Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
9Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tata Cara Karya Tulis Ilmiah

Tata Cara Karya Tulis Ilmiah

Ratings: (0)|Views: 1,951|Likes:
Published by Yoga Slo

More info:

Published by: Yoga Slo on Jun 20, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

03/20/2013

pdf

text

original

 
TATA CARA KARYA TULIS ILMIAH
A.
 
Bahan dan Jumlah HalamanBahan untuk menulis karya ilimiah berupa kertas HVS berukuran kuarto ( 21,5cm x 28 cm). Pengetikan dengan komputer dilakukan dengan huruf times new romanatau arial 12 point, kecuali untuk pengetikan judul dapat 14 atau 16 point. Jumlahhalaman makalah berkisar 15-25 halaman, skripsi berkisar 30-60 halaman, tesis berksiarantara 150-200 halaman, dan di sertai disertasi sekitar 300 halaman atau lebih.1. Pola ukuran kertasAgar halaman karya ilmiah terihat rapi, sabeiknya di pergunakan kertas sesuaiukuran. Garis pembatas kertas bersifat standar denga ukuran margin atas 4 cm, marginbawah 3 cm, margin kiri 4 cm, dan margin kanan 3 cm.2. PenomoranAngka yang lazim digunakan dalam karya ilmiah adalah angka Romawi kecil,angka Romawi besar, dan angka ArabSistem penomoran pada karya ilmiah mengikuti standar berikuta.
 
Tingkat pertama menggunakan angka Romawi besarb.
 
Tingkat kedua menggunakan huruf Latin besar, misal A, B, C, D.c.
 
Tingkat ketiga menggunakan angka Arab, misal 1, 2, 3d.
 
Tingkat keempat menggunakan huruf Katin kecil, misal a, b, c, d.e.
 
Tingkat kelima menggunakan angka Arab dengan satu kurung tutup, misal 1), 2),3).f.
 
Tingkat keenam menggunakan huruf Latin kecil dengan satu kurung tutup, misala), b), c).g.
 
Tingkat ketujuh menggunakan angka Arab dengan dua kurung,misal (1), (2), (3).
 
h.
 
Tingkat kedelapan menggunakan huruf Latin kecil dengan dua kurung, misal (a),(b), (c).B.
 
Penulisan Judul Bab, Subbab, dan Anak Subbab (SubSubbab)1.
 
Judul BabJudul bab diketik dengan huruf kapital seluruhnya dan diletakkan pada tengahhalaman kertas dengan huruf Times New Roman atau Arial yang telah ditebalkan.Misal:
BAB 1
 
PENDAHULUAN
 2. Judul SubbabPada judul subbab, huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf kapital (kecualikata depan atau kata sambung) dan diletakkan di tengah halaman. Misal :
A. Latar Belakang Masalah
3.
 
Judul SubsubbabHuruf pertama setaip kata ditulis dengan huruf kapital dan di tulis di sebelah kirihalaman. Misal :
1.Pengertian Ejaan
Sistem penomoran pada karya ilmiah mengikuti standar berikut :a. tingkat pertama menggunakan angka Romawi besar.b. tingkat kedua menggunakan huruf Latin besar, misal A, B, C, D.c. tingkat ketiga menggunakan angka Arab, misal 1, 2, 3.d. tingkat keempat menggunakan huruf Latin kecil, misal a, b, c, d.e. tingkat kelima menggunakan angka Arab dengan satu kurung tutup, misal 1), 2), 3).
 
f. tingkat keenam menggunakan huruf Latin kecil dengan satu tutup kurung, misal a),b), c).g. tingkat ketujuh menggunakan angka Arab dengan dua kurung, misal (1), (2), (3).h. tingkat kedelapan menggunakan huruf Latin kecil dengan dua kurung, misal (a),(b), (c).C. Teknik Penulisan KutipanTingkatan mengutip dalam penulisan karya ilmiah dibenarkan. Tindakan ini untuk memberikan kejelasan tentang topik yang sedang dikerjakan.Pengutipan adalah proses peminjaman kalimat atau pendapat seorang pengarangatau ucapan seseorang yang ahli dalam bidang yang sedang ditulis. Tujuan pengutipanantara lain untuk: memperkuat pendapat penulis, membandingkan dengan pendapatpenulis, membedakan dengan pendapat penulis, dan menyanggah pendapat seseorang.1.
 
Jenis Kutipan
Jenis kutipan ada dua , yaitu kutipan langsung dan kutipan tidak langsung .Kutipan langsung, yaitu penulis menulis apa adanya teks yang dikutip. Penulis tidak mengubah kata kata atau ejaan yang digunakan dalam teks yang dikutip. Sedangkankutipan tidak langsung adalah penulis menuliskan intisari dari pendapat yang ada disumber kutipan.2
. Cara Pengutipan
a.
Kutipan Langsung
Tata cara penulisan kutipan langsung dari empat baris:a. diintergrasikan ( disatukan) dengan teks penulis;b. jarak antar baris spasi ganda (dua spasi);
c. kutipan diapit dengan tanda kutip “…”;
dan.

Activity (9)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Shem Other liked this
Chefot Trompet liked this
Putri Mulyawati liked this
Riezky TheKupper liked this
Yaya Supriyatna liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->