Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
TUGAS 1

TUGAS 1

Ratings: (0)|Views: 7 |Likes:
Published by Handi Agus Hidayat

More info:

Published by: Handi Agus Hidayat on Jun 20, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/20/2012

pdf

text

original

 
TUGAS
 
 Disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Media Pembelajaran
Dosen : Dra. Tuti Suartini, M. Pd.oleh:Handi Agus H0908810
JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTROFAKULTAS PENDIDIKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUANUNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA2011
 
1.
 
Sebutkan apa yang Anda ketahui tentang hakikat belajar
Belajar merupakan salah satu factor yang mempengaruhi dan berperanpenting dalam pembentukan pribadi dan perilaku individu. Belajar secara umumdapat diartikan sebagai perubahan, contohnya dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak mampu menjadi mampu, dari tidak mau menjadi mau, dan lain sebagainya. Namundemikian tidak semua perubahan pasti merupakan peristiwa belajar. Hal ini sesuaidengan dasar tujuan pendidikan yaitu mengantarkan para peserta didik menujuperubahan-perubahan tingkah laku. Baik intelektual, moral maupun social agar dapathidup mandiri sebagai individu.Sedangkan yang dimaksud perubahan dalam belajar adalah perubahan yangrelatif, konstan, dan berbekas. Relatif artinya ada kalanya suatu hasil belajarditiadakan atau dihapus dan digantii dengan yang baru, dan ada kemungkinan suatusaat hasil belajar terlupakan. Hal ini tergantung dari kebutuhan belajar saat itu,karena belajar terjadi dalam interaksi dengan lingkungan. Dengan demikian relatif tersebut dalam arti tergantung dari perubahan lingkungan. Konstan dan berbekasmaksudnya bahwa perubahan dalam belajar harus menjadi milik pribadi, artinyaperubahan itu akan bertahan lama, sehingga bila digunakan akan segera dapatdireproduksi.
2.
 
Jelaskan minimal dua faktor internal yang mempengaruhi proses
 
pembelajaran
Faktor internal adalah faktor-faktor yang berasal dari dalam diri individu dandapat memengaruhi hasil belajar individu. Faktor-faktor internal ini meliputi faktorfisiologis dan psikologis.a.
 
Faktor FisiologisFaktor-faktor fisiologis adalah faktor-faktor yang berhubungan dengan kondisi fisik individu yang meliputi kondisi jasmani. Keadaan jasmani yang perlu diperhatikan,
 
pertama kondisi fisik yang normal atau tidak memiliki cacat sejak dalam kandungansampai sesudah lahir. Kondisi fisik normal ini terutama harus meliputi keadaan otak,panca indera, anggota tubuh. Kedua, kondisi kesehatan / fungsi fisik. Kondisi fisik yang sehat dan segar sangat mempengaruhi keberhasilan belajar. Di dalam menjagakesehatan fisik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain makan danminum yang teratur, olahraga serta cukup tidur.Contohnya, apabila seseorang kurang beristirahat atau tidur. Maka dia akan merasacepat mengantuk dan rasa capek. Kondisi fisik kurang sehat ini akan mengakibatkanbeberapa pancaindra kurang berfungsi dengan baik, sehingga menghambat prosespembelajaran.b.
 
Faktor PsikologisFaktor-faktor psikologis adalah keadaan psikologis seseorang yang dapatmemengaruhi proses belajar. Beberapa faktor psikologis yang utama memengaruhiproses belajar adalah kecerdasan siswa, motivasi, minat, sikap, dan bakat. Faktorpsikologis ini meliputi hal-hal berikut. Pertama, intelegensi atau tingkat kecerdasandasar seseorang memang berpengaruh besar terhadap keberhasilan belajar seseorang.Kedua, motivasi yang dapat dikatakan sebagai faktor utama penentu keberhasilanbelajar seseorang. Ketiga, bakat yang bukan penentu mampu atau tidaknya seseorangdalam suatu bidang, melainkan lebih banyak menentukan tinggi rendahnyakemampuan seseorang dalam suatu bidang.Contoh, apabila seseorang mempunyai intelegensi yang di bawah rata-rata. Maka diaakan mengalami sedikit kesusahan dalam mencerna atau memahami materipembelajaran yang diberikan pendidik.
3.
 
Jelaskan faktor eksternal yang mempengaruhi proses
 
pembelajaran
 Faktor eksternal adalah faktor-faktor yang berasal dari luar diri seorangindividu dan dapat memengaruhi hasil belajar individu.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->