Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengaruh Lingkungan Terhadap Keselamatan

Pengaruh Lingkungan Terhadap Keselamatan

Ratings: (0)|Views: 257|Likes:

More info:

Published by: Kasdianto YasiSalesalei on Jun 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

09/06/2012

pdf

text

original

 
PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP KESELAMATAN
Ada 5 faktor yang menyebabkan gangguan pada keselamatan dan daya kerja seorangtenaga kerja, yang biasanya dilakukan dalam suatu lingkungan, yang berakibat padakeselamatan jasmani dan rohani.1.
 
Faktor fisik yang meliputi : penerangan, suhu udara, kelembaban, vibrasi mekanis,radiasi, tekanan udara.2.
 
Faktor kimia yang meliputi : gas, uap, debu, kabut, asap awan, cairan dan bendapadat.3.
 
Faktor biologi yang meliputi : tumbuhan dan hewan.4.
 
Faktor fisiologis yang meliputi : konstruksi mesin, sikap dan cara kerja.5.
 
Faktor mental - psikologis meliputi : suasana kerja, hubungan kerja.Faktor - faktor tersebut diatas dalam jumlah yang cukup dapat mengganggu daya kerjaseseorang tenaga kerja, sebagai misal :1.
 
Penerangan yang kurang cukup instensitasnya menyebabkan kelelahan mata dan jikaterlalu silau mengakibatkan terjadinya kecelakaan.2.
 
Kegaduhan mengganggu daya ingat, konsentrasi pikiran dan berakibat kelelahanpsikologis, apabila pada tingkat yang lebih tinggi menyebabkan pekak atau tuli.3.
 
Radiasi sinar-sinar rontgen atau sinar radio aktif yang menyebabkan antara lainkelainan kulit, radiasi sinar ultra merah bisa mengakibatkan katarak pada lensa matasedangkan sinar ultra violet menjadi sebab consuctivities photo eletrika.a.
 
Debu menyebabkan / penyakit paru-paru diantaranya silicosis, asbestosis danlain-lain.b.
 
Uap yang menyebabkan metal fume fever / uap logam yang terhirupmengakibatkan suhu badan naik / panas.c.
 
Gas misalnya keracunan oleh CO.d.
 
Larutan yang menyebabkan dermatitis atau radang kulit diakibatkan kontakdengan bahan kimia atau kuman.
 
4.
 
Kesalahan - kesalahan konstruksi mesin, sikap badan kurang baik, salah, caramelakukan pekerjaan dan lain-lain. Kesemuanya menimbulkan kelelahan fisik bahkanlambat laun mengakibatkan perubahan fisik tubuh pekerja.5.
 
Hubungan kerja yang tidak baik berpengaruh terhadap mental psikologis.Sebaiknya apabila faktor-faktor tersebut dicari manfaatnya dapat diciptakan suasana kerjayang serasi misalnya :1.
 
Penggunaan musik di tempat kerja.2.
 
Penerangan diatur intensitas dan penyebarannya.3.
 
Dekorasi warna di tempat kerja.4.
 
Bahan beracun dalam keadaan terkendali bahayanya.5.
 
Penggunaan suhu yang nyaman untuk bekerja.6.
 
Perencanaan atau tata letak mesin sebaik-bakinya.
 
Beberapa orang berpikir kebersihan sekedar menjalankan sapu dengan cepat pada lantaibengkel atau pabrik di akhir hari kerja. Meskipun menyapu adalah salah satu aspekkebersihan, kebersihan yang efektip aktualnya lebih dari pada hal ini. Kebersihan adalahtanggung jawab setiap orang dan mensyaratkan kepada kita semua untuk mnjaga tempatkerja bersih, rapih dan teratur sehingga aman untuk melakukan pekerjaan.Hari ini kita akan membicarakan tentang:
 
Kerugian dari Kebersihan yang buruk; dan
 
Apa yang bisa anda lakukan untuk menjaga tempat kerja anda bersih, rapid anteratur.
KERUGIAN DARI KEBERSIHAN YANG BURUK
 Kebersihan yang burk dapat menimbulkan berbagai kecelakaan, cidera, kerusakan danmasalah.Kesuban, terpotong dan cidera mata terjadi bila butiran metal dan serpihan tertinggal diatasmeja kerja dan permesinan.Terpotong Jari dan Tangan terjadi bila sisa metal yang tajam ditinggalkan tergeletak diatasmeja kerja.Kecelakaan Terpeleset dan Jatuh terjadi bila perkakas, peralatan dan sisa materialditinggalkan tergeletak di lantai.Cidera tertumbu terjadi bila tumpukan yang tidak stabil atau laci penyimpanan kelebihanbeban ambruk.Waktu Terbuang karena perkakas, peralatan dan material yang selalu berpindah dan harusdiatur kembali. Terlepas dari Kecelakaan dan cidera, kebersihan yang buruk juga dapatmnyebabkan masalah lain.Kebakaran dengan mudah menjalar kesuluruh tempat kerja bila sisa kertas dibiarkanmenumpuk.Cidera Serius atau kematian bias terjadi pada saat orang berusaha menyelamatkanbangunan, bila jalan masuk dan jalan keluar darurat tertutup atau terganggu.Pengaturan tempat kerja yang buruk dan tidak rapi juga dapat menimbulkan:
 
Tempat kerja yang padat; dan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->