Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
materi imk

materi imk

Ratings: (0)|Views: 154 |Likes:

More info:

Published by: Tomy Candra Dermawan on Jun 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/14/2013

pdf

text

original

 
Materi IMK1. Definisi Interaksi Manusia dan Komputer (HCI)
# (Sumber : imk1.pdf)Interaksi manusia dan Komputer
adalah suaturancangan sistem komputer yangmendukung atau membantu manusia.
# (Sumber :http://zheira83.files.wordpress.compendahuluan.ppt)a. Interaksi Manusia dan komputer
merupakankomunikasi dua arah antarapengguna (user) dengan sistem komputer yang salingmendukung untukmencapai suatu tujuan tertentu.b.
Interaksi manusia dan komputer
merupakan disiplinilmu yang mempelajaridesain, evaluasi, implementasi dari sistem komputerinteraktif untuk dipakai olehmanusia, beserta studi tentang faktor-faktor utamadalam lingkunganinteraksinya.” (ACM SIGCHI,1992,p.6)
# (Sumber :http://tugaskuliah.google.code.comPertemuan 1.doc)Interaksi manusia dan komputer
adalah sebuahhubungan antara manusia dankomputer yang mempunyai karakteristik tertentu untukmencapai suatu tujuantertentu dengan menjalankan sebuah sistem yangbertopengkan sebuahantarmuka (interface).2. Tujuan dipelajarinya Interaksi Manusia dan Komputer (HCI)
# (Sumber : imk1.pdf)
Untuk menghasilkan sistem yang berguna dan aman.Seperti fungsi dari sistemyaitu : Mengembangkan (develop) danmenyempurnakan (improve):- Safety (keamanan)- Utility (utilitas)- Effectiveness (efektivitas)- Efficiency (efisiensi)- Usability (ketergunaan)
# (Sumber :http://zheira83.files.wordpress.compendahuluan.ppt)
- Menghasilkan sistem yang bermanfaat (usable),memiliki manfaat dan mudahdioperasikan oleh user.- Fungsionalitas, fungsi-fungsi yang ada dlm sistem ygdibuat sesuai denganperencanaan.- Keamanan (safe), apakah sistem yg kita dibuatmemiliki tingkat pengamanan dataatau tidak.- Efeektifitas dan Efisiensi, berpengaruh padaproduktifitas kerja dari penggunanyadan sistem yang dibuat harus berfungsi dengan baik.3. Metodologi Riset atau Design HCI
Waterfall Model of Software Design and Development
 
Penjelasan :Requirement Specification
Pada tahap requirement specification, desainer dancustomer mencoba menangkapdeskripsi seperti apa nantinya sistem yang sebenarnyaakan dibangun. Aktifitas inimelibatkan pencarian informasi dan customer mengenailingkungan kerja sistem ininantinya akan dimplementasikan.
Architectural Design
Aktifitas ini memfokuskan pada bagaimana sistemmenyediakan layanan seperti yangdiharapkan. Aktifitas pertama adalah high-leveldecomposition yang membagi sistemmenjadi komponen-komponen sesuai dengan fungsinya.Pembagian ini dapatdidasarkan pada pembagian yang sudah ada di sistemyang lama atau membuat daribaru. Architectural design tidak hanya meliputi pembagianfungsi sistem yangnantinya akan menyediakan layanan, namun jugamendeskripsikan keterhubungandan pemakaian bersama sumber daya antara komponentersebut.
Detailed Design
Architectural design menghasilkan dekomposisi deskripsisistem yangmemungkinkan pengembangan komponen secara terpisahuntuk kemudiandiintegrasikan kembali nantinya. Agar dapatdiimplementasikan dengan bahasapemrograman, desainer harus melengkapi deskripsitersebut dengan deskripsi yanglebih detail. Oleh karena itu, tahap detailed design adalahperbaikan dari deskripsikomponen yang dihasilkan oleh architectural design.Perilaku yang ditunjukkan olehdeskripsi pada level di atasnya, harus terdapat pula dideskripsi detailnya.
Coding and Unit Testing
Hasil dari detailed design harus dalam bentuk yang dapatdiimplementasikan keexecutable programming language. Setelah coding, setiapkomponen diuji untukmemverifikasi apakah berjalan dengan benar sesuaidengan kriteria yang telahditetapkan pada tahap-tahap awal.
Integration and Testing
Setelah komponen-komponen diimplmentasikan dan diujisecara individual, makakomponen tersebut harus diintegrasikan seperti yangdideskripsikan padaarchitectural design. Pengujian lebih lanjut dilakukanuntuk memastikan perilakuyang benar dan tidak ada konflik penggunaan sumberdaya bersama. Pada tahap ini juga dimungkinkan untuk melakukan tes (acceptance test)dengan customer untukmemastikan sistem yang dibuat memenuhi kebutuhanmereka. Setelah acceptancetest maka produk dapat di-release kepada customer.
Maintenance
Setelah produk di-release, semua pekerjaan yangdilakukan terhadap sistemdianggap sebagai pemeliharaan (maintenance) sampaiproduk memerlukan desainulang menjadi versi baru atau produk tidak terpakai lagi.Maintenance melibatkan
Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Softwarehttp://www.foxitsoftware.com For evaluation only.
 
koreksi terhadap kesalahan / error yang ditemui padasistem setelah di-release dandilakukan perbaikan terhadap sistem. Sehingga tahapmaintenance memberikanfeedback pada semua aktifitas lain pada life cycle.4. Bagan pembagian disiplin-disiplin ilmu yang terkait dengankeilmuan HCI
# (Sumber : imk1.pdf)Keterangan Gambar :# (Sumber :http://aqwam.staff.jaak-stik.ac.id→ 11.-interaksi-manusia-dan-komputer.doc)Keterangan gambar :- FAKTOR REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa perangkat lunak dapat didefinisikansebagai berikut :a. Instruksi-instruksi yang bila dieksekusi akanmemberikan fungsi dan kerjayang diinginkanb. Struktur data yang memungkinkan suatuprogram memanipulasi informasisecara proposionalc. Dokumen yang menggambarkan operasi dankegunaan programFaktor ini dapat menciptakan suatu programyang efektif, efisien danuser friendly sehingga dapat dihasilkan suatumesin yang betul-betuldiinginkan oleh user.
- FAKTOR KECERDASAN BUATAN
Kecerdasan buatan bertujuan agarkomputer dapat melakukanpekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukanmanusia sertamenggabungkan cara berpikir manusia danmesin, untuk mengambilkeputusan, memecahkan masalah danpembelajaran.Faktor kecerdasan buatan mempunyaiperan untuk menciptakansuatu sistem yang betul-betul andal, canggihdan menyerupai pola berpikirmanusia, misalnya Robot. Selain itu faktor inimenyebabkanperkembangan HCI semakin sulit dibayangkan.
- FAKTOR LINGUISTIK KOMPUTASIONAL
Peran bahasa yang digunakan sebagaiantar muka agar user lebihmudah menggunakan sistem tersebut dan tidakterjadi kesalah pahamandi dalam menggunakannya. Dibutuhkan suatukomposisi bahasa yangsangat baik dan dapat dengan mudahdimengerti oleh user.
- FAKTOR PSIKOLOGI
Pemahaman akan psikologi orang yangakan menggunakan softwaresangat dibutuhkan mengingat setiap usermemiliki sifat dan kelakuanyang berbeda. Didalam merancang progranfaktor ini harus dipikirkanterlebih dahulu, seperti siapa target penggunaprogram, bagaimanasuasana lingkungan, perilaku pengguna secaraumum dan sebagainyaagar program yang dirancang lebih userfriendly.Faktor ini juga mencakup pengetahuandan keahlian penggunadalam mempersepsikan dan memecahkanmasalah (problem solving)
- FAKTOR MULTIMEDIA
Konteks multimedia digunakan sebagaisarana dialog yang sangatefektif antara manusia dan komputer untukmenghasilkan tampilan yanglebih menarik dan lebih mudah dimengerti olehpengguna misalnyadengan gambar, suara, teks, grafik dansebagainya.
- FAKTOR ANTROPOLOGI
Faktor ini memberikan gambaran tentangtata cara kerja kelompokyang masing-masing anggotanya diharapkandapat memberikan kontribusisesuai bidang masing-masing. Faktorantropologi dapat memberikanpandangan yang mendalam tentang tata carakerja dari setiap kelompokkaryawan yang ada, dimana terjadi komunikasiantara manusia danperalatan yang mereka gunakan.
- FAKTOR ERGONOMIK
Faktor ini berhubungan dengan aspek fisikuntuk mendapatkanlingkungan kerja yang nyaman. Letak meja, kursi,monitor, keyboard,mouse, posisi duduk, pengaturan pencahayaan,kebersihan dan berbagaiaspek lain akan sangat berpengaruh terhadapinteraksi manusia dengankomputer yang digunakan.
 - FAKTOR SOSIOLOGI
 Faktor ini berhubungan dengan pengaruhsistem komputer dalam
Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Softwarehttp://www.foxitsoftware.com For evaluation only.

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
Sun Ardy liked this
oksi frontier liked this
Zhar liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->