Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Psikologi Perilaku Seksual Rah Madya - 02 Anatomi Alat Reproduksi

Psikologi Perilaku Seksual Rah Madya - 02 Anatomi Alat Reproduksi

Ratings: (0)|Views: 74|Likes:

More info:

Published by: Muhammad Dwiki Ahsana Ramadhan on Jun 20, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/16/2013

pdf

text

original

 
Mata Kuliah: Psikologi SeksualKuliah ke: 2Materi: Anatomi Alat ReproduksiDosen: Rah Madya Handaya,M.Psi
Anatomi Alat ReproduksiTanda Seksual Sekunder 
Pada balita dan anak-anak, secara fisik belum dapat dibedakan antara laki-laki danperempuan kecuali dengan melihat alat kelamin (tanda seksual primer)
Setelah puber, tumbuh tanda seksual sekunder:1.Suara: laki-laki bersuara berat, wanita bersuara lembut
2.
Tinggi badan dan otot: laki-laki rata-rata lebih tinggi dan berotot daripada perempuan3.Bangun tubuh: laki-laki tegap, perempuan cenderung montok4.Payudara: pada perempuan membesar, pada laki-laki tidak5.Bulu- bulu pada tubuh: bulu ketiak dan bulu pubik tumbuh pada laki-laki dan perempuan.Pada laki-laki tumbuh kumis, jenggot dan kadang bulu dada, perempuan tidak6.Penis (laki-laki) dan vagina (perempuan) tumbuh membesar 7.Kelenjar testis (laki-laki) dan indung telur (perempuan) mulai berfungsi: laki-laki ejakulasi(remaja: mimpi basah), perempuan menstruasi
Payudara
Payudara (mammae, susu) adalah kelenjar yang terletak di bawah kulit, di atas ototdada. Fungsi dari payudara adalah memproduksi susu untuk nutrisi bayi. Perempuanmempunyai sepasang kelenjar payudara, yang beratnya kurang lebih 200 gram, saat hamil 600gram dan saat menyusui 800 gram.Pada payudara terdapat tiga bagian utama, yaitu :1.Korpus (badan), yaitu bagian yang membesar.2.Areola, yaitu bagian yang kehitaman di tengah.3.Papilla atau puting, yaitu bagian yang menonjol di puncak payudara.
 
PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Rah Madya Handaya M.PsiPSIKOLOGI PERILAKU SEKSUAL
1
 
Korpus Alveolus, yaitu unit terkecil yang memproduksi susu. Bagian dari alveolus adalah sel Aciner, jaringan lemak, sel plasma, sel otot polos dan pembuluh darah.Lobulus, yaitu kumpulan dari alveolus.Lobus, yaitu beberapa lobulus yang berkumpul menjadi 15-20 lobus pada tiap payudara. ASI dsalurkan dari alveolus ke dalam saluran kecil (duktulus), kemudian beberapa duktulusbergabung membentuk saluran yang lebih besar (duktus laktiferus). AreolaSinus laktiferus, yaitu saluran di bawah areola yang besar melebar, akhirnya memusatke dalam puting dan bermuara ke luar. Di dalam dinding alveolus maupun saluran-saluranterdapat otot polos yang bila berkontraksi dapat memompa ASI keluar.PapillaBentuk puting ada empat, yaitu bentuk yang normal, pendek/ datar, panjang danterbenam (inverted).
 
PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Rah Madya Handaya M.PsiPSIKOLOGI PERILAKU SEKSUAL
2
 
 
PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Rah Madya Handaya M.PsiPSIKOLOGI PERILAKU SEKSUAL
3

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->