Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Fistek Bu Rita

Makalah Fistek Bu Rita

Ratings: (0)|Views: 105 |Likes:
Published by Rasihan Arbi Wein

More info:

Published by: Rasihan Arbi Wein on Jun 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/26/2013

pdf

text

original

 
 Makalah fisiologi dan teknologi
EVALUASI SENSORIOleh :Khalid Haris 0805106010044Ramli Hamdani 0805106010046Fakhrurrazi 0805106010049Halimatussakdiah 0805106010061Mutia 0805106010062Fadli 0805106010066Rahmadianto 0505106010065JURUSAN TEKNIK PERTANIANUNIVERSITAS SYIAH KUALAFAKULTAS PERTANIANDARUSSALAM, BANDA ACEH2011
 
BAB IPENDAHULUANI.I Latar Belakang
Pada zaman sekarang ini penilaian sensori bukan saja dapat dinggapsebagai salah satu disiplin ilmu tetapi juga perlu dianggap sebagai teknologikarena kegunaannya yang luas dalam industri. Umunya teknologi berkembangakibat penemuan ilmu, tetapi berbeda dengan penilaian sensori, dimana ilmuberkembang akibat teknologi yang sangat aktif. Terdapat beberapa disiplin ilmuyang memiliki peranan dalam perkembangan penilaian sensori akibat interaksiberbagai pengetahuan. Sumber-sumber utama terdiri dari psikologi, fisiologi,sosiologi dan statistik.Penilaian sensori merupakan suatu cara bagaimana panca indera manusiadigunakan untuk mendalami pemahaman mengenai respon terhadap suatumakanan. Teknik penilaian sensori untuk saat ini telah banyak digunakan untuk menilai proses perkembangan produk dalam industri makanan sejak beberapatahun yang lalu. Hal ini dikarenakan, kebanyakan konsumen sekarang ini membelisesuatu jenis makanan berdasarkan pengalaman sensori yang dimiliki sepertitingkat kemanisan, kelembutan, rasa dan lain-lain.Ahli-ahli teknologi makanan khususnya penganalisis penilaian sensorisadar kepentingan pemilihan metode untuk mengukur persepsi atribut makanandan / atau reaksi terhadap makanan tersebut.Metode yang digunakan dalam evaluasi sensori dapat dibagi menjadibeberapa metode yaitu: metode ujian diskriminatif, metode ujian deskriptif danmetode ujian afektif. Dalam penyusunan makalah ini kami lebih mengkhususkanevaluasi sensori dengan menggunakan metode ujian afektif.Metode ujian afektif adalah uji yang dilakukan untuk mengetahui produk-produk mana yang disukai penguji dan produk-produk mana yang tidak disukai.
I.2. Tujuan penulisan makalah
Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah :
 
Mahasiswa mampu memahami prinsip dari penilaian sensori.
 
 
Mahasiswa mampu membedakan prinsip penilaian organoleptik denganevaluasi sensori.
 
Mahasiswa mampu merancang dan menyelenggarakan uji sensoris untuk keperluan pengembangan produk, penelitian dan pengendalian mutu.
1.3. Manfaat Penulisan
Adapun manfaat dalam penulisan makalah ini adalah :
 
Diharapkan dengan mempelajari prinsip dari penilaian sensori ini , paramahasiswa akan mempunyai kemampuan untuk melakukan penilaiansensori terhadap makanan hasil olahan pertanian .
 
Mahasiswa mampu membedakan dari masing-masing uji penilaian sensori.
 
Mahasiswa mengerti konsep melakukan evaluasi sensori terhadap makananhasil olahan pertanian dengan menggunakan uji afektif ini.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->