Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Permen LH No. 7 Tahun 2010 Tentang Kompetensi Penyusun Amdal

Permen LH No. 7 Tahun 2010 Tentang Kompetensi Penyusun Amdal

Ratings: (0)|Views: 44 |Likes:
Published by abrahamakb

More info:

Published by: abrahamakb on Jun 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/19/2012

pdf

text

original

 
1
SALINAN
PERATURAN MENTERI NEGARA LINGKUNGAN HIDUP NOMOR 07 TAHUN 2010 TENTANGSERTIFIKASI KOMPETENSI PENYUSUN DOKUMEN ANALISIS MENGENAIDAMPAK LINGKUNGAN HIDUP DAN PERSYARATAN LEMBAGA PELATIHANKOMPETENSI PENYUSUN DOKUMEN ANALISIS MENGENAI DAMPAKLINGKUNGAN HIDUPMENTERI NEGARA LINGKUNGAN HIDUP,Menimbang : bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal 28 ayat (4)Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentangPerlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup perludiatur sertifikasi kompetensi penyusun dokumen analisismengenai dampak lingkungan hidup dan persyaratanlembaga pelatihan kompetensi penyusun dokumenanalisis mengenai dampak lingkungan hidup;Mengingat : 1. Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentangPerlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup(Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009Nomor 140, Tambahan Lembaran Negara RepublikIndonesia Nomor 5059);2. Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 06tahun 2006 tentang Pedoman Umum StandardisasiKompetensi Personil dan Lembaga Jasa Lingkungan;MEMUTUSKAN:Menetapkan : PERATURAN MENTERI NEGARA LINGKUNGAN HIDUP TENTANG SERTIFIKASI KOMPETENSI PENYUSUNDOKUMEN ANALISIS MENGENAI DAMPAK LINGKUNGANHIDUP DAN PERSYARATAN LEMBAGA PELATIHANKOMPETENSI PENYUSUN DOKUMEN ANALISISMENGENAI DAMPAK LINGKUNGAN HIDUP.
 
2BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1Dalam Peraturan Menteri ini yang dimaksud dengan:1.
 
Analisis mengenai dampak lingkungan hidup yang selanjutnyadisingkat Amdal adalah kajian mengenai dampak penting suatu usahadan/atau kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yangdiperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentangpenyelenggaraan usaha dan/atau kegiatan.2.
 
Lembaga penyedia jasa penyusun dokumen Amdal adalah badanhukum yang bergerak dalam bidang jasa penyusunan dokumen Amdal.3.
 
Penyusun dokumen Amdal adalah orang yang memiliki kompetensipada kualifikasi tertentu dan bekerja di bidang penyusunan dokumenAmdal.4.
 
Kompetensi adalah kemampuan personil untuk mengerjakan suatutugas dan pekerjaan yang dilandasi oleh pengetahuan, keterampilan,dan sikap kerja yang dapat dipertanggungjawabkan.5.
 
Standar kompetensi adalah suatu ukuran atau kriteria yang berisirumusan mengenai kemampuan personil yang dilandasi olehpengetahuan, ketrampilan dan didukung sikap kerja sertapenerapannya di tempat kerja yang mengacu pada unjuk kerja yangdipersyaratkan.6.
 
Pelatihan kompetensi Amdal adalah pelatihan penyusunan Amdalsebagaimana diatur dalam peraturan menteri yang mengatur mengenaikurikulum penyusunan, penilaian dan pedoman serta kriteriapenyelenggaraan pelatihan Amdal.7.
 
Lembaga pelatihan kompetensi Amdal yang selanjutnya disingkatLPK Amdal adalah lembaga yang memiliki sarana dan prasarana bagipelatihan dalam penyusunan dokumen Amdal dan memenuhipersyaratan yang ditetapkan oleh Menteri Negara Lingkungan Hidup.8.
 
Uji kompetensi adalah kegiatan untuk mengukur tingkatpengetahuan, ketrampilan personil dan sikap kerja dalam mencapaistandar kompetensi yang telah ditetapkan.9.
 
Sertifikat kompetensi adalah tanda pengakuan kompetensi seseorang yang memenuhi standar kompetensi tertentu setelah melalui ujikompetensi.10.
 
Lembaga sertifikasi kompetensi Amdal yang selanjutnya disebut LSKAmdal adalah lembaga pelaksana sertifikasi kompetensi danpelaksana uji kompetensi dalam penyusunan dokumen Amdal.11.
 
Registrasi kompetensi adalah rangkaian kegiatan pendaftaran dandokumentasi terhadap lembaga penyedia jasa penyusun dokumen
 
3Amdal dan LPK Amdal yang telah memenuhi persyaratan tertentu.12.
 
Sistem manajemen mutu adalah suatu sistem yang dilaksanakanuntuk menjaga kualitas dari suatu pelaksanaan kegiatan yang meliputiperencanaan, seleksi dan penugasan tenaga pelaksana, penerapanprosedur operasional standar, dokumentasi, evaluasi dan pelaporan.13.
 
Menteri adalah menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahandi bidang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.BAB IIPERSYARATAN KOMPETENSI DALAM PENYUSUNAN DOKUMEN AMDAL Pasal 2(1)
 
Dokumen Amdal yang diajukan kepada Komisi Penilai Amdal wajibdisusun oleh pemrakarsa.(2)
 
Dalam penyusunan dokumen Amdal sebagaimana dimaksud pada ayat(1), pemrakarsa dapat meminta bantuan kepada lembaga penyedia jasapenyusunan dokumen Amdal yang telah mendapatkan tanda registrasikompetensi.(3)
 
Penyusun dokumen Amdal sebagaimana dimaksud pada ayat (1) danayat (2) wajib memiliki sertifikat kompetensi.(4)
 
Dalam penyusunan dokumen Amdal, penyusun dokumen Amdalsebagaimana dimaksud pada ayat (3) wajib menggunakan datadan/atau informasi yang sahih dan sesuai dengan kaidah ilmiah.(5)
 
Komisi Penilai Amdal sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajibmenolak pengajuan dokumen Amdal yang penyusunannya tidakmemenuhi ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (3).Pasal 3Lembaga penyedia jasa penyusunan dokumen Amdal sebagaimana dimaksuddalam Pasal 2 ayat (3) wajib memenuhi persyaratan:a.
 
berbadan hukum;b.
 
memiliki paling sedikit 2 (dua) orang tenaga tetap penyusun dokumenAmdal yang memiliki sertifikat kompetensi dengan kualifikasi ketua timpenyusun dokumen Amdal;c.
 
memiliki perjanjian kerja dengan tenaga tidak tetap penyusun dokumenAmdal yang memiliki sertifikat kompetensi penyusun dokumen Amdaldan seluruh personil yang terlibat dalam penyusunan dokumen Amdal yang dapat dipertanggungjawabkan secara hukum, termasuk dalam halketidakberpihakan;d.
 
memiliki sistem manajemen mutu; dane.
 
melaksanakan pengendalian mutu internal terhadap pelaksanaan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->