Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Analisi Pasar

Analisi Pasar

Ratings: (0)|Views: 81 |Likes:
Published by Farri Salsabilla

More info:

Published by: Farri Salsabilla on Jun 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/21/2012

pdf

text

original

 
ANALISI PASAR1.
 
Latar BelakangManusia dalam hidupnya memiliki berbagai jenis kebutuhan. Salah satu darikebutuhan tersebut adalah kebutuhan pokok dan kebutuhan sekunder. KebutuhanPokok merupakan kebutuhan yang harus terpenuhi agar manusia dapat bertahan hidup.Kebutuhan yang termasuk kebutuhan pokok antara lain adalah kebutuhan manusiaakan papan atau tempat tinggal, sandang, serta pangan.Salah satu kebutuhan pokok yang harus terpenuhi adalah kebutuhan akanpangan atau makanan. Mengingat akan pentingnya makanan bagi manusia, makabisnis/usaha dalam bidang penyedia makanan merupakan suatu peluang usaha yangberprospek tinggi dan menjanjikan. Makanan merupakan kebutuhan setiap orang dandibutuhkan kapan saja.Selain dikarenakan makannan merupakan kebutuhan setiap orang, lingkungansekitar juga mendukung adanya usaha dalam bidang rumah makan. Lingkungansekitar yang merupakan lingkungan universitas yang dipadati dengan mahasiswa yangrata-rata merupakan anak kos menjanjikan pasar yang cukup menjanjikan bagi usaharumah makan.Melihat kenyataan tersebut maka usaha rumah makan merupakan hal yangmenjanjikan bila dipilih sebagai suatu usaha di sekitar lingkungan Universitas NegeriSemarang.2.
 
PermasalahanSeperti yang telah diuraikan dalam latar belakang diatas, lingkungan UNNESyang dipadati dengan mahasiswa tentunya menimbulkan berbagai peluang usahayang menjanjikan dan menguntungkan. Peluang usaha yang muncul antara lain usahakos-kosan, percetakan dan penjilidan, laundry, serta usaha rumah makan. Dariberbagai peluang usaha tersebut, salah satu usaha yang3.
 
TujuanTujuan dari analisis pasar berikut ini adalah mengetahui minat danketertarikan konsumen dalam memilih rumah makan. Terutama minat pelanggandalam memilih rumah makan prasmanan sebagai pilihan dalam meilih rumah makan.4.
 
Metodologi
 
Seperti yang telah diraikan diatas, letak geografis usaha rumah makan yangberada di lingkungan kampus yang rata-rata dihuni oleh mahasiswa, tentunyamemiliki karakteristik tersendiri. Untuk mengetahui kecenderungan minat mahasiswadalam memilih rumah makan, maka dilakukan pembagian angket pada beberapamahasiswa. Berdasarkan angket yang disebarkan, ada beberapa kecenderunganmahasiswa dalam memilih rumah makan. Mahasiswa sebagai konsumen cenderungmemilih rumah makan yang murah, enak, dan cepat dalam penyajiaannya.Selain dengan menyebarkan angket kepada para mahasiswa selaku parakonsumen produk/jasa pada analisis pasar berikut ini, maka dilakukan pulawawancara dengan pelaku usaha rumah makan prasmanan Simpati. Hal ini dilakukanuntuk mengetahui analisis pasar dari segi pelaku usaha, sehingga didapatkanketerangan yang lebih valid.5.
 
Sumber Data Teoritik / AcuanSumber data teoritik / acuan yang dijadikan dalam analisis pasar kali iniberasal dari hasil wawancara penyedia jasa/produk, dalam hal ini pemilik rumahmakan prasmanan Simpati serta wawancara pada beberapa mahasiswa yangmerupakan konsumen atau pengguna produk/jasa usaha rumah makan yang banyak berkembang di lingkungan UNNES yang dilakukan dengan teknik penyebaran angket.Selain data yang diambil dari wawancara pada pelaku usaha dan angket yangdisebar pada konsumen, sumber yang dijadikan acuan dalam analisis pasar berikut ini juga mengambil beberapa literatur dan artikel dari internet.6.
 
Objek PenelitianDalam analisis pasar kali ini, objek yang dijadikan sebagai acuan dalamobservasi adalah pemilik rumah makan Prasmanan Simpati sebagai penyediaproduk/jasa. Selain observasi pada penyedia produk/jasa, konsumen dalam hal inimahasiswa juga dijadikan sebagai objek observasi. Hal ini dilakukan untuk mengetahui minat dan keinginan yang secara umum dimiliki oleh para konsumendalam hal memilih rumah makan yang sesuai dengan keinginan konsumen.7.
 
Pembahasana.
 
Langkah-Langkah Analisis Pasar
 
Pasar Relevan
 
Mahasiswa merupakan pangsa pasar yang menjanjikan dalamusaha rumah makan di lingkungan sekitar UNNES. Hal inidikarenakan setiap mahasiswa pasti membutuhkan makan dan tidak semua mahasiswa mempunyai waktu untuk masak karena telahdisibukkan dengan tugas kuliah yang didapat dalam perkuliahan.Berdasarkan alasan tersebut maka saat ini dilingkungan UNNESbanyak bermunculan usaha-usaha rumah makan yang menawarkanberbagai macam menu dan pelayanan yang beragam. Dari mulai rumahmakan lesehan, angkringan, cafe, rumah makan prasmanan, warungmakan sederhan, sampai dengan rumah makan yang menyediakanfasilitas pesan antar.
 
Permintaan Premier Pasar RelevanBerdasarkan kenyataan yang selama ini terjadi, kebanyakanmahasiswa memilih rumah makan yang murah, enak, dan cepat dalampenyajiannya. Berdasrkan hal-hal tersebut maka disekitar lingkunganUNNES kemudian muncul dan berkembang rumah makan yangmenawarkan sistem prasmanan dalam penyajiannya. Dengan model ini,konsumen dapat menentukan sendiri porsi, menu, serta apa yangdiinginkan sesuai dengan selera dan kebutuhan konsumen.Salah satu rumah makan yang menerapkan sistem prasmanandalam melayani konsumen adalah Rumah Makan Simpati. Hal inidipilih karena kebutuhan makan antara satu orang dengan yang lain ituberbeda. Selain itu, dengan model ini diharapkan pelanggan menjadilebih puas dengan pelayanan yang diberikan serta ingin kembali lagi.
 
Segmen PasarKeadaan geografis usaha rumah makan yang berada dilingkungan kampus UNNES merupakan suatu peluang usaha yangmenjanjikan. Lingkungan kampus yang dipadati dengan mahasiswayang rata-rata merupakan anak kos merupakan pangsa pasar yangmenjanjikan bagi bisnis rumah makan. Mahasiswa yang umumnyatelah disibukkan dengan tugas kuliah tentunya lebih memilih untuk membeli makanan jadi dari pada harus repot-repot dan menghabiskanwaktu memasak. Mengingat hal tersebut, maka membuka usaha rumah

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->