Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Gender Analysis Pathway

Gender Analysis Pathway

Ratings: (0)|Views: 251 |Likes:
Published by devy_ramadhani

More info:

Categories:Types, Research
Published by: devy_ramadhani on Jun 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/19/2014

pdf

text

original

 
Hak ReproduksiAnalisis Kasus
Untuk memenuhi tugas mata kuliah Gender dan Kesehatan ReproduksiPengampu : Endri Astuti, S.SiTDISUSUN OLEH :DEVY KURNIA RAMADHANIP.174.24.411.010
PROGRAM STUDI DIV BIDAN PENDIDIKPOLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES SEMARANGTAHUN 2012
 
Jumlah Anggota DPR Perempuan Masih Minim
Kamis, 10/11/2011 - 05:48BANDUNG, (PRLM).-Jumlah anggota DPR RI dari kalangan perempuan saat ini ada 108 orang.Angka itu hanyalah 18 persen dari total anggota DPR RI yang mencapai 560 orang. Jumlah itumasih jauh dari kuota anggota legislatif perempuan yang minimal mencapai 30 persen.Meski keterwakilan perempuan di parlemen itu sudah ada, tapi belum tentu para anggotalegislatif itu memahami isu-isu tentang perempuan. "Itu yang menjadi pertanyaannya. Merekabelum tentu semuanya paham soal isu-isu perempuan ataupun paham soal politik," kata anggotaKomisi II DPR RI Nurul Arifin dalam "Diskusi Publik Pendidikan Politik Bagi Perempuan" diGedung ICMI Jabar, Jln. Cikutra, Kota Bandung, Rabu (9/11).Untuk itulah, perlu lebih banyak perempuan yang terjun ke dunia politik. Untuk masuk kepolitik, satu-satunya cara ialah bergabung dalam sebuah partai politik. "Tidak haram kok masuk parpol. Apalagi jika ingin menjadi anggota dewan, ya satu-satunya cara ialah aktif di parpol,"ujarnya.Selain dihadiri Nurul Arifin, acara tersebut juga menghadirkan sejumlah pembicara. Merekaantara lain Ny. Netty Prasetyani Heryawan, Antiq Bintari (dari Puslit Wanita Unpad), dan EvieAriadne Shinta Dewi (dari Divisi Peranan Perempuan ICMI Orwil Jabar).Sementara itu, Ny. Netty Prasetyani Heryawan yang juga sebagai narasumber mengemukakan,perempuan yang cerdas politik akan membawa demokrasi Indonesia yang berkualitas. "Jikaperempuan terdidik politik, dampaknya sangat luar biasa. Konsep demokrasi yang menganuttrias politika, akan berjalan dengan baik," katanya. (A-128/A-89)***Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/node/165103 
 
GENDER ANALYSIS PATHWAY (GAP)A.
 
ALUR KERJA ANALISIS (GAP)
GAP dibuat dengan menggunakan metodologi sederhana dengan 8 (delapan) langkahyang harus dilakukan dalam 3 (tiga) tahap, yaitu:
 
Tahap I Analisis Kebijakan Responsif Gender; tahap ini diperlukan karena secara umumkebijakan, program, proyek dan kegiatan pembangunan selama ini masih netralgender (didasarkan pada asumsi bahwa pembangunan memberikan manfaat danberdampak sama kepada perempuan dan laki-laki)
 
Tahap II Formulasi Kebijakan yang responsif Gender;
 
Tahap III Rencana Aksi yang Responsif GenderLangkah-langkah dalam Model GAP dalam Program Keluarga Berencana adalah sebagaiberikut:
 
Langkah-langkah pada tahap pertama :1.
 
Mengidentifikasi tujuan dan sasaran kebijakan/program/proyek/kegiatanpembangunan keluarga berencana yang ada dari masing-masing unit sesuai tugaspokok dan fungsi. Apakah kebijakan/program/proyek/ kegiatan pembangunan telahdirumuskan dan ditetapkan untuk mewujudkan kesetaraan gender.2.
 
Menyajikan data kuantitatif dan atau kualitatif yang terpilah menurut jeniskelamin sebagai data pembuka wawasan. Apakah data yang ada mengungkapkankesenjangan atau perbedaan yang cukup berarti antara perempuan dan laki-laki.3.
 
Menganalisis sumber dan atau faktor-faktor penyebab terjadinya kesenjangangender (gender gap); (a). akses yang sama terhadap sumber-sumber dayapembangunan sektor keluarga berencana; (b). kontrol terhadap sumber-sumber dayapembangunan keluarga berencana; (c). partisipasi perempuan dan laki-laki dalamberbagai tahapan pembangunan keluarga berencana termasuk dalam prosespengambilan keputusan; (d). manfaat yang sama dari hasil pembangunankeluarga berencana atau sumber daya pembangunan keluarga berencana yang ada.4.
 
Mengidentifikasi masalah-masalah gender (gender issues) berdasarkan keempatfaktor penyebab terjadinya kesenjangan gender dengan menjawab 5 W dan 1 H.Apa masalah-masalah gender yang diungkapkan oleh faktor-faktor kesenjangan

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Hantrini Hilmi liked this
Abon Lovynq liked this
Ain Qurrot liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->