Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
12Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Pkn

Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Pkn

Ratings: (0)|Views: 872 |Likes:
Published by YuNita TriEad Bfg

More info:

Published by: YuNita TriEad Bfg on Jun 20, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/13/2012

pdf

text

original

 
MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN PKN
Media Pembelajaran
Istilah media berasal dari bahasa latin yang merupakan bentuk jamak dari medium.Secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Pengertian umumnya adalah segalasesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber informasi kepada penerimainformasi.Media menurut AECT adalah segala sesuatu yang digunakan orang untumenyalurkan pesan. Sedangkan gagne mengartikan media sebagai jenis komponendalam lingkungan siswa yang dapat merangsang mereka untuk belajar. Briggsmengartikan media sebagai alat untuk memberikan perangsang bagi siswa agar terjadi proses belajar. Istilah pembelajaran lebih menggambarkan usaha guru untuk membuat belajar para siswanya. Kegiatan pembelajaran tidak akan berarti jika tidak menghasilkan kegiatan belajar pada para siswanya. Kegiatan belajar hanya akan berhasil jika si belajar secara aktif mengalami sendiri proses belajar. Seorang guru tidak dapat mewakili belajar siswanya. Seorang siswa belum dapat dikatakan telah belajar hanya karena ia sedang berada dalam satu ruangan dengan guru yang sedang mengajar.Pekerjaan mengajar tidak selalu harus diartikan sebagai kegiatan menyajikanmateri pelajaran. Meskipun penyajian materi pelajaran memang merupakan bagian darikegiatan pembelajaran, tetapi bukanlah satu-satunya. Masih banyak cara lain yangdapat dilakukan guru untuk membuat siswa belajar. Peran yang seharusnya dilakukanguru adalah mengusahakan agar setiap siswa dapat berinteraksi secara aktif dengan berbagai sumber balajar yang ada.Beberapa pengertian media :BRIGGS : Media = segala alat fisik yang dapat menyampaikan pesan serta merangsangsiswa untuk belajar.AECT : Media = segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan / informasi.
 
GAGNE : Media = berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yangmerangsangnya untuk belajar Media Pembelajaran segala sesuatu, baik fisik (hardware) maupun nonfisi(software), yang digunakan oleh guru untuk membantu meningkatkan penerimaan/ pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran.Media pembelajaran adalah media yang digunakan dalam pembelajaran, yaitumeliputi alat bantu guru dalam mengajar serta sarana pembawa pesan dari sumber  belajar ke penerima pesan belajar (siswa). Sebagai penyaji dan penyalur pesan, media belajar dalam hal-hal tertentu bisa mewakili guru menyajiakan informasi belajar kepadasiswa. Jika program media itu didesain dan dikembangkan secara baik, maka fungsi ituakan dapat diperankan oleh media meskipun tanpa keberadaan guru.Peranan media yang semakin meningkat sering menimbulkan kekhawatiran pada guru. Namun sebenarnya hal itu tidak perlu terjadi, masih banyak tugas guru yanglain seperti: memberikan perhatian dan bimbingan secara individual kepada siswa yangselama ini kurang mendapat perhatian. Kondisi ini akan teus terjadi selama gurumenganggap dirinya merupakan sumber belajar satu-satunya bagi siswa. Jika gurumemanfaatkan berbagai media pembelajaran secara baik, guru dapat berbagi perandengan media. Peran guru akan lebih mengarah sebagai manajer pembelajaran dan bertanggung jawab menciptakan kondisi sedemikian rupa agar siswa dapat belajar.Untuk itu guru lebih berfubgsi sebagai penasehat, pembimbing, motivator danfasilitator dalam Kegiatan Belajar mengajar.Untuk menyampaikan pesan pembelajaran dari guru kepada siswa, biasanyaguru menggunakan alat bantu mengajar (teaching aids) berupa gambar, model, ataualat-alat lain yang dapat memberikan pengalaman konkrit, motivasi belajar, sertamempertinggi daya serap atau yang kita kenal sebagai alat bantu visual. Dengan berkembangnya teknologi pada pertengahan abad ke 20 guru juga menggunakan alat bantu audio visual dalam prose pembelajarannya. Hal ini dilakukan untuk menghindariverbalisme yang mungkin terjadi jika hanya menggunakan alat bantu visual saja.Penggunaan media dalam pembelajaran dapat membantu anak dalam memberikan pengalaman yang bermakna bagi siswa.
 
Penggunaan media dalam pembelajaran dapat mempermudah siswa dalammemahami sesuatu yang abstrak menjadi lebih konkrit. Hal ini sesuai dengan pendapatJerome S Bruner bahwa siswa belajar melalui tiga tahapan yaitu enaktif, ikonik, dansimbolik. Tahap enaktif yaitu tahap dimana siswa belajar dengan memanipulasi benda- benda konkrit. Tahap ikonik yaitu suatu tahap dimana siswa belajar denganmenggunakan gambar atau videotapes. Sementara tahap simbolik yaitu tahap dimanasiswa belajar dengan menggunakan simbol-simbol. Prinsip tahapan pembelajaran dariJerome S Bruner ini dapat kita terapkan dalam “Kerucut Pengalaman” atau “cone of experience” yang dikemukan Edgar Dale pada tahun 1946, seperti yang dapat kita lihat pada gambar berikut ini:
Karakteristik 
 
Media Pembelajaran
Secara umum ‘media’ (bentuk jamak dari ‘medium’) adalah “segala sesuatuyang membantu sampainya pesan dari pengirim kepada penerima” segala sesuatu fisik atau nonfisik, sudah ada (existing) atau buatan (artifak) membantu. Media bukantujuan, hanya alat, salah memilih media dapat menyimpangkan pesan (distorsi / bias);terpaku pada media dapat mengaburkan pesan. Pesan segala sesuatu (pengetahuan,sikap, keterampilan) yang harus diterima / dimiliki oleh audiens (penerima pesan).Pengirim Seseorang / sekelompok orang yang menerima amanah/ mandat/perintah

Activity (12)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Iis Andriyani liked this
Segerr Oee liked this
Ermina Ekasari liked this
Amelia Zurriyati liked this
Ahmad Marzuki liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->