Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword or section
Like this
34Activity

Table Of Contents

0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kurikulum Dan Pembelajaran Yudha

Kurikulum Dan Pembelajaran Yudha

Ratings: (0)|Views: 2,225 |Likes:
Published by Carli Kasep

More info:

Published by: Carli Kasep on Jun 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/02/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPengertian, Dimensi, Fungsi, dan Peranan Kurikulum1.1.
 
Pengertian Dan Dimensi Kurikulum
Kurikulum (curriculum) berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari duakata yaitu currir (pelari) dan curere (tempat berpacu. Jadi arti kata curriculumadalah jarak yang harus ditempuh palari mulai start sampai finish untuk memperoleh penghargaan. Dalam arti pendidikan kurikulum menjadi sejumlahmata pelajaran (subject) yang harus di tempuh oleh seorang siswa dari awalsampai akhir untuk memperoleh suatu penghargaan berupa ijazah. Dari hal diatasberrti terkandung dua makna dalam kurikulum yaitu 1)adanya mata peljaran yangharus ditempuh oleh siswa 2) dan bertujuan memperoleh ijazah.Namun Pengertian diatas terbilang sempit, dibandingkan dengan pngertiankurikulum di Negara maju, maka akan ditemukan arti kurikulum yang lebih luas.Kurikulum itu tidak melulu terpaku pada mata pelajaran tapi mencakup semuapengalaman belajar (learning experiences) yang dialami siswa dan mepengaruhiperkembangan pribadinya.Berikut adalah Pengertian Kurikulum menurut beberapa ahli :
Nama Ahli Tahun Pengertian Kurikulum
John Dewey 1916
…education consist
primarily in transmissionthrough communication,
….As societies become
more complex instructure and resources,the need for formal orintentional teaching andlearning increasesHarry S. Broudy , B. 1963
… modes of teaching or 
 
2
Othanel Smith, and JoeR. Burnetnot, strictly speaking, apart of curriculum[which] consist primarilyof certain kinds of content organized intocategories of instructions.Peter F. Oliva 1982 Curriculum [is] the planof program for allexperience which thelearner encounters underthe direction of theschoolNana Syaodih S 2005 Melihat dari tiga dimensiyaitu : sebagai system,sebagai ilmu, sebagairencana
1.1.1.
 
Pengertian kurikulum dihubungkan dengan dimensi ide
Bahwa kurikulum adlah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedomandalam pengembangan kurikulum selanjutnya dan beberapa pendapat oleh para ahlidiantaraanya Henry C Marrison, 1940, Donald E.Orlosky dll.
1.1.2.
 
Pengertian kurikulum dihubungkan dengan dimensi rencana
Kurikulum sebagai seperangkat rencana dan cara mengadministrasikantujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedomanpenyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan Pendidikantertentu dan beberapa pendapat oleh para ahli diantaraanya Hilda Taba, 1962,Daniel Tanner dan Laurer Tanner.
1.1.3.
 
Pengertian kurikulum dihubungkan dengan dimensi aktifitas
 
3
Kurikulum dipandang sebagai aktifitas dari guru dan siswa dalam prosespembelajaran disekolah dan beberapa pendapat oleh para ahli diantarannya L.Thomas Hopkins, 1941, Harold Alberty, 1953
1.1.4.
 
Pengertian kurikulum dihubungkan dengan dimensi hasil
Memandang kuriklum sangat memeperhatikan hasil yang akan dicapaioleh siswa agar sesuai dengan apa yang telah direncanakan dan menjadi tujuandari kurikulum tersebut dan berikut pendapat dari beberapa ahli Unruh dan Unruh,1984 dan Hilda Taba dll.
1.2.
 
Fungsi Kurikulum
Funsi kurikulum bagi guru adalah pedoman dalam melaksanakan prosespembelajaran, bagi kepala sekolah sebagai pedoman melaksanakan supervesi,bagi orang tua sebagai pedoman utuk membimbing anaknya belajar di rumah,bagi masyarakat adlah sebagai pemberi bantuan proses pembelajaran di sekolah,bagi siswa sebagai pedoman belajar.Selain itu ada juga enam fungsi kurikulum. yaitu :
1.2.1.
 
Fungsi Penyesuaian ( the adjustive or adaptive function )
Kurikulum harus mampu mengerahkan siswa agar memiliki sifat welladjustive yaitu mampu menyesuaikan dirinya dengan lingkungan, baik lingkunganfisik atau lingkungan social.
1.2.2.
 
Funngsi Integrasi ( the integrating function
Kurikulum harus mampu menghasilkan pribadi
 – 
pribadi yang utuh.
1.2.3.
 
Fungsi Diferensiasi ( the differentiating function )
Kurikulum harus mampu memberikan pelayanan terhadap perbedaanindividu siswa.
1.2.4.
 
Fungsi Persiapan ( the propaeduetic function )

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->