopori) atau alat lain yang dapat membuat lubang vertikal, seperti linggis dan alat untukmengeluarkan tanah dari mata bor.Bagaimana membuat Lubang Resapan Biopori1. Cari lokasi yang tepat untuk membuat lubang LRB, yaitu pada daerah air hujan yang mengalir sepertitaman, halaman parkir, dsb nya.2. tanah yang akan dilubangi disiram dengan air supaya mudah untuk dilubangi.3. Letakkan mata bor tegak lurus dengan tanah untuk memulai pengeboran.4. Lubangi tanah dengan bor Biopori, (bor Biopori adalah bor untuk tanah mineral), dengan menekanbor kekanan sambil diputar kekanan hingga bor masuk kedalam tanah.5. Dan untuk memudahkan dalam pengeboran, lakukan penyiraman dengan air selama pengeboran.6. Nah setiap kurang lebih 15 cm atau sedalam mata bor berhenti, tarik mata bor sambil tetap diputarkearah kanan, untuk membersihkan tanah yang berada didalam mata bor.7. Bersihkan tanah dari dalam mata bor dengan menggunakan pisau atau alat tusuk lainnya, dimulaidengan menekan tanah dari sisi dalam mata bor sehingga tanah mudah dilepaskan.8. Lakukan terus proses pelubangan tanah berulang-ulang hingga mencapai kedalaman kurang lebih100cm.9. Apabila tanah berbatu atau kerikil, sehingga terhambatnya pengeboran, maka pengeboran dapatdihentikan hingga kedalamn yang bisa ditembus oleh mata bor saja, walaupun hanya mencapaikedalaman kurang lebih 50 cm.10. lalu isi dengan sampah organik.

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->