Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Luka Bakar 4

Luka Bakar 4

Ratings: (0)|Views: 29 |Likes:
Published by Elmoe Lone

More info:

Published by: Elmoe Lone on Jun 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/27/2012

pdf

text

original

 
MANAJEMEM LUKA BAKARA.
 
Pengertian
Luka bakar merupakan cedera yang cukup sering dihadapi para medis. Jenisyang berat memperlihatkan morbiditas dan derajat cacat yang relatif tinggi dibandingdengan cedera oleh sebab lain. Penyebab luka bakar selain terbakar api langsung atautidak langsung, juga pajanan suhu tinggi dari matahari, listrik maupun bahan kimia.Luka bakar karena api atau akibat tidak langsung dari api, misalnya tersiram air panasbanyak terjadi pada kecelakaan rumah tangga. (Muhammad Lattifur, 2009).
B.
 
Luka bakar dikategorikan menurut mekanisme injurinya meliputi :1.
 
Luka Bakar Termal
Luka bakar thermal (panas) disebabkan oleh karena terpapar atau kontak denganapi, cairan panas atau objek-objek panas lainnya. (Corwin 2007)
2.
 
Luka Bakar Kimia
Luka bakar chemical (kimia) disebabkan oleh kontaknya jaringan kulit denganasam atau basa kuat. Konsentrasi zat kimia, lamanya kontak dan banyaknya jaringan yang terpapar menentukan luasnya injuri karena zat kimia ini. Luka bakarkimia dapat terjadi misalnya karena kontak dengan zat-zat pembersih yang seringdipergunakan untuk keperluan rumah tangga dan berbagai zat kimia yangdigunakan dalam bidang industri, pertanian dan militer. (Corwin 2007)
3.
 
Luka Bakar Elektrik
Luka bakar electric (listrik) disebabkan oleh panas yang digerakan dari energilistrik yang dihantarkan melalui tubuh. Berat ringannya luka dipengaruhi olehlamanya kontak, tingginya voltage dan cara gelombang elektrik itu sampaimengenai tubuh. (Corwin 2007)
4.
 
Luka Bakar Radiasi
Luka bakar radiasi disebabkan oleh terpapar dengan sumber radioaktif. Tipe injuriini seringkali berhubungan dengan penggunaan radiasi ion pada industri atau darisumber radiasi untuk keperluan terapeutik pada dunia kedokteran. Terbakar olehsinar matahari akibat terpapar yang terlalu lama juga merupakan salah satu tipeluka bakar radiasi. (Graber et al 1996)
 
C.
 
Derajad Luka bakar
Kedalaman luka bakar tergantung oleh tingginya suhu dan lamanya pajanan suhutinggi. Selain api yang langsung menjilat tubuh, baju yang ikut terbakar jugamemperdalam luka bakar. Bahan baju yang paling aman adalah yang terbuat dari buludomba (wol). Bahan sintesis seperti nilon dan dakron selain mudah terbakar jugamudah lumer oleh suhu tinggi, lalu menjadi lengket sehingga memperberat derajatkedalaman.
Kedalamandan derajatluka bakarBagiankulit yangterkenaGejala PenampilanlukaPerjalanankesembuhan
Derajat satu(superficial)TersengatmatahariTerkena apidenganintensitasrendah
 
Epidermis
 
KesemutanHiperestesia(supersensitive)Rasa nyeri mereda biladidinginkan
 
Memerah,menjadiputihbila ditekanMinimalatautanpa edema
 
Kesembuhanlengkapdalam 1 mingguPengelupasankulit
 
Derajat dua(PartialThickness)Tersiram airmendidihTerbakaroleh nyalaapi
 
Epidermisdan bagiandermis
 
NyeriHiperestesiaSensitif terhadapudarayang dingin
 
Melepuhdasarlukaberbintikbintik merah,epidermisretak,permukaanluika basahEdema
 
Kesembuhandalam 2-3 mingguPembentukanparut&depigmentasiInfeksi dptmengubahnyamjdderajat tiga
 
Derajat tiga(FullThickness)Terbakarnyala apiTerkenacairanmendidihEpidermis,keseluruhandermis dankadangkadang jaringansubkutan
 
Tidak terasa nyeriSyok Hematuria&kemungkinanhemolisisKemungkinan terdapatlukamasuk dan keluarKering, lukabakerberwarnaputih sepertibahan kulitatau gosongKulit retak denganPembentukaneskerDiperlukanpencangkokanPembentukanparut&hilangnyakontur sertafungsi
 
dalamwaktu yanglamatersengat aruslistrik 
 
(padaluka bakar listrik)
 
bagianlemak yangnampak Edema
 
kulitHilangnya jaritanganatau ekstremitasdapatterjadi
 
Umumnya luka bakar memiliki kedalaman yang tidak seragam. Ketika dinilai,luka bakar biasanya mencakup daerah-daerah cedera superfisial pada bagian periferluka dengan peningkatan kedalaman di sebelah proksimal. Setiap daerah memiliki 3zona cedera. Daerah yang sebelah dalam mengalami kerusakan yang paling parah,sedangkan zona yang sebelah luar kerusakannya paling ringan. Daerah sebelah dalamdikenal sebagai zona koagulasi dimana terjadi kerusakan seluler. Daerah yang tengahdisebut zona statis tempat terjadinya gangguan suplai darah, inflamasi dan cedera jaringan. Daerah ini masih dapat diselamatkan sampai derajat tertentu dengan resusitasicairan. Daerah sebelah luar merupakan zona hyperemia. Zona ini merupakan luka bakarderajat satu yang harus sembuh dalam waktu 1 minggu dan lebih khas untuk cederaterbakar atau tersengat arus listrik dibanding cedera akibat cairan yang panas.
D.
 
Fase Luka Bakar
1.
 
Fase akut
 Disebut sebagai fase awal atau fase syok. Dalam fase awal penderita akanmengalami ancaman gangguan airway (jalan nafas), brething (mekanismebernafas), dan circulation (sirkulasi). Gangguan airway tidak hanya dapat terjadisegera atau beberapa saat setelah terbakar, namun masih dapat terjadi obstruksisaluran pernafasan akibat cedera inhalasi dalam 48-72 jam pasca trauma. Cederainhalasi adalah penyebab kematian utama penderita pada fase akut. Pada fase akutsering terjadi gangguan keseimbangan cairan dan elektrolit akibat cedera termalyang berdampak sistemik.
2.
 
Fase sub akut.
Berlangsung setelah fase syok teratasi. Masalah yang terjadi adalah kerusakanatau kehilangan jaringan akibat kontak dengan sumber panas. Luka yang terjadimenyebabkan proses inflamasi dan infeksi.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->