Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
13Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Beton Konvensional

Beton Konvensional

Ratings: (0)|Views: 621 |Likes:

More info:

Published by: Alex Luqman Setio Wibowo on Jun 20, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/26/2013

pdf

text

original

 
 
DewiRimayani, STBETON KONVENSIONAL
BETONKONVENSIONAL
 
Beton, yang bahannya sederhana yakni terdiri darisemen, air, split dan pasir mudah membuatnya. Yang sulitadalah membuat beton dengan kualitas yang sama dalam jumlah banyak. Tugas resume mengenai BetonKonvensional ini memberikan dasar pengetahuan tentangbeton sehingga pembuatan beton yang berkualitas dapatdilakukan dengan pendekatan pengetahuan, pengalamandan pengewasan yang ketat.
Tugas Mata KuliahTeknologi BahanMagister Teknik SipilUnissula Semarang
 
2 |
Page
 
BETON
Beton adalah salah satu bahan konstruksi yang paling banyak digunakan di dunia. Beton seringdigunakan sebagai struktur, dan dapat digunakan untuk hal yang lainnya. Dalam struktur betondapat digunakan sebagai bahan balok, kolom, pondasi atau pelat. Dalam hal bangunan air betondapat digunakan untuk membuat saluran, drainase, bendung atau bendungan. Dalam bidang jalanraya dan jembatan, beton dapat digunakan untuk membuat jembatan, gorong-gorong dan lain-lain.Untuk lebih mengenal karakteristik beton, diperlukan pemahaman tentang beton. Hal ini bergunaagar dalam pengerjaannya beton dapat digunakan sesuai dengan ketentuan dan efektifnya suatubeton dari awal proses hingga akhirnya.Membuat beton memang mudah, namun membuat beton dengan kualitas yang sama dalam jumlahbanyak memerlukan pengetahuan sains, pengalaman dan pengawasan yang ketat. Untuk itu, dalammata kuliah Teknologi Bahan diberikan tugas untuk memberi resume tentang dasar teknologi beton.Materi yang dibahas dalam resume ini mencakup tentang bahan penyusun beton, prosespembetonan, syarat-syarat, pengaruh terhadap beberapa faktor dan proses akhir dalampembetonan.
1.
 
Pengenalan
Beton adalah material komposit yang tersusun dari agregat kasar, agregat halus, semen dan airsebagai pengikat. Gambar dibawah ini menunjukkan potongan beton yang telah mengeras.Perhatikan agregat kasar dan matriks yang mengililinginya. Matriks tersebut terdiri dari pasir, semendan lubang-lubang kecil.
Gambar 1
Potongan beton yang telah mengerasGambar 2 berikut menunjukkan beton dan komposisi penyusunnya. Campuran semen dan air sajadisebut pasta. Pasta yang ditambah pasir disebut mortar. Mortar yang ditambahkan dengan splitdisebut campuran beton. Untuk kebutuhan tertentu, dalam pembuatan beton ditambahkan denganbahan admixture
 
3 |
Page
 Gambar 2
Diagram Penyusun Beton KonvensionalKeuntungan dan kekurangan beton adalah :
2.
 
Bahan Penyusun Beton
Seperti telah disinggung diatas, beton dibuat dengan mencampurkan:1.
 
Air2.
 
Semen3.
 
Agregat halus (pasir)4.
 
Agregat kasar5.
 
Bahan campuran tambahan jika diperlukanBahan-bahan dasar beton dengan proporsi tertentu yang dihasilkan dari perencanaan campurandicampur dengan mengikuti prosedur pencampuran yang dijabarkan di buku peraturan beton.Proporsi campuran beton biasanya dibuat dengan mempertimbangkan hal-hal berikut:1.
 
Kemudahan dalam pelaksanaan seperti transportasi, pengecoran dan pemadatan2.
 
Waktu yang diperlukan sebelum beton mengeras (setting time)3.
 
Kekuatan dan ketahanan dari betonPerbedaan komposisi dari setiap bahan dasar beton akan memperngaruhi properti-properti betonyang dihasilkan, seperti:1.
 
kemudahan pengerjaan2.
 
kesatuanSemenAirSemenMortarBetonFine Agregat (Pasir)Coarse Agregat (Split)Admixture (bila perlu)Agregat(split dan pasir)SemenAir

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->