Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
36Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Baterai Kering

Makalah Baterai Kering

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 4,568 |Likes:
Published by Imanuel Palinggi

More info:

Published by: Imanuel Palinggi on Jun 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/17/2013

pdf

text

original

 
 
Kelas : XII MO-2 / Semester 6 / tahun ajaran 2010-2011Anggota : Imanuel Palinggi (9)Isaac (12)
 
“ MATERI”
 
Arus Listrik
 Arus listrik adalah aliran-aliran partikel listrik yang bermuatan positif didalam suatu pengantar.Pergerakan muatan ini terjadi pada bahan yang disebut konduktor. Konduktor bisa berupa logam,gas atau larutan, sedangkan yang membawa muatannya sendiri tergantung pada jenis konduktor,yaitu pada:1.
 
logam, pembawa muatannya adalah electron-elektron2.
 
gas, pembawa muatannya adalah ion positif dan electron3.
 
larutan, pembawa muatannya adalah ion positif dan negatif muatan listrik dapat mengalir di dalam suatu rangkaian apabila ada sumber energi sebagaipompa. Akibatnya muatan listrik dikenai suatu gaya, yaitu gaya gerak listrik (ggl) sehinggatimbullah listrik.Pada kenyataannya setiap baterai tidak hanya menimbulkan beda potensial, akan tetapi sekaligusmengandung suatu hambatan karena kelajuan reaksi kimia yang berlangsung di dalam bateraimembatasi jumlah arus yang akan dihasilkan. Baterai yang rill sering dianggap sebagai bateraiideal dengan gaya gerak listrik yang dihubungkan dengan hambatan.
Sumber Arus Searah dari Proses Kimiawi
 Sumber arus searah dsebut juga sebagai sumber tegangan searah sebab arus yamng ditimbulkanoleh suatu tegangan. Sumber arus berfungsi sebagai sumber energi untuk mengalirkan muatanmelalui peralatan listrik. Energi diperoleh dari berbagai macam bentuk energi asal yangkemudian diubah menjadi energi listrik.
 
Elemen Primer
 Pada elemen primer, reaksi kimia yang menyebabkan electron mengalir dari elektroda negatif (katoda) ke elektroda positif (anoda) tidak dapat dibalik arahnya. Dengan demikian elemen initidak dapat dimuati kembali jika muatannya habis. Elemen primer ialah elemen elektrokimiayang memerlukan pergantian bahan-bahan pereaksi setelah memberikan sejumlah energi listrik kepada rangkaian luar.
1. Elemen Volta (elemen Galvani)
 Luigi Galvani (1737- 1798) menemukan bahwa bila kaki katak yang baru mati dikaitkan padatembaga kemudian disentuh pisau besi, maka kaki katak itu akan bergerak. Volta menyimpulkanperistiwa ini sebagai gejala listrik yang timbul karena kedua logam yang dihubungkan olehlarutan yang ada dalam kaki katak.Bila sebatang logam dimasukkan ke dalam larutan elektrolit, batang logam menjadi negatif sedangkan larutan menjadi bermuatan positif atau potensial larutan menjadi lebih tinggi daripadapotensial logam. Perbedaan potensial logam dari larutan dinamakan potensial kontak. Ternyata,setiap logam mempunyai potensial kontak yang berbeda.Sebuah elemen sederhana dapat dibuat berdasarkan prinsip diatas, yanitu dengan mencelupkanbatang tembaga (Cu) dan batang seng (Zn) kedalam larutan asam sulfat (H
2
SO
4
) encer. Batangtembaga menjadi kutub positif atau anoda dan batang seng menjadi katoda. Beda potensial antaraanoda dan katoda adalah 1 volt.Dalam laritan, molekul-molekul asam sulfat akan terurai menjadi ion-ion hydrogen yangbermuatan positif dan ion-ion sulfat yang bermuatan negative. Elemen Volta mempunyaikelemahan, yaitu hanya dapat bekerja dalam waktu yang pendek sehingga tidak cocok untuk kehidupan sehari-hari.
2. Elemen Daniell
 Elemen ini dibuat oleh John Daniell pada tahun 1835. untuk mencegah terjadinya polarisasi,elektroda dilindungi oleh suatu bahan kimia yang disebut depolarisator. Pada elemen Daniellyang digunakan adalah tembaga sulfat (CuSO
4
) yang dipisahkan dengan elektrolit asam sulfatencer oleh bejana berpori. Jadi, ion-ion masih dapat pergi dari elektroda ke elektroda lain melaluidepolarisator.

Activity (36)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Teddy Vairous liked this
Nizam Chaidir liked this
Fitri Yana liked this
Agustina Silaban liked this
Eris Dwi Wahyudi liked this
E-soen Hakam R liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->