Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Sapras

Makalah Sapras

Ratings: (0)|Views: 212|Likes:
Published by Nurhakim Coi

More info:

Published by: Nurhakim Coi on Jun 20, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/20/2012

pdf

text

original

 
A.Latar Belakang
Sekolah sebagai bentuk organisasi diartikan sebagai wadah dari kumpulan manusiayang bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu yakni tujuan pendidikan.Keberhasilan program pendidikan dalam proses belajar mengajar sangat dipengaruhioleh beberapa faktor yaitu siswa, kurikulum, tenaga kependidikan, dana, prasarana dansarana, dan faktor lingkungan lainnya. Apabila faktor tersebut terpenuhi dengan baik dan bermutu serta proses belajar bermutu pada gilirannya akan menghasilkanmeningkatkan mutu pendidikan di Negara kita ini.Salah faktor yang mendukung keberhasilan program pendidikan dalam proses pembelajaran yaitu sarana dan prasarana. Prasarana dan sarana pendidikan adalah salahsatu sumber daya yang menjadi tolok ukur mutu sekolah dan perlu peningkatan terusmenerus seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang cukupcanggih.Sarana prasarana adalah salah satu bagian input, sedangkan input merupakan salahsatu subsistem. Sarana prasarana sangat perlu dilaksanakan untuk menunjangketerampilan siswa agar siap bersaing terhadap pesatnya teknologi. Sarana prasaranamerupakan bagian penting yang perlu disiapkan secara cermat dan berkesinambungan,sehingga dapat dijamin selalu terjadi KBM yang lancar. Dalam penyelengaraan pendidikan, sarana prasaran sangat di butuhkan untuk menghasilkan KBM yang efektidan efisien.Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikanyang menyangkut standar sarana dan prasarana pendidikan secara nasional pada BabVII Pasal 42 dengan tegas disebutkan bahwa :
a.
Setiap satuan pendidikan wajib memiliki sarana yang meliputi perabot, peralatan pendidikan, media pendidikan, buku dan sumber belajar lainnya, bahan habis pakai, serta perlengkapan lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan.
b.
Setiap satuan pendidikan wajib memiliki prasarana yang meliputi lahan, ruangkelas, ruang pimpinan satuan pendidikan, ruang pendidik, ruang tata usaha,
1
 
ruang perpustakaan, ruang laboratorium, ruang bengkel kerja, ruang unit produksi, ruang kantin, instalasi daya dan jasa, tempat berolah raga, tempat beribadah, tempat bermain, tempat bekreasi, dan ruang/tempat lain yangdiperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan.Hal itu tentu pas bagi Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) yang berada di kotaTarakan. Mutu pendidikan di Indonesia akan meningkat jika pemerintahmemperhatikan fasilitas baik sarana maupun prasarana di sekolah-sekolah. Untk lebihlanjut aknn dibahas pada bagian pembahasan mengenai definisi sarana prasarana, jenissarana prasarana, yang menunjang dalam pembelajaran dan standar sarana prasarana.
B.
Hasil Observasi
Berdasarkan hasil observasi yang di dapat pada tanggal 10 Mei 2012 di SMK  Negeri 1 Tarakan yaitu SMK Negeri 1 Tarakan, Berada di Jalan P. Diponegoro Kec.Tarakan Tengah kota Tarakan.Pada pelaksanaan kegiatan observasi ini kami memperoleh data dan informasidengan menggunakan teknik pelaksanaan sebagai berikut :
1.
Observasi LangsungDalam hal ini kami melaksanakan observasi langsung pada hari Jumat pukul07.30 sampai 10.30 WIB.
2.
WawancaraDalam pelaksanaan untuk mengetahui sasrana dan prasaran di SMKN 1 ini,kami mengadakan tanya jawab kepada kepala sekolah yaitu BapaDrs.Sriyono.
2
 
Adapun hasil observasi yang di dapat mengenai sarana dan sarana yang ada disekolah ini yaitu:Kondisi Fisik Serta Sarana dan Prasarana di SMK Negeri 1 Tarakan
a.
Bangunan Sekolah SMK Negeri 1 TarakanKondisi fisik sekolah ini sangat kokoh , bangunannya bertingkat dan sudahdikategorikan sangat memadai, gedung sekolah berwarna krem dan ventilasi serta pintu berwarna merah, di sekolah ini terdapat 27 kelas yang telah berlantaikeramik, kantor guru pun telah berlantai keramik.Kebersihan lingkungan sekolah, tampak sangat terjaga. Ini tampak darikeseluruhan lingkungan dalam keadaan bersih. Semua siswa-siswi sudah dilatihuntuk membuang sampah pada tempatnya, tempat sampah sudah ada di setiapkelas juga alat kebersihan lainnya seperti sapu.
b.
Lapangan SekolahLapangan sekolah yang merupakan prasarana ini juga sudah disemenisasi.Terdapat satu tiang bendera di tengah-tengan lapangan. Lapangan ini selaludigunakan untuk upacara hari senin atau hari besar lainnya, serta lapangan ini jugadigunakan untuk berolahraga dan tempat bermain siswa saat jam istirahat.
c.
Ruang KelasRuang kelas yang merupakan prasarana di SMK Negeri 1 Tarakan ini memiliki 27ruang kelas, 7kantor guru, 1 ruang perpustakaan, 1 ruang Lab Bahasa Inggris, 6ruang praktek. Tiap ruang kelas dilengkapi dengan gambar presiden, garuda, wakil presiden juga tersedia LCD dan Laptop sebagai sarana belajar mengajar. Tiapruang kelas terdapat 32 meja, dan 32 kursi untuk siswa serta 1 meja dan 1 kursiuntuk guru.
d.
Kantor Kepala SekolahPrasarana seperti ruang kepala sekolah sudah ada secara khusus, karena sekolah initermasuk sekolah yang telah memenuhi hampir lengkap seluruh ruangnya.
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->