Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Hadits Tentang Menyekutukan Allah Dan 7 Dosa Besar

Hadits Tentang Menyekutukan Allah Dan 7 Dosa Besar

Ratings: (0)|Views: 151 |Likes:
Published by argaputra87

More info:

Published by: argaputra87 on Jun 18, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/18/2012

pdf

text

original

 
Diposkan oleh Yusri Blog di 12:34 
PEMBAHASAN
A.
 
MENYEKUTUKAN TUHAN (LM: 55)1.
 
Terjemah Hadits
“Anas r.a. berkata, ketika Nabi ditanya tentang dosa
-
dosa besar, beliau menjawab: “Syirik 
(mempersekutukan Allah), durhaka terhadap kedua ayah-bunda, membunuh jiwa manusia, dan
 saksi palsu.”
(Dikeluarkan oleh Imam Al-
Bukhari dalam kitab “Syahadat”, bab: A
pa yang diucapkan dalamsaksi palsu).
2.
 
Tinjauan Bahasa
Bentuk jamak dari (
 
)artinya dosa-dosa besar:Durhaka :Palsu, miring [1] :
3.
 
Penjelasan Hadits
Dalam hadits di atas diterangkan empat macam dosa besar, yakni menyekutukan Allah,durhaka kepada orang tua, membunuh jiwa manusia tanpa hak, dan menjadi saksi palsu. Dibawah ini akan dijelaskan secara singkat.Syirik adalah mempersekutukan Allah dengan selain-Nya yang merupakan dosa besaryang tidak akan diampuni oleh Allah SWT. Perbuatan lain yang termasuk juga dosa besar adalahdurhaka terhadap ayah bunda, membunuh jiwa manusia, dan menjadi saksi palsu.Rasulullah juga memperingatkan agar kita jangan sampai terperosok ke dalam tujuhmacam perbuatan dosa yang menghancurkan, terutama perbuatan menduakan Allah. Sebab,syirik adalah dosa yang paling besar, dan perbuatan syirik ibarat menghina Allah Maha Penciptadan Maha Pengatur seluruh alam ini. Apabila seseorang menjadikan Tuhan selain Allah, berartiia menganggap Allah itu lemah, yang sudah barang tentu merupakan perbuatan kurang ajarterhadap kekuasaan Allah Yang Maha Agung.
a.
 
Syirik (Menyekutukan Allah)
Menurut bahasa, syirik berarti persekutuan atau bagian, sedangkan menurut istilah agamaadalah mempersekutukan Allah SWT. Dengan selain Allah (makhluk-Nya). Sebagian ulamaberpendapat bahwa syirik adalah kufur atau satu jenis kekufuran.Syirik dalam pembahasan ini adalah syirik besar bukan syirik kecil (riya), syirik disiniadalah mempersekutukan Allah dengan selain-Nya, yaitu memuji-muja dan menyembahmakhluk-Nya seperti pada batu besar, kayu, matahari, bulan, nabi, kyai (alim ulama), bintang,raja dan lain-lain.Syirik dikategorikan sebagai dosa paling besar yang tidak akan diampuni oleh AllahSWT.Allah SWT berfirman:
 
Artinya :
“Sesungguhnya
Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang
mempersekutukan Allah, Maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar.”
 (QS. An-Nisa: 48)Al-Qur'an juga memberikan gambaran kepada kita mengenai akibat perbuatan syirik dengan gambaran yang sangat mengerikan:Artinya :
 
“Dengan ikhlas kepada Allah, tidak mempersekutukan sesuatu dengan Dia. Barangsiapa
mempersekutukan sesuatu dengan Allah, Maka adalah ia seolah-olah jatuh dari langit lalu
disambar oleh burung, atau diterbangkan angin ke tempat yang jauh.”
(QS. Al-Hajj: 31)Al-Qur'an mengatakan:Artinya :
“1. Katakanlah: "Dia
-lah Allah, yang Maha Esa. 2. Allah adalah Tuhan yang bergantungkepada-Nya segala sesuatu. 3. Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan, 4. Dan tidak adaseorangpun yang setara dengan Dia."
(QS. Al-Ikhlas: 1-4)Ayat tersebut dapat diambil suatu pengertian, hanya Allah-lah yang memiliki langit danbumf. Allah tidak beranak dan tiada yang menyamai-Nya di dalam kekuasaan-Nya. Allah-telahmenciptakan segala sesuatu dengan cermat dan teliti, sehingga semua makhluk dibekali dengankemampuan agar dapat menjalankan fungsinya masing-masing. Tetapi walau demikian orang-orang musyrik masih saja menyembah selain Allah yang terdiri dari berhala-hala, berbagaibinatang, hewan, bahkan manusia. Padahal, semua yang disembah ini tidaklah mampu berbuatapapun lantaran semuanya adalah makhluk Allah. Mereka takkan mampu menolak datangnyabahaya yang menimpa dirinya, dan tak mampu menghidupkan orang yang telah coati darikuburnya. Setiap sesuatu yang tidak memiliki sifat-sifat yang telah tersebut, maka tidaklahberhak untuk disembah.Ada pula sebagian umat manusia yang menjadikan pemuka agama sederajat denganTuhan. Dan mereka percaya bahwa para. pemimpin dan pemuka agama itu mampu menciptakankecelakaan dan mampu membuat kebaikan. Lebih dari itu, mereka memiliki hak pengampunandosa dan memberi berkat. Mereka juga diberi hak membuat undang-undang walaupun padshakekatnya bertentangan dengan syari'at Islam karenanya, Islam mengajak kepada mereka agarmembebaskan diri mereka dari genggaman kekuasaan para pemimpin agama tersebut.Rasulullah juga mengatakan bahwa perbuatan syirik merupakan dosa yang berada di atasdosa-dosa besar lainnya :Artinya :
“Ingatlah, aku hendak menceritakan kepada kalian tentang dosa
-dosa yang paling besar -beliau mengulanginya tiga kali yaitu syirik (menyekutukan Allah), menyakiti kedua orang tua,dan membuat kesaksian palsu atau perkataan palsu."
 (HR. Muslim).Pada ayat lain, dinyatakan bahwa perbuatan syirik adalah suatu kezaliman:Artinya :
 
“Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia
memberi pelajarankepadanya: "Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, Sesungguhnyamempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar".
(QS. Lukman : 13)Orang yang syirik diharamkan untuk masuk surga, sebagaimana firman Allah:
 
Artinya :
 
“Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, Maka pasti Allahmengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah neraca.”
(QS. Al-Maidah: 72)Abu Hurairah ra berkata: nabi saw bersabda:
Allah ta’ala berfirman:
Artinya :
 
“Aku paling tidak membutuhkan sekutu, maka barangsiapa melakukan suatu amal denganmenyekutukan sesuatu kepada Ku dengan dia dan terserahlah ia kepada yang disekutukan itu.”
 (HR. Muslim dan Ibnu Majjah) [2]  Artinya :
 
“Aku paling tidak membutuhkan sekutu. Barangsiapa melakukan sesuatu amal dimana Akudipersekutukan pada sesuatu, maka Aku tinggalkan ia dan yang disekutukannya itu.”
(HR. Muslim dan Ibnu Majjah)
:
 
:
 
:
 
 
 
 
 
  []
 
Artinya
:
“Dari Anas r.a. dia berkata: Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda: Allah ta’alaberfirman: “Wahai anak Adam, sesungguhnya Engkau berdoa kepada
-Ku dan memohonkepada-Ku, maka akan aku ampuni engkau, Aku tidak peduli (berapapun banyaknya danbesarnya dosamu). Wahai anak Adam seandainya dosa-dosamu (sebanyak awan di langit kemudian engkau minta ampun kepadaku niscaya akan Aku ampuni engkau. Wahai anak Adamsesungguhnya jika engkau datang kepadaku dengan kesalahan sepenuh bumi kemudian engkaumenemuiku dengan tidak menyekutukan Aku sedikitpun maka akan aku temui engkau dengan
 sepenuh itu pula ampunan.”
(Riwayat Turmudzi dan dia berkata: hadits hasan shahih).[3] 
b.
 
Durhaka Terhadap Kedua Orang Tua
Orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya berarti telah melakukan dan ia akanmendapat hukuman berat di hari kiamat nanti. Bahkan, ketika hidup di dunia pun, ia akanmendapat azab-Nya.Allah SWT mewajibkan setiap anak untuk berbakti kepada ibu-bapaknya. Bagaimanapun keberadaan seseorang di muka bumi tidak terlepas dari peran ibu dan bapaknya. Ibunya yangtelah mengandung dan bapaknya yang telah bersusah payah mencari rezeki, tanpa mengenallebih untuk membiayai anaknya. Allah SWT berfirman:Artinya :
 
“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu
- bapanya;ibunya telah mengandungnya dalam Keadaan lemah yang bertambah- tambah, dan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->