Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Program Keluarga Harapan

Program Keluarga Harapan

Ratings: (0)|Views: 370|Likes:
Published by fahmihas

More info:

Published by: fahmihas on Jun 20, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/20/2012

pdf

text

original

 
1
Program Keluarga Harapan (PKH)
Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program yang memberikan bantuan tunai kepadaRumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) yang memenuhi kriteria tertentu, dan sebagai syarat atauimbalannya, RTSM penerima program harus dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia(SDM) yaitu pendidikan dan kesehatan anggota keluarganya.PKH bukan pengganti atau kelanjutan dari BLT/SLT, dan bukan salah satu unit kegiatan dariPNPM
TUJUAN UTAMA
 Mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia terutama padakelompok masyarakat miskin. Tujuan tersebut sekaligus sebagai upaya mempercepat pencapaiantarget Millenium Development Goals (MDGs).
TUJUAN KHUSUS
 
 
Meningkatkan kondisi sosial ekonomi RTSM;
 
Meningkatkan taraf pendidikan anak-anak RTSM;
 
Meningkatkan status kesehatan dan gizi ibu hamil, ibu nifas, dan anak di bawah 6 tahundari RTSM;
 
Meningkatkan akses dan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan, khususnya bagiRTSM.
KETENTUAN PENERIMA BANTUAN
 Penerima bantuan PKH adalah RTSM yang memiliki anggota keluarga yang terdiri dari anak usia 0-15 tahun dan/atau ibu hamil/nifas. Bantuan tunai hanya akan diberikan kepada RTSMyang telah terpilih sebagai peserta PKH dan mengikuti ketentuan yang diatur dalam program.Bantuan harus diterima oleh ibu atau wanita dewasa yang mengurus anak pada rumah tanggayang bersangkutan (dapat nenek, tante/bibi, atau kakak perempuan). Untuk itu, pada kartukepesertaan PKH akan tercantum nama ibu/wanita yang mengurus anak, bukan kepala rumahtangga.SYARAT/KEWAJIBAN PENERIMA BANTUANCalon penerima terpilih harus menandatangani persetujuan selama mereka menerima bantuan,mereka akan :1.
 
Menyekolahkan anak 7-15 tahun serta anak usia 16-18 tahun namum belum selesaipendidikan dasar 9 tahun wajib belajar.2.
 
Membawa anak usia 0-6 tahun ke fasilitas kesehatan sesuai dengan prosedur kesehatanPKH bagi anak.3.
 
Untuk ibu hamil, harus memeriksakan kesehatan diri dan janinnya ke fasilitas kesehatansesuai dengan prosedur kesehatan PKH bagi ibu hamil.SYARAT BANTUAN KESEHATANSasaran Persyaratan (kewajiban peserta)Ibu Hamil Melakukan pemeriksaan kehamilan (antenatal care) sebanyak minimal 4 kali (K1 di trimester 1, K2 di trimester 2, K3 dan K4 ditrimester 3) selama masa kehamilan.Ibu Melahirkan Proses kelahiran bayi harus ditolong oleh tenaga kesehatan terlatih
 
2
Ibu Nifas Ibu yang telah melahirkan harus melakukan pemeriksaan ataudiperiksa kesehatannya setidaknya 2 kali sebelum bayi mencapaiusia 28 hariBayi Usia 0-11BulanAnak berusia di bawah 1 tahun harus diimunisasi lengkap danditimbang secara rutin setiap bulan.Bayi Usia 6-11BulanMendapat suplemen tablet vitamin AAnak Usia 1-5TahunDimonitor tumbuh kembang dengan melakukan penimbangansecara rutin setiap 1 bulan;Mendapatkan vitamin A sebanyak 2 kali setahun pada bulanFebruari dan AgustusAnak Usia 5-6TahunMelakukan penimbangan secara rutin setiap 3 bulan sekalidan/atau mengikuti program pendidikan anak usia dini.Fasilitas kesehatan yang disediakan adalah:
 
Puskesmas, Pustu, Polindes, Poskesdes, Pusling, Posyandu.
 
Dokter, Bidan, Petugas Gizi, Jurim, Kader, Perawat
 
Bidan kit, posyandu kit, antropometri kit, imunisasi kit
 
Tablet Fe, Vitamin A, Obat-obatan dan bahan-bahan pelayanan kesehatan ibu & bayibaru lahir.
 
Vaksin BCG, DPT, Polio, Campak, Hepatitis B, TT ibu hamil
 
Buku register (Kartu Menuju Sehat)SYARAT BANTUAN PENDIDIKANAnak penerima PKH Pendidikan yang berusia 7-18 tahun dan belum menyelesaikan programpendidikan dasar 9 tahun harus mendaftarkan diri di sekolah formal atau non formal serta hadirsekurang-kurangnya 85% tatap muka.BESAR BANTUANBesaran bantuan tunai untuk peserta PKH bervariasi tergantung jumlah anggota keluarga yangdiperhitungkan dalam penerimaan bantuan, baik komponen kesehatan maupun pendidikan.Besaran bantuan ini di kemudian hari bisa berubah sesuai dengan kondisi keluarga saat itu ataubila peserta tidak dapat memenuhi syarat yang ditentukan.Skenario Bantuan Bantuan per RTSM per tahunBantuan tetap 200.000Bantuan bagi RTSM yangmemiliki:Anak usia di bawah 6 tahun dan/ atau ibu hamil/menyusui800.000Anak usia SD/MI 400.000Anak usia SMP/MTs 800.000Rata-rata bantuan per RTSM 1.390.000Bantuan minimum per RTSM 600.000Bantuan maksimum per RTSM 2.200.000Catatan:
 
Bantuan terkait kesehatan berlaku bagi RTSM dengan anak di bawah 6 tahun dan/atauibu hamil/nifas. Besar bantuan ini tidak dihitung berdasarkan jumlah anak.
 
Besar bantuan adalah 16% rata-rata pendapatan RTSM per tahun.
 
3
 
Batas minimum dan maksimum adalah antara 15-25% pendapatan rata-rata RTSM pertahun.SANKSI:Calon Peserta PKH yang telah ditetapkan menjadi peserta PKH dan menandatangani komitmen, jika suatu saat melanggar atau tidak memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan, baik syaratkesehatan maupun syarat pendidikan, maka bantuannya akan dikurangi, dan jika terus menerustidak memenuhi komitmennya, maka peserta tersebut akan dikeluarkan dari program.PERAN PEMBERI PELAYANAN KESEHATAN (PPK)PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH)Program keluarga harapan bidang kesehatan mensyaratkan peserta PKH (yaitu ibu hamil, ibunifas dan anak usia < 6 tahun) melakukan kunjungan rutin ke berbagai sarana kesehatan. Olehkarena itu, program ini secara langsung akan mendukung pencapaian target program kesehatan.Di samping itu, PKH juga merupakan bagian yang tidak terlepaskan dengan program JaminanPemeliharaan Kesehatan Bagi Masyarakat Miskin (JPKMM).Setiap anggota keluarga peserta PKH dapat mengunjungi dan memanfaatkan berbagai fasilitaskesehatan.1. PUSKESMASPuskesmas diharapkan mampu memberi seluruh paket layanan kesehatan yang menjadipersyaratan bagi peserta PKH Kesehatan termasuk memberikan pelayanan obstetri danneonatal emergensi dasar (khususnya puskesmas PONED).2. PUSKESMAS PEMBANTU DAN PUSKESMAS KELILINGPuskesmas pembantu dan Puskesmas keliling, yang merupakan satelit Puskesmas (dan jikadilengkapi dengan tenaga bidan), sangat diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatanbagi ibu hamil dan bayi baru lahir.3. POLINDES DAN POSKESDESPondok bersalin desa (dikenal dengan sebutan Polindes) biasanya dilengkapi dengan tenagabidan desa. Polindes diharapkan mampu memberikan pelayanan kesehatan dasar bagi ibuselama kehamilan, pertolongan persalinan, dan bagi bayi baru lahir; maupun pertolonganpertama pada kasus-kasus gawat darurat.4. POSYANDUPosyandu yang dikelola oleh para kader kesehatan dengan bantuan dan supervisi dariPuskesmas, Pustu, serta Bidan desa diharapkan dapat memberikan pelayanan antenatal,penimbangan bayi, serta penhyuluhan kesehatan.5. BIDAN PRAKTEKDi samping memberikan pelayanan kesehatan di polindes, bidan desa yang melakukanpraktek di rumah dapat dimanfaatkan oleh peserta PKH khususnya dalam pemeriksaan ibuhamil, memberikan pertolongan persalinan, maupun memberikan pertolongan pertama padakasus-kasus kegawatdaruratan.HAK DAN KEWAJIBAN PEMBERI PELAYANAN KESEHATAN1. Hak Pemberi Pelayanan Kesehatan (PPK)

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->