Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
389Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengantar Ilmu Administrasi Negara

Pengantar Ilmu Administrasi Negara

Ratings:

4.69

(58)
|Views: 97,800 |Likes:
Published by Nomaini

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Nomaini on Jan 06, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC or read online from Scribd
See more
See less

12/20/2013

 
Pengantar Ilmu Administrasi Negara
Pengertian Administrasi
Administrasi adalah sebuah istilah yang bersifat generik, yang mencakup semua bidang kehidupan. Karena itu, banyak sekali definisi mengenai administrasi. Sekalipundemikian, ada tiga unsur pokok dari administrasi. Tiga unsur ini pula yang merupakan pembeda apakah sesuatu kegiatan merupakan kegiatan administrasi atau tidak. Daridefinisi administrasi yang ada, kita dapat mengelompokkan administrasi dalam pengertian proses, tata usaha dan pemerintahan atau adminsitrasi negara. Sebagai ilmu,administrasi mempunyai berbagai cabang, yang salah satu di antaranya adalahadministrasi negara.Administrasi negara juga mempunyai banyak sekali definisi, yang secara umumdapat dibagi dalam dua kategori. Pertama, definisi yang melihat administrasi negarahanya dalam lingkungan lembaga eksekutif saja. Dan kedua, definisi yang melihatcakupan administrasi negara meliputi semua cabang pemerintahan dan hal-hal yang berkaitan dengan publik.Terdapat hubungan interaktif antara administrasi negara dengan lingkungansosialnya. Di antara berbagai unsur lingkungan sosial, unsur budaya merupakan unsur yang paling banyak mempengaruhi penampilan (performance) administrasi negara.
Sejarah Pertumbuhan Administrasi Negara
Dari uraian di atas dapat disimpulkan, bahwa terdapat tali sejarah yang merakit perkembangan administrasi negara. Apa yang dicapai dan diberikan oleh administrasinegara sekarang, tidak lepas dari upaya-upaya yang tidak kenal lelah yang telahdilakukan oleh para peletak dasar dan pembentuk administrasi yang dahulu. Administrasimodern penuh dengan usaha untuk lebih menekan jabatan publik agar mempersembahkansegala kegiatannya untuk mewujudkan kemak-muran dan melayani kepentingan umum.Karena itu, administrasi negara tidak dipandang sebagai administrasi “of the public”,tetapi sebaliknya adalah administrasi “for the public”.
 
Ide ini sebenarnya bukanlah baru. Orientasi semacam ini telah dicanangkandengan jelas dalam ajaran Confusius dan dalam “Pidato Pemakaman” Pericles, bahkandalam kehidupan bangsa Mesir kuno. Bukti - bukti sejarah dengan jelas membuktikanupaya-upaya yang sistematis, yang dikobarkan oleh tokoh-tokoh seperti Cicero danCasiodorus. Selama abad ke-16 - 18 tonggak kemapanan admi-nistrasi negara Jerman danAustria telah dipancangkan oleh kaum Kameralis yang memandang administrasi sebagaiteknologi. Administrasi negara juga memperoleh perhatian penting di Amerika, terutamasetelah negara ini merdeka.Apa yang dikemukakan oleh Cicero dalam De Officiis misalnya, dapatditemukan dalam kode etik publik dari kerajaan-kerajaan lama. Hal yang umum munculdi antara mereka adalah adanya harapan agar administrasi negara melakukan kegiatandemi kepentingan umum dan selalu mengembangkan kemakmuran rakyat. Dengan katalain, administrasi negara tidak seharusnya mengeruk kantong kantornya (korupsi) demikepentingan dirinya sendiri.
Pendekatan Administrasi Negara Modern
Perkembangan evolusioner administrasi negara diuraikan melalui pendekatantradisional, pendekatan perilaku, pendekatan pembuatan keputusan (desisional) dan pendekatan ekologis. Secara khusus, pendekatan tradisional mengungkapkan tentang pengaruh ilmu politik, sebagai induk administrasi negara, pendekatan rasional dalamadministrasi dan pengaruh Gerakan Manajemen Ilmiah terhadap perkembanganadministrasi negara.Di antara empat pendekatan yang diajukan, tidak ada satu pun pendekatan yanglebih unggul daripada pendekatan-pendekatan yang lain, karena setiap pendekatan berjaya pada sesuatu masa, di samping kesadaran bahwa setiap pendekatan mempunyaikelebihan dan kekurangan.Karena administrasi mengandung berbagai macam disiplin, sehingga cara pendekatan dan metodologi dalam administrasi juga beraneka ragam, maka administrasinegara merupakan bidang kajian yang dinamis. Selanjutnya sukar untuk secara khusus
 
menerapkan satu-satunya pendekatan terbaik terhadap aspek administrasi tertentu.Kiranya lebih bermanfaat untuk mempergunakan keempat cara pendekatan tersebutsesuai dengan aksentuasi dari sesuatu gejala yang diamati.Pengaruh politik terhadap administrasi negara selalu besar, tidak peduli kapan pun masanya. Hal ini disebabkan oleh adanya gejala di semua negara yang menunjukkan bahwa setiap pemerintah disusun di atas tiga cabang pemerintahan (legislatif, eksekutif,dan yudikatif). Hubungan terus menerus administrasi dengan politik mencerminkankeberlanjutan hubungan antara lembaga eksekutif dengan lembaga legislatif,sebagaimana dicerminkan dalam dua tahap pemerintahan, yakni tahap politik dan tahapadministrasi. Jika tahap pertama merupakan tahap perumusan kebijakan, maka tahapkedua merupakan tahap implementasi kebijakan yang telah ditetapkan dalam tahap pertama.
PENTINGNYA STUDI ADMINISTRASI NEGARAKekhususan Administrasi Negara
Administrasi negara mempunyai banyak definisi yang berbeda satu sama lain, sesuaidengan cakupan dan pusat perhatian. Sekalipun demikian, jika administrasi negaradibandingkan dengan organisasi sosial yang lain, maka segera terungkap bahwaadministrasi negara mempunyai hal-hal yang bersifat khusus yang tidak dimiliki olehorganisasi-organisasi lainnya. Caiden (1982) menunjukkan tujuh kekhususan administrasinegara, yaitu1.Kehadiran administrasi negara tidak bisa dihindari.2.Administrasi negara mengharapkan kepatuhan.3.Administrasi negara mempunyai prioritas.4.Administrasi negara mempunyai kekecualian.5.Manajemen puncak administrasi negara adalah politik.6.Penampilan administrasi negara sulit diukur.7.Lebih banyak harapan yang diletakkan pada administrasi negara.

Activity (389)

You've already reviewed this. Edit your review.
tubagusfirdo liked this
1 hundred thousand reads
Mohammad Syukron liked this
Tasya Ajayu liked this
Zull Karnain added this note
Terima kasih atas info nya sangat bermanfaat sekali bagi saya untuk menambah wawasan tentang Imu Administrasi Negara....... hidup IAN !!!!
LeoAlberto liked this
Aris Sankzay added this note
terimakasih bnyak y untuk infonya... saya selaku dari mahasiswa baru jurusan administrasi Negara (di ACEH) mau tnyak ni. APA SIH HAL YG UTAMA YG HRUS KITA PAHAMI AGAR KITA MENJADI ADMINISTRASI NEGARA YG CEPAT MENGERTI & HANDAL.?
Herman Lantang liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->