Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Filsafat Dan Pendidikan

Filsafat Dan Pendidikan

Ratings: (0)|Views: 166|Likes:
Published by bejokampungan

More info:

Published by: bejokampungan on Jun 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/15/2013

pdf

text

original

 
RINGKASAN MATERIA. ONTOLOGI FILSAFAT PENDIDIKAN
Ontologi merupakan salah satu kajiankefilsafatanyang paling kuno dan berasal dariYunani. Studi tersebut mebahas keberadaan sesuatu yang bersifat konkret. Tokoh Yunaniyang memiliki pandangan yang bersifat ontologis dikenal sepertiThales,Plato, dan Aristoteles. Pada masanya, kebanyakan orang belum membedaan antara
 penampakan
dengan
kenyataan
. Thales terkenal sebagaifilsuf yang pernah sampai pada kesimpulan bahwa
air 
merupakan substansi terdalam yang merupakan asal mula segala sesuatu. Namunyang lebih penting ialah pendiriannya bahwa mungkin sekali segala sesuatu itu berasal darisatu substansi belaka (sehingga sesuatu itu tidak bisa dianggap ada berdiri sendiri).Hakekat kenyataan atau realitas memang bisa didekati ontologi dengan dua macamsudut pandang:

kuantitatif, yaitu dengan mempertanyakan apakah kenyataan itu tunggal atau jamak?

Kualitatif, yaitu dengan mempertanyakan apakah kenyataan (realitas) tersebut memilikikualitas tertentu, seperti misalnya daun yang memiliki warna kehijauan, bunga mawar yang berbau harum.Secara sederhana ontologi bisa dirumuskan sebagai ilmu yang mempelajari realitas ataukenyataan konkret secara kritis.Beberapa aliran dalam bidang ontologi, yaknirealisme,naturalisme,empirismeIstilah istilah terpenting yang terkait dengan ontologi adalah:

yang-ada (being)

kenyataan/realitas (reality)

eksistensi (existence)
 

esensi (essence)

substansi (substance)

 perubahan (change)

tunggal (one)

 jamak (many)Ontologi ini pantas dipelajari bagi orang yang ingin memahami secara menyeluruh tentangdunia ini dan berguna bagi studi ilmu-ilmu empiris (misalnyaantropologi, sosiologi, ilmu kedokteran,ilmu budaya,fisika, ilmu teknik dan sebagainya).
B. EPISTIMOLOGI FILSAFAT PENDIDIKAN
Epistemologi, (dari bahasa Yunani 
episteme
(pengetahuan) dan
logos
(kata/pembicaraan/ilmu) adalah cabangfilsafatyang berkaitan dengan asal, sifat, dan jenis pengetahuan. Topik ini termasuk salah satu yang paling sering diperdebatkan dan dibahasdalam bidang filsafat, misalnya tentang apa itu pengetahuan, bagaimana karakteristiknya,macamnya, serta hubungannya dengan kebenaran dan keyakinan.
 Epistomologi
atau TeoriPengetahuan berhubungan dengan hakikat dari ilmu pengetahuan, pengandaian- pengandaian, dasar-dasarnya serta pertanggung jawaban atas pernyataan mengenai pengetahuan yang dimiliki oleh setiap manusia. Pengetahuan tersebut diperoleh manusiamelalui akal dan panca indera dengan berbagai metode, diantaranya; metode induktif,metode deduktif, metode positivisme, metode kontemplatis dan metode dialektis.
C. AXIOLOGI FILSAFAT PENDIDIKAN
Aksiologi berasal dari kata axios dan logos. Axios artinya nilai atau sesuatu yang berharga,logos artinya akal, teori. Axiology artinya teori nilai, penyelidikan tentang kodrat, kriteriadan status metafisik dari nilai. Problem utama aksiologi ujar Runes berkaitan dengan empatfaktor penting, yaitu;
 
1. kodrat nilai berupa problem mengenai; apakah nilai itu berasal dari keinginan(voluntarisme: Spinoza), kesenangan (Hedonisme: Epicurus, Betham, Meinong),kepentingan (Perry), preferensi (Martineau), Keinginan rasio murni (Kant), pemahamanmengenai kualitas tersier (Santayana), berbagai pengalaman yang mendorong élan vital(Nietzsche), relasi benda-benda sebagai sarana untuk mencapai tujuan atau konsekuensiyang sungguh-sungguh yang dapat dijangkau (Pragmatisme: Dewey).2. jenis-jenis nilai menyangkut perbedaan pandangan antara nilai intrinsik, ukuran untuk kebijakan nilai itu sendiri, nilai-nilai instrumental yang menjadi penyebab (baik barang- barang ekonomis atau peristiwa-peristiwa alamiah) mengenai nilai-nilai intrinsik.3. kriteria nilai artinya ukuran untuk menguji nilai yang dipengaruhi sekaligus oleh teori psikologi dan logika.4. status metafisik nilai mempersoalkan tentang bagaimana hubungan antara nilai terhadapfakta-fakta yang diselidiki melalui ilmu-ilmu kealaman, kenyataan terhadap keharusan pengalaman manusia tentang nilai pada realitas kebebasan manusia.
BAB IIPEMBAHASANA. ONTOLOGI FILSAFAT PENDIDIKAN
Ontologis; cabang ini menguak tentang objek apa yang di telaah ilmu? Bagaimana ujudyang hakiki dari objek tersebut ? bagaimana hubungan antara objek tadi dengan dayatangkap manusia (sepert berpikir, merasa dan mengindera) yang membuakan pengetahuan?. Objek telaah ontologi adalah yang ada. Studi tentang yang ada, pada dataranstudi filsafat pada umumnya di lakukan oleh filsafat metaphisika. Istilah ontologi banyak digunakan ketika kita membahas yang ada dlaam konteks filsafat ilmu. Ontologi membahastentang yang ada, yang tidak terikat oleh satu perwujudan tertentu. Ontologi membahastentang yang ada yang universal, menampilkan pemikiran semesta universal. Ontologi

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->