Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
BABII

BABII

Ratings: (0)|Views: 216|Likes:
Published by Fuja Novitra

More info:

Published by: Fuja Novitra on Jun 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/19/2012

pdf

text

original

 
12
BAB IITINJAUAN PUSTAKA2.1. Belajar Mengajar
2.1.1. Pengertian dan Prinsip Belajar MengajarSalah satu yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan mutu dankualitas pendidikan adalah dengan peningkatan profesionalisme guru, karenagurulah yang menjadi dasar atau tombak pendidikan, yang secara langsungberupaya mempengaruhi, membina dan mengembangkan peserta didik agarmenjadi manusia yang cerdas, terampil, beriman dan bertakwa, mandiri danbertanggung jawab.Sebagai seorang pengajar, guru harus memiliki kemampuan yangdiperlukan sebagai seorang pendidik dan pengajar, kemampuan tersebuttercermin pada kompetensi guru dalam megaplikasikan ilmu pengetahuannya,termasuk dalam proses belajar mengajar.Adapun pengertian belajar menurut para ahli yaitu:a.
 
Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan,sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi denganlingkungannya (Slameto, 1991).b.
 
Belajar adalah suatu proses yang ditandai dengan adanya perubahan padadiri seseorang. Perubahan sebagai hasil dari proses belajar dapatditunjukkan dalam berbagai bentuk seperti perubahan sikap dan tingkahlaku, pengetahuan, pemahaman kecakapan, keterampilan, kebiasaan,serta perubahan aspek-aspek lain yang ada pada individu yang belajar(Sudjana, 1989).
 
12
 
13Dari beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa belajaradalah perubahan sikap dan tingkah laku yang baru secara keseluruhansebagai hasil pengalaman dengan adanya interaksi.a.
 
Prinsip-Prinsip Belajar MengajarPrinsip-prinsip belajar mengajar yang dikemukakan oleh H.Abdurrahman (1993) yaitu:1)
 
Proses belajar kompleks namun terorganisasikan2)
 
Peranan motivasi dalam belajar penting3)
 
Berlangsungnya dari tahap sederhana ke kompleks4)
 
Merupakan proses pembedaan dan penggeneralisasian berbagai respon5)
 
Harus berdasar pada pengalaman6)
 
Pengetahuan dan keterampilan bersifat praktis7)
 
Memperhatikan perbedaan dan kesanggupan individual8)
 
Berlandaskan pada kesiapan (readness) siswa9)
 
Harus mengikuti prinsip-prinsip psikologi pendidikan dalam belajar.b.
 
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Belajar1)
 
Faktor internal (faktor dari dalam diri siswa)Faktor dari dalam diri siswa meliputi dua aspek, yaitu aspek fisiologis (bersifat jasmani) dan aspek psikologis (yang bersifatrohaniah).a)
 
Aspek fisiologisKondisi umum jasmani dan tonus (tegangan otot) yangmenandai tingkat kebugaran organ-organ tubuh dan sendi-
 
14sendinya, dapat mempengaruhi semangat dan intensitas siswadalam mengikuti pelajaran.Kondisi organ-organ khusus siswa, seperti tingkatkesehatan indera pendengar, indera penglihatan yang dapatmempengaruhi kemampuan siswa dalam menyerap informasi danpengetahuan yang disajikan oleh guru.b)
 
Aspek psikologisBanyak faktor yang termasuk aspek psikologis yang dapatmempengaruhi kualitas dan kuantitas perolehan pembelajaransiswa, namun di antara faktor-faktor rohaniah yang padaumumnya dipandang lebih esensial itu adalah sebagai berikut:(1)
 
Intelegensi siswa(2)
 
Sikap siswa(3)
 
Bakat siswa(4)
 
Minat siswa(5)
 
Motivasi siswa2)
 
Faktor eksternal (faktor dari luar siswa)Faktor eksternal siswa juga terdiri atas dua macam, yaknifaktor lingkungan siswa dan faktor lingkungan nonsosial.a)
 
Lingkungan sosialLingkungan sosial sekolah seperti guru, para staf danteman-teman sekelas dapat mempengaruhi semangat belajarseorang siswa. Lingkungan sosial yang lebih banyak 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->