Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Chapter II.pdf

Chapter II.pdf

Ratings: (0)|Views: 43 |Likes:
Published by Goopest Makin Blank

More info:

Published by: Goopest Makin Blank on Jun 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/09/2012

pdf

text

original

 
BAB IITINJAUAN PUSTAKAII.1 JembatanII.1.1 Perkembangan Jembatan
Jembatan dikatakan sebagai peralatan yang tertua di dalam peradabanmanusia. Pada zaman dahulu, jembatan dibuat untuk menyeberangi sungai kecildengan menggunakan balok kayu atau batang pohon yang besar dan kuat. MenurutDegrand, jembatan pertama sekali tercatat pernah dibangun di sungai Nil oleh rajaManes dari Mesir pada tahun 2650 SM. Suatu deskripsi jembatan kayu yangdibangun Ratu Semiwaris dari Babilonis yang melintasi sungai Efhrat pada tahun783 SM juga pernah disusun oleh Diodrons Siculus.Jembatan ini berlantai kayu, dan bertumpu pada pier dari batu. Lantai kayuini dapat dipindahkan atau digeser pada malam hari untuk mencegah pencurimemasuki kota. Jembatan terapung, yang terbuat dari rangkaian perahu untuk menyeberangkan tentara pada masa-masa perang pernah dibangun oleh rajaAlexander dari Cyprus pad tahun 556 SM. Jembatan kayu digunakan telah lama,disebabkan materialnya banyak, dan pelaksanaannya mudah.Perkembangan Jembatan semakin maju, antara lain dikarenakan penemuan-penemuan material yang baru antara lain kayu atau batu digabungkan dengan besi.Jembatan pelengkung beton yang pertama dibangun pada tahun 1776 melintas sungaiSevern di Inggris. Belakangan pada tahun 1824 jembatan gelagar baja dibangun pada jalan kereta api Dublin Drogheda.
Universitas Sumatera Utara
 
Jembatan beton hanya digunakan untuk bentuk pelengkung, karena tidak kuatmenahan tegangan tarik. Dengan penemuan baja pada tahun 1825, masapembangunan jembatan modern dimulai. Pada tahun 1964, dibangunlah suatu jembatan yang terpanjang di dunia pada saat itu, yaitu Jembatan Verazano di NewYork - USA dengan bentang total adalah 2038 meter, dengan bentang utama adalah1298 meter. Di banyak negara, jembatan umumnya dibuat dari beton bertulang,walaupun mulai digantikan oleh beton pratekan.
II.1.2 Pengertiaan Jembatan
Berdasarkan UU 38 Tahun 2004 bahwa jalan dan juga termasuk jembatansebagai bagian dari sistem transportasi nasional mempunyai peranan pentingterutama dalam mendukung bidang ekonomi, sosial dan budaya serta lingkunganyang dikembangkan melalui pendekatan pengembangan wilayah agar tercapaikeseimbangan dan pemerataan pembangunan antar daerah.Konstruksi jembatan adalah suatu konstruksi bangunan pelengkap saranatrasportasi jalan yang menghubungkan suatu tempat ke tempat yang lainnya, yangdapat dilintasi oleh sesuatu benda bergerak misalnya suatu lintas yang terputus akibatsuatu rintangan atau sebab lainnya, dengan cara melompati rintangan tersebut tanpamenimbun / menutup rintangan itu dan apabila jembatan terputus maka lalu lintasakan terhenti. Lintas tersebut bisa merupakan jalan kendaraan, jalan kereta api atau jalan pejalan kaki, sedangkan rintangan tersebut dapat berupa jalan kenderaan, jalankereta api, sungai, lintasan air, lembah atau jurang.Jembatan juga merupakan suatu bangunan pelengkap prasarana lalu lintasdarat dengan konstruksi terdiri dari pondasi, struktur bangunan bawah dan struktur
Universitas Sumatera Utara
 
bangunan atas, yang menghubungkan dua ujung jalan yang terputus akibat bentuk rintangan melalui konstruksi struktur bangunan atas.Jembatan adalah jenis bangunan yang apabila akan dilakukan perubahankonstruksi, tidak dapat dimodifikasi secara mudah, biaya yang diperlukan relatif mahal dan berpengaruh pada kelancaran lalu lintas pada saat pelaksanaan pekerjaan.Jembatan dibangun dengan umur rencana 100 tahun untuk jembatan besar, minimum jembatan dapat digunakan 50 tahun. Ini berarti, disamping kekuatan dan kemampuanuntuk melayani beban lalu lintas, perlu diperhatikan juga bagaimana pemeliharaan jembatan yang baik.Karena perkembangan lalu lintas yang ada relatip besar, jembatan yangdibangun, biasanya dalam beberapa tahun tidak mampu lagi menampung volume lalulintas, sehingga biasanya perlu diadakan pelebaran. Untuk memudahkan pelebaranperlu disiapkan desain dari seluruh jembatan sehingga dimungkinkan dilakukanpelebaran dikemudian hari, sehingga pelebaran dapat dilaksanakan dengan biayayang murah dan konstruksi menjadi mudah.Pada saat pelaksanaan konstruksi jembatan harus dilakukan pengawasan danpengujian yang tepat untuk memastikan bahwa seluruh pekerjaan dapat diselesaikan,sesuai dengan tahapan pekerjaan yang benar dan memenuhi persyaratan teknis yangberlaku, sehingga dicapai pelaksanaan yang efektif dan efisien, biaya dan mutu sertawaktu yang telah ditentukan.
Universitas Sumatera Utara

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->