Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
257Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
EKOSISTEM PERAIRAN

EKOSISTEM PERAIRAN

Ratings:

4.85

(47)
|Views: 42,275 |Likes:
Published by melanie87

More info:

Categories:Types, Research, Science
Published by: melanie87 on Jan 06, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC or read online from Scribd
See more
See less

06/20/2013

 
BAB IITINJAUAN PUSTAKA
A. EKOSISTEM AIR TAWAR Hanya 3% air muka bumi ini adalah air tawar. Sebagian besar (kira-kira 99%)dari padatnya dapat membeku dalam glasier dan es atau terbenam dalam akuifer.Sisanya terdapat dalam danau, kolam, sungai, dan aliran, dan disitu menyediakan bermacam habitat untuk komunitas hayati.Danau dan kolam. Penelitian menunjukan bahwa danau yang dalam terdiriatas tiga zona utama, masing-masing dengan ciri komunitas organisme. Tepiandanau dinamakan zona litoral. Di sini cahaya sampai di dasarnya. Produsen dizona litoral adalah tumbuhan yang berakar sampi ke dasar dan juga algae yangmenempel pada tumbuhan tadi dan pada setiap subtrat pada lainnya. Ada berbagaimacam konsumen, biasanya mencakup krustasea kecil, cacing pipih, larvaserangga, dan siput, demikian pula bentuk yang lebih besar seperti katak, ikan,dan kura-kura.Zona limnetik merupakan lapisan air terbuka dan di sini masih dapat terjadi produksi primer. Makin ke dalam kita turun di zona di limnetik, jumlah cahayayang tersedia untuk fotosintesis makin berkurang sampai sampai pada kedalamandengan laju fotosintesis produsen menjadi sama dengan laju respirasinya. Padatahapan ini, tidak terjadi produktifitas primer bersih. Zona limnetik lebih dangkaldalam air keruh daripada di air jernih, dan merupakan ciri yang jauh lebih penting bagi danau daripada bagi kolam. Kehidupan dalam zona limnetik didominasi olehmikroorganisme terapung, disebut plankton, dan hewan yang berenang secaraaktif, disebut nekton. Produsen dalam ekosistem ini ialah algae plankton.Konsumen primer mencakup krustasea terapung mikroskopik (misalnya ; DaphniaCyclops) dan rotifera. Hewan-hewan ini adalah zooplankton. Nekton cenderungmerupakan konsumen sekunder (atau lebih tinggi). Tercakup didalamnya seranggayang berenang dan ikan. Pada umumnya, nekton bergerak bebas di antara zonalitoral dan zona limnetik.
 
Banyak danau (tetapi sedikit kolam) yang sangat dalam sehingga tidak cukupcahaya mencapai kedalaman yang lebih bawah untuk menunjang produkfitas primer bersih. Zona ini dinamakan zona profundal.Karena tidak ada produkfitas primer bersih, kehidupan dalam zona profundaluntuk kalorinya bergantung pada bahan organic yang dialirkan dari zona litoraldan zona limnetik. Zona ini terutama dihuni oleh konsumen primer yang hidupdari serasah ini. Istilah benthos digunakan untuk menggambarkan setiaporganisme yang hidup di dasar. Sedimen yang terdapat di dasr zona profundal jugamenunjangpopulasi besar dari bakteri dan fungi. mPembusuk ini menguraikan bahan organic yang mencapainya, membebaskan nutrien organik untuk dauulang. Dengan aktifitas kedua mikroorganisme itu, bagian akhir energi yangmengalir melalui jaring-jaring makan di danaudihamburkan kea lam sekitarnya.Di daerah dengan perubahan musim yang nyata sekali, pemanasan permukaansuatu danau dalam musim panas mencegah airnya bercampur dengan air yanglebih dalam. Hal ini disebabkan air hangat kurang padat atau pekat daripada yangdingin. Air permukaan mapu memperoleh oksigen terlarut – sebagian dari udaradiatas dan juga, karena terdapat di zona limnetik, sebagian dibebaskan ke dalamair dalam fotositesis. Tetapi air di zona protofundal, karena ditiadakan dari keduasumber oksigen ini, menjadi tergenang. Akan tetapi, dalam musim gugur ketika permukaan air menjadi sejuk, maka menjadi lebih pekat dan mengendap di dasar danau, dan membawa oksigen bersamanya. Hal ini disebut penjungkirbalikanmusim gugur. Fenomena serupa, penjungkirbalikan musim semi, terjadi bila esmeleleh.Sungai dan muara. Tempat tinggal yang disediakan oleh sungai dan muaraadalah berbeda dibandingkan danau dan kolam. Sebab aliran air akan senantiasamenambah oksigen. Banyak spesies yang hidup di sini, seperti ikan, telah beradaptasi dengan kadar oksigen tinggi. Bila hal ini menjadi tereduksi – misalnya, disebabkan polusi limbah atau materi organik lain dapat menjadikan pertumbuhan ikan secara massal. Walaupun fotosintesis dapat di temukan dimuara, tapi itu memainkan peran yang lebih kecil (pada rantai makanan)
 
dibanding dalam danau dan kolam. Bagian terbesar energi yang tersedia untuk konsumen di air yang mengalir berasal dari daratan., seperti dari daun jatuh.B. EKOSISTEM LAUTLautan, seperti juga danau, dapat digambarkan dalam istilah zone, dan banyak  persamaan di antara keduanya. Pinggiran laut disebut zona intertidal. Daerah initerdiri atas : pasir pantai, karang, muara, dan di daerah tropik dan subtropik, adarawa mangrove dan gosong karang. Beberapa dari habitat ini – misalnya, rawa pantai adalah sangat produktif, didukung kekayaan dan keanekaragaman populasidari produsen dan konsumen. Banyak dari organisme di zona intertidal telah beradaptasi sehingga mereka dapat bertahan terhadap tenaga gelombang danketerbukaan periodi terhadap udara.Lautan yang relatif dangkal yang meluas ke pinggiran selat benua dinamakanzona neritik. Zona oseanik terdapat di atas lembah lautan. Produktivitas di zonaneritik dan zona oseanik bergantung pada algae planktonik yang hidup sejauhcahaya matahari dapat sampai. Aktivitas ini menunjang zooplankton yang padagilirannya, menunjang konsumen sekunder dan konsumen yang lebih tinggi dalmnekton. Meskipun kehidupan beragam, Produkvitas bersih dari lautan terbuka iniagak lebih baik daripada yang terdapat di padang pasir.Dasar lembah lautan ialah dataran absial. Daerah gelap yang relatif tidak  beragam ini banyak dihuni oleh populasi tipis konsumen bentik dan yang bergantung pada bahan organik yang mengalir dari bagian atas laut. Akan tetapi,eksplorasi baru-baru ini di laut dalam menyingkapkan bahwa ada komunitas yangkompleks terdapat di sekitar celah-celah. Celah-celah ini menimbulkan retak-retak di dasar laut. Meskipun tidak ada cahaya sampai sejauh itu, produkvitas primer energi yang dijamin oleh oksidasi belerang dalam air yang mengalir keluar dariretak-retak dasar laut. Bakteri ini menunjang populasi hewan yang besar. Diantara yang paling menonjol ialah cacing yang tidak mempunyai sistem pencernaan. Sementara cacing ini dapat menyerap beberapa molekul organik darialam sekitarnya, mereka juga menyimpan sejumlah besar bakteri kemoautotrofik yang dapat menyediakan kalori bagi mereka.

Activity (257)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred thousand reads
1 hundred reads
Fatin Hidayati liked this
Raidi Rahman liked this
Retno Juliana liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->