Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
P. 1
UAS Laporan Akhir Praktikum Bk Karir Di SMKN 2 Singaraja

UAS Laporan Akhir Praktikum Bk Karir Di SMKN 2 Singaraja

Ratings: (0)|Views: 200 |Likes:
Published by Radest Na Dinda

More info:

Published by: Radest Na Dinda on Jun 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/02/2013

pdf

text

original

 
 
1
 
LAPORAN
 
PRAKTIKUM BK KARIERDI SMK N 2 SINGARAJA
Oleh :Kelas 4D
 
Komang Seniawati (1011011112)
 
Ni Kadek mawarmianingsih (1011011128)
 
Ferra Windystefany (1011011133)JURUSAN BIMBINGAN DAN KONSELING
FAKULTAS ILMU PENDIDIKANUNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHASINGARAJA2012
 
 
2
 
BAB I
 
PENDAHULUAN
 
a. Masalah-masalah Tentang Karier yang Terjadi di SMK N 2 Singaraja,Terhadap Siswa Kelas XI. B Tata Busana
 Dalam pemilihan karir tentu banyak terdapat kendala-kendala ataumasalah-masalah yang muncul dan membingungkan bagi yang akanmenjalaninya. Terutama pada siswa di sekolah yang akan memilih untuk melanjutkan kemana ke depannya yang tepat dengan pilihan dan keadaannya.Kesulitan yang dialami siswa dalam memilih dan menentukan karirtidaklah dapat dipungkiri, banyak siswa yang kurang memahami bahwa karirmerupakan jalan hidup dalam usaha mengapai kehidupan yang baik dimasamendatang.Adapun faktor atau masalah yang menyebabkan sisswa kesulitan dalampemilihan karir antara lain :1. Faktor yang ada dalam diri siswa. Diantaranya adalah :
Tingkat intelengensi
yang dimiliki oleh siswa sering tidak disadari oleh siswa itusendiri.

Sikap mental
merupakan kesiapan yang harus dimiliki oleh setiap siswa.Namun, terkadang siswa tidak menghiraukan atau memperhitungkan terlebihdahulu apakah dirinya sanggup untuk menjalani keputusan karir yang dipilihnyananti.

 Jenis kelamin
juga mempengaruhi dalam pemilihan karir, namun banyak jugasiswa yang terkadang salah menentukan karirnya tanpa memikirkan kedepannyakarena hanya sekedar menggunakan keinginannya dari rasa kagum ataskarir/pekerjaan yang seharusnya tidak dipilih atau kurang layak untuk digelutinya.

 Minat terhadap suatu karir 
dan dengan kemampuan yang sesuai sangatlahberpengaruh terhadap pemilihan karir siswa. Banyak siswa yang salah dalam
 
 
3
 
memilih karir, siswa kurang mempunyai minat terhadap karir yang telahdipilihnya karena sekedar mengikuti ajakan teman untuk memilih karir tersebut.2. Faktor di luar siswa, diantaranya adalah :

Tingkat ekonomi keluarga
terkadang menjadi suatu permasalahan dalammenentukan karir siswa. Banyak siswa yang kebutuhan karirnya tidak terpenuhikarena tingkat ekonominya yang kurang memadai.

 Minat orang tua
terkadang tidak sesuai dengan keinginan anak (siswa) untuk memilih karir yang ia minati. Keinginan orang tua yang terlalu keras tanpamemikirkan kemampuan si anak dan keinginan si anak akan menyebabkanterjadinya permasalahan dalam pemilihan karir si anak.

Kondisi social masyarakat 
 juga mempengaruhi pemilihan karir dari tempattinggal siswa tersebut. Karir yang dipilih harus terlihat layak di mata masyarakatmeski bertolak belakang dari keinginan siswa tersebut. Terkadang masyarakatyang kurang mendapat sosialisasi masih menganggap tabu suatu pekerjaan yangsebenarnya masih layak untuk dikerjakan.
b. Latar Belakang Perlunya Layanan BK Karier yang dilakukan di SMKN 2 Singaraja
 Masa depan harus direncanakan disongsong bukan di tunggu. Awal masa
depan itu adalah “di sini dan sekarang”. Persiapan untuk menyongsong masa
depan dilakukan melalui prosedur-prosedur tertentu baik melalui pendidikaninformal, formal maupun non formal. Melalui pendidikan di sekolah siswadibekali dengan berbagai pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap-sikaptertentu. Bekal yang diperoleh siswa di sekolah bertujuan untuk mempersiapkanmereka memasuki dunia kerja.Karir bagi siswa bukan hal yang mudah untuk ditentukan dan menjadipilihan yang sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya, namun haruslahditentukan. Untuk membentukan hal demikian harus didasarkan pada keputusansiswa itu sendiri yang didasarkan pada pemahaman tentang kemampuan dan minatserta pengenalan karir yang ada di masyarakat.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->