Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Rosin Da

Rosin Da

Ratings: (0)|Views: 11|Likes:

More info:

Published by: Stylianos Aldy Manalu on Jun 18, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/01/2013

pdf

text

original

 
TUGAS RINGKASAN BUKUKRISTOLOGIDISUSUNOLEH:Nama : Rosinda E. SitumorangNIM : 1001060Jurusan : TheologiaM. Kuliah : KristologiDosen : Pater Dr. C.P Manalu DT.h
 
BAB IKEBERADAAN KRISTUS SEBAGAIYANG PRA-ADA
 Yesus Kristus sebagai manusia, Dia itu telah ada sejak kekal. Yesus telahlebih dulu ada sebelum Raja Daud itu ada, Yesus sedang menyatakankeberadaanNya yang Pra-ada yaitu keadaan yang melebihi segala sesuatu yangada di Jagat ini, Karena Dialah merupakan sumber segala sesuatu(Kol 1:15-16).Dia tidak mempunyai permulaan dan akhir.Dia adalah alfa dan omega.1.
 
Sebagai Firman AllahYesus secara esensi itu berada dari kekal dan keberadaan-Nya yang kekal
tersebut Nampak pada Injil Yohanes 1:1 “Pa
da mulanya adalah Firman, Firmanitu bersama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. Penga
kuan Iman Nikea Gereja Orthodox yang berbunyi :”
Anak Tunggal Allah yang dilahirkan dari Sang Bapa sebelum segala zaman,terang yang keluar dari terang, Allah sejati yang keluar dari Allah sejati,dilahirkan dan bukan diciptakan, satu Dzat-hakikat dengan Sang Bapa yangmelalui-Nya segala sesuatu tinggal dan tidak pernah terpisahkan dari kekalKaren a Firman dan Roh Allah itu tinggal di dalaM Allah yang satu dan Esa. (Yoh1:8) Yesu itu adalah Firman yang qodim (kekal) dan melekat pada satu Allah yangEsa.2.
 
Penampakan dan nubuatan Tentang Firman Sebelum Nuzul ke JagatDalam mewujudnyatakan akan janji-Nya terhadap manusia terlebih dahuluAllah menyatakan Diri dalam berbagai macam Nabi yang berefleksi dalamnubuat-nubuatan akan nuzulnya Dirinya Sendiri.3.
 
Menampakkan Diri sebagai MalaikatKeidentikan akan karakteristik karya Malaikat dengan Yesus sebagai Pribadiyang melepaskan umat mnusia dari segala macam bahaya ini, menunjuk bahwaMalaikat tersebut merupakan baying samar akan Pribadi Sang Sabda sebelumnuzul menjadi manusia dengan sebutan Yesus Kristus( Yoh 1:14;1:31). Peristwapenampakan tiga Malaikat kepada Abraham dipandang sebagai penampakan SangTritunggal Mahakudus.
 
4.
 
Menampakkan Diri kepada HagarTUHAN berbicara kepada Hagar, Ia memerintahkan Hagar agar kembali
kepada Sarai, Ia menjanjikan:” Aku akan membuat sangat banyak keturunanmu.”
Kuasa untuk membuat keturunan yaitu menciptakan kehidupan itu nyata hanyamilik Allah saja.5.
 
Menampakkan Diri kepada AbrahamDalam Kej (22:1-2) Allah yang berfirman dan memerintahkan Abrahamuntuk mempersembahkan Ishak sebagai kurban bakaran. Dan Abraham taatkepada Dia dan pergi untuk menyembelih Ishak,Malakh Yahweh berkata kepadaAbraham
“engkau tidak segan
-segan untuk menyerahkan anakmu yang tunggalkepada-Ku. Ini menunjukkan bahwa Malakh Yahweh mengidentikkan Diri
dengan “Allah” Ia berkata penyerahan Abraham itu adalah kepada
-Ku danmenyatakan Dirinya sebagai Allah yang berfirman sebelum kepada Abraham.Halyang juga dikatakan Yesus(Yoh
14:10).” Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak 
Aku katakan dari diriKu sendiri, tetapi Bapa yang diam di dalam Aku. Inimenunjukkan karya Anak identik dengan karya Bapa.6.
 
Menampakkan Diri kepadaYakubPeristiwa theophania muncul dalam kisah Yakub ketika dia melarikan diridari kemarahan abangnya Esau(Kej 28:10-13). Ketika Yakub bangun dari
tidurnya dan berkata ”sesungguhya TUHAN ada di tempat ini dan aku tidak 
mengetahuinya.Penampakan Allah kepada Yakub dinyatakan bahwa MalaikatAllah yang berfirman kepada Yakub dalam mimpi, dan Malaikat Allah itumenyatakan diriNya sebagai Allah yang di Betel.7.
 
Menampakkan Diri kepada MusaMalaikat TUHAN menampakkan Diri dalam bentuk wujud apa dari semak duri- bukan wujud seperti manusia. (Kej 3:2-6,13-15). Malaikat yang dijanjikanYahweh kepada Musa mempunyai karya yang sama seperti yang dikatakan olehYakub yaitu ntuk melindungi dan menuntun bangsa Israel sampai ke tanahKanaan dan melepaskan mereka dari marah bahaya.8.
 
Penampakan Malaikat Yahweh di Luar Taurata.
 
Menampakkan Diri di BokhimDalam (Hak2:1-5) Malaikat TUHAN menyatakan diri bahwa Ia-lahyang menuntun Israel keluar dri Mesir, dan membawa mereka kenegeri perjanjian.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->