Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Perang Dunia 1

Perang Dunia 1

Ratings: (0)|Views: 1,415|Likes:
Published by Agustinus Sitohang

More info:

Published by: Agustinus Sitohang on Jun 18, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/21/2013

pdf

text

original

 
Perang Dunia 1
Perang Dunia pertama terjadi pada 28 Juli 1914 sampai 11 November 1918, Perang ini padaakhirnya diikuti oleh 4 (empat) Negara melawan kurang lebih 45 (empat puluh lima) Negara.Perang terjadi di Eropa, Afrika, Timur Tengah, Cina, Kepulauan Pasifik juga Amerika Selatan.Perang Dunia Pertama atau dalam bahasa inggris disebut
Great War, War of the Nations 
dan
“War to End All Wars”.
 
Perang ini menjadi simbol pecahnya orde dunia lama, yaitumonarki absolutisme di Eropa. Perang ini juga menjadi pemicu Revolusi Rusia, yang akanmenginspirasi revolusi lainnya di negara lainnya seperti Tiongkok dan Kuba, dan akan menjadi basisbagi Perang Dingin antara Uni Soviet dan AS
 
SEBAB UMUM
 
 
Persaingan Ekonomi dan Politik 
 
 
Muncul Persekutuan Negara-negara Eropa
 
 
Pengaruh Darwinisme Sosial
 
 
.
 
Krisis Juli 1914
 
SEBAB KHUSUS
 
 
Terbunuhnya Pangeran Franz Ferdinand oleh seorang nasionalis Serbia
 
 
JALANNYA PERANG
 
 
Dalam kurun waktu yang amat singkat, hasutan setelah peristiwa ini menyeret seluruhbenua Eropa ke dalam kancah peperangan. Pada 1914 Austria-Hungary perangmelawan Serbia, Rusia memobilisasi senjata pada Serbia pada bulan pertama danJerman berusaha menghentikan Rusia, tetapi jawaban Rusia ternyata mengangkatsenjata melawan Jerman. Jerman pada bulan pertama perang telah berjabattangan dengan Khilafah Islamiah Usmani Turki namun Khilafah Islamiah Usmani Turkibelum bertindak banyak. Gerak-gerik Jerman ini menjadikan Prancis pada Agustus1914 ikut serta membantu Rusia melawan Jerman. Jerman akhirnyamengembangkan Belgia sebagai basis pertahanan dari gempuran Rusia dan Prancisnamun ternyata Inggris merasa terlangkahi Jerman dan Ikut menggempur Jerman.
 
Diantara Kronologis Perang Dunia Pertama Tahun 1914.
 
 
Peperangan Darat di Eropa.
 
14-24 Agustus, Battle of the Frontiers, yang dimenangkan Jerman atas Prancis danInggris di Belgia.
 
16-19 Agustus, Battle of Cer, yang dimenangkan Serbia atas Austria-Hungary diBalkan.
17 Agustus-2 September, Battle of Tannenberg, yang dimenangkan Jerman atas Rusia diJerman.
 
23-25 Agustus,
Battle of Kraśnik, yang dimenangkan Rusia atas Austria
-Hungary di Austria.
 
 
Karena jalannya perlawanan Jerman dan Austria-Hungary melawan
TripleEntente
atau Blok Sentral
 
maka pada bulan Agustus ini Jepang yang merupakansekutu Inggris mendeklarasikan masuk 
Triple Alliance
atau Blok Sekutu, berperangmelawan Jerman dan Austria-Hungary.
 
 
Pada Fase selanjutnya Perang terjadi di Afrika, Asia, Australia, Newzealand danSamoa. Hal ini dikarenakan setiap negara yang bertikai memiliki daerah koloni yangberdekatan.
 
Peperangan Laut di Eropa.
 
28 Agustus, Battle of Heligoland Bight, dimenangkan Inggris atas Jerman di Laut UtaraEropa.
 
13-28 September, Battle of the Aisne, peperangan seimbang antara Inggris danJerman di laut Jerman.
 
Peperangan Darat di luar Eropa.
26 Agustus, Battle of Togoland, dimenangkan Inggris dan Prancis atas Jerman di Togo.
 
27 Agustus -7 November, Battle of Tsingtao, China, dimenangkan Jepang dan Inggris atasJerman di Tsingtao, China.
 
 
Peperangan Laut di Luar Eropa.
30 Agustus, Battle of Western Samoa, dimenangkan New Zealand (Inggis) atas Samoa(Jerman) di laut Samoa.
 
29 November, Battle of Cocos. Dimenangkan Koloni Australia di Sydney atas koloni Jermandi Emden di Australia dan Laut samudera Hindia.
 
Pada tahun 1914 ini
Khilafah Islamiyah Usmani Turki
masuk kedalam
Triple alliance 
atauBlok Sentral disebabkan Rusia mulai memasuki daerah kekuasan Khilafah Islamiyah UsmaniTurki pada 1 November 1914 dan mengadakan perlawanan senjata
.
 
 
Diantara Kronologis Perang Dunia Pertama Tahun 1915.
 
 
Pada Januari 1915 peperangan semakin memanas, setelah perang jalur darat danperang jalur laut mulai memasuki Negara lawan masing-masing, maka Inggrismempelopori perang jalur udara dengan Kapal Zappelin melintasi laut menuju Belgiadan Jerman, untuk menandingi Inggris Jerman mulai mengadakan serangan serupadi tambah beberapa kapal selam untuk mempermudah perang jalur laut.
 
Pada tahun ini pula Bulgaria mengadakan serangan kepada Prancis dan Serbiayang telah menghalangi kestabilan negaranya, Bulgaria masuk kepada
TripleEntente
atau Blok Sekutu. Begitu pula Italia mulai membantu Rusia dalammengadakan serangan pada Austria-Hungary dan Bulgaria, Italia memiliki alasanyang sama dengan Bulgaria, pada mulanya ia
Triple Alliance
atau Blok Sentral,namun seiring keaddan yang semakin suram maka Italia masuk menjadianggota
Triple Entente
atau Blok Sekutu.
 
Diantara Kronologis Perang Dunia Pertama Tahun 1916.
 
 
Dikarenakan perlawanan perang Triple Entente atau Blok Sekutu yang menerimabanyak dukungan maka Triple Alliance atau Blok Sentral yang terdiri dari Austria-Hungary, Jerman dan Khilafah Islamiyah Usmani Turki mulai mengalami kekalahanyang lumayan.
 
Diantara Kronologis Perang Dunia Pertama Tahun 1917.
 
 
Pada tahun ini Amerika Serikat berperang melawan Jerman dan Austria-Hongarymereka memihak 
Triple Entente,
begitu pula sikap Yugoslavia pada saat perangdunia pertama ini.
 
Diantara Kronologis Perang Dunia Pertama Tahun 1918.
 
 
Pada tahun ini kekalahan Triple Alliance atau Blok Sentral sudah didepan mata. TripleEntente yang memiliki dukungan lebih dari 45 (empat puluh lima) Negara ini berhasilmenundukan musuhnya yang hanya 4 (empat) Negara (Jerman, Bulgaria, Austria-Hungary dan Khilafah Islamiah Usmani Turki).
 
 
Pada akhir peperangan Triple Entente atau Blok Sekutu memiliki anggota pada masaawal: Kekaisaran Belgium, Kekaisaran Montenegro, Kekaisaran Serbia, republic ketigaPerancis dan Koloninya, Kerajaan Rusia, Kerajaan Inggris dan Koloninya, Irlandia,Australia, Kanada, India, New Zealand, Afrika Selatan,.
 
Pada masa 1915 dan seterusnya bertamabah anggota, diantaranya: Kerajaan Italiadan koloninya, kerajaan Jepang, Kerajaan Portugis dan koloninya , KerajaanRumania, Kerajaan Yunani, Amerika Serikat dan Negara bagianya berupa Alaska,Hawaii, Philipina, Puerto Rico dan lain-lain. Albania, Brazil, Armenia, Czechoslovakia,Finlandia, San Marino.
 
Ada pula Negara pendukung Blok Sekutu namun tanpa ada bantuan peperagan,seperti: Andorra, Bolivia, China , Costa Rica, Cuba, Ecuador, Guatemala, Liberia ,Haiti, Honduras, Nicaragua, Panama, Peru dan Uruguay.
 
Diantara Kronologis Perang Dunia Pertama Tahun 1919.
 
 
Pada tahun ini tepatnya 25 Januari, Proposal LBB (Liga Bangsa-bangsa) diterima.
 
Perang Parit
 
 
Perang yang paling heboh sepanjang Perang Dunia Pertama adalah strategi perangparit, dari strategi perang parit yang biasa digunakan pada perang jalur daratmemaksakan para pasukan harus berdiam di parit berminggu-minggu bahkanberbulan-bulan, bisa dikatakan para serdadu hidup dalam parit-parit ini. Kehidupandi sana benar-benar sulit. Para prajurit hidup dalam ancaman terus-menerus dibom,dan mereka tak henti-hentinya menghadapi ketakutan dan ketegangan yang luar biasa. Mayat mereka yang telah tewas terpaksa dibiarkan di tempat-tempat ini, danpara serdadu harus tidur di samping mayat-mayat tersebut. Bila turun hujan, parit-parit itu dibanjiri lumpur.
 
Lebih dari 20 juta serdadu yang bertempur di Perang Dunia I mengalami keadaanyang mengerikan di dalam parit-parit ini, dan sebagian besar meninggal di sana.Inilah salah satu kekejaman perang dunia pertama. 
AKHIR PERANG
 
1.
 
Perang ini berakhir dengan kekalahan pihak TripleAlliance kepada Triple Entente,pada tabel disamping ini terlihattanggal-tanggal menyerahNegara-negara Triple Alliance.
2.
 
DitandatanganiPerjanjian Versailles (1919) adalahakhir perang yang sesungguhnya,perjanjian ini berisi perjanjiandamai yang secara resmimengakhiri Perang Dunia I antara Sekutu dan Kekaisaran Jerman. Setelah enambulan negosiasi melalui Konferensi Perdamaian Paris, perjanjian ini akhirnyaditandatangani sebagai tindak lanjut dari perlucutan senjata, perjanjian iniditandatangani pada tanggal 11 November 1918 di Compiègne Forest, Versailes,Paris.
 
Isi Perjanjian Versailes

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->