Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
8Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
resume buku Pengantar Ilmu Hukum oleh Dr. Soedjono Dirdjosisworo, SH.

resume buku Pengantar Ilmu Hukum oleh Dr. Soedjono Dirdjosisworo, SH.

Ratings: (0)|Views: 4,086|Likes:

More info:

Published by: Presty Larasati Kumitrika on Jun 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/03/2013

pdf

text

original

 
1
SEBUAH RESUMEJudul : Pengantar Ilmu HukumPengarang : Dr. Soedjono Dirdjosisworo, SH.Penerbit : Pt. RajaGrafindo PersadaCetakan Ke- : 14Tahun Terbit : 2010Pengantar : Prof. Soebekti, SH.
Pengantar Ilmu Hukum merupakan sejenis ilmu pengetahuan yangmerupakan langkah studi awal mengenai ilmu pengetahuan hukum, sebagaipengantar bagi siapa saja yang ingin mempelajari hukum lebih dalam.Dalam bukunya Pengantar Ilmu Hukum ini, Soedjono mencobamenyusun sebuah kitab Pengantar Ilmu Hukum untuk dijadikan masukan dalammembentuk khazanah baru yang mandiri, identitas nasional, dan cocok dengan
 perkembangan social yang membutuhkan “hadirnya” ahli
-ahli hukum yang dapatberperan dalam pembangunan nasional.Dalam pengantar untuk buku ini, Prof. Soebakti, SH mengemukakanbahwa buku terbitan PT. RajaGrafindo Persada ini telah memenuhi persyaratandalam penulisan pengantar ilmu hukum yang baik, dan percaya buku ini banyak manfaatnya bagi pendidikan mahasiswa hukum pada taraf yang paling penting,yaitu memperkenalkan hukum kepada mereka yang sama sekali asih awam.Buku Pengantar Ilmu Hukum ini terdiri dari 212 halaman yang terbagimenjadi 11 bab. Adapun ringkasan isi dari masing-masing Bab-nya adalah sebagaiberikut :
BAB 1PENDAHULUAN
Pada bab ini, penulis mengemukakan tentang latar belakang mengenaipenulisan pengantar ilmu hukum. Pengantar ilmu hukum yang biasa juga disebutsebagai
 Encyclopedia
Hukum merupakan dasar untuk pelajaran lebih lanjut dalam
 
2
studi hukum. Apabila ilmu pengantar ini tidak dipahami secara seksama dantuntas, tidaklah mungkin dapat diperoleh pengertian yang baik tentang berbagaicabang ilmu hukum, baik yang privat maupun yang public.Bab latar belakang ini mencoba menjelaskan unsur hukum, baik yangriil maupun yang idiil tentang pengertian manusia dan alam sekeliling sertapergaulan. Memperhatikan aspek metodologi dan sistematika denganmenghubungkan hukum dengan etika dalam konsep keadilan yang berhubungandengan nilai-nilai, asas, dan pengkaidahan; dalam suatu rumusan yang meliputipengertian hukum, asas pokok, dan kerangka dasar.Selain latar belakang, bab pendahuluan ini juga memuat mengenaipermasalahan, tujuan, dan sistematika penulisan pengantar ilmu hukum.Permasalahan utama dalam penulisan pengantar ilmu hukum yang kerap kalidijumpai adalah bahwa karya-karya yang telah ada belum disusun dengansistematik yang berdasarkan pedoman yang diharapkan dapat member petunjuk untuk pembobotan minimal bagi mahasiswa, seperti berdasar
kan “pohonPengetahuan Ilmu Hukum” misalnya.
 Adapun tujuan penulisan buku ini adalah untuk tujuan member inputmateri bagi pengembangan pengajaran PIH yang beridentitas, serta sarat bagipengembangan studi ilmu hukum lebih lanjut, dengan berorientasi pada tujuanmenghasilkan sarjana hukum paripurna dan mampu mengemban tugas-tugasdalam proses pembangunan bangsa.
BAB 2ANEKA ARTI HUKUM
Pada Bab II ini diketengahkan aneka arti hukum dalam arti :1.
 
Penguasa (Undang-undang, keputusan, hakim, dan lain-lain)2.
 
Para petugas3.
 
Sikap tindak 4.
 
Sistem kaidah5.
 
Jalinan nilai6.
 
Tata hukum
 
3
7.
 
Ilmu hukum8.
 
Disiplin hukum
BAB 3DISIPLIN HUKUM
Disiplin hukum adalah sistem ajaran mengenai kenyataan atau gejala-gejala hukum yang ada dan hidup di tengah pergaulan. Disiplin ilmu merupakandisiplin perspektif yang berusaha menentukan apakah yang seyogyanya,seharusnya, dan sepatutnya dilakukan dalam menghadapi kenyataan.Dalam buku ini disebutkan bahwa cabang-cabang ilmu hukum dalamdisiplin hukum dibagi menjadi 3, yaitu :1.
 
Ilmu HukumIlmu hukum adalah pengetahuan mengenai masalah yang bersifat manusiawi,pengetahuan tentang yang benar dan tidak benar menurut harkatkemanusiaan. Yang termasuk dalam ilmu hukum (dogmatik hukum) adalah :Ilmu kaidah, ilmu pengertian, dan ilmu kenyataan2.
 
Filsafat HukumMerupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari pertanyaan-pertanyaanmendasar dari hukum, mengemukakan dasar-dasar kekuatan mengikat darihukum3.
 
Politik HukumPolitik hukum merupakan disiplin ilmu yang mengkhususkan pada usahamemerankan hukum dalam mencapai tujuan yang dicita-citakan olehmasyarakat tertentu.
BAB 4MENGENAL ILMU-ILMU HUKUM SEBAGAI ILMU TENTANGKENYATAAN
Pada bab IV ini, penulis menerangkan tentang Ilmu-ilmu hukumsebagai ilmu tentang kenyataan atau
Tatsachenwissenschaft 
atau
Seinwissenschaft 
 

Activity (8)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
thiap_1 liked this
Rezky Fahrian liked this
Gama Sugara liked this
nrdrs liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->