Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword or section
Like this
10Activity
×
P. 1
Bab 1 - 3 ( Performa Turbin ) Landasan Teori , Dll

Bab 1 - 3 ( Performa Turbin ) Landasan Teori , Dll

Ratings: (0)|Views: 2,602|Likes:
Published by criztycrizty
Landasan Teori dalam menyusun laporan Tugas Akhir tentang Performa Turbin
Landasan Teori dalam menyusun laporan Tugas Akhir tentang Performa Turbin

More info:

Published by: criztycrizty on Jun 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

08/13/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
1.1
 
Latar Belakang
Indonesia adalah salah satu negara berkembang yang sedang mengalami gejolak kemajuan industri. Hal ini menyebabkan kebutuhan energi listrik bagi negara ini sangat besar.Saat ini energi listrik untuk memenuhi kebutuhan listrik di Indonesia yang terbesar dipasok oleh PLTU yang berbahan dasar batubara dan minyak bumi. Sumber energi tersebut merupakansumber daya tak terbarukan yang semakin lama akan semakin menipis keberadaannya.Panas bumi merupakan salah satu energi alternatif paling potensial untuk Indonesia.Lokasi Indonesia yang berada di “ring of firedunia membuat Indonesia dikelilingi oleh banyak gunung berapi. Potensi energi panas bumi yang dimiliki oleh Indonesia mencapaisekitar 28.000 MW. PT. Indonesia Power UBP Kamojang adalah salah satu anak perusahaanPT PLN di Indonesia yang bergerak di bidang pembangkitan energi listrik denganmenggunakan energi panas bumi. Untuk keseluruhan unit, PLTP Kamojang mampumenghasilkan listrik sebesar 140 MW.Pembangkit listrik tenaga Panas Bumi merupakan energi yang ramah lingkungan,karena dalam proses pembentukan uap panas bumi dilakukan oleh alam yang berasal darimagma di dalam perut bumi. Sehingga dalam proses konversi energi listrik tidak diperlukan bahan bakar yang mahal dan tidak ramah lingkungan seperti batubara atau bahan bakar minyak untuk menghasilkan uap.Bagi industri pembangkit listrik tenaga panas bumi, turbin merupakan komponen yang penting didalam proses pembangkitan tenaga panas bumi. Karena uap yang berasal dari sumur akan di tampung di
receiving header 
kemudian akan didistribusikan ke turbin setelah prosesekstraksi uap. Setelah uap yang telah di ekstraksi masuk ke dalam sudu tetap turbin danmemutar rotor turbin, energi yang dihasilkan dari putaran tersebut akan di konversi olehgenerator menjadi energi listrik. Sehingga effisiensi pembangkitan dipengaruhi oleh performaturbin. Untuk itu penyusun mengangkat judul ini untuk menerangkan faktor – faktor apa sajayang mempengaruhi performa turbin.
1
 
1.2Perumusan Masalah
Kami akan menganalisa faktor – faktor yang mempengaruhi performa turbinuap PLTP Kamojang pada 6 bulan terakhir, variable yang menjadi ukuran untuk mengetahui performa turbin naik atau turun yaitu, effisiensi isentropik turbin,kevakuman kondensor, flow uap, daya generator, tekanan uap utama, kerja turbin dandaya turbin. Dari variabel yang disebutkan akan ada salah satu yang menjadi bagianterpenting dalam menjaga performa turbin akan tetap baik , apabila performa turbinturun maka faktor itulah yang harus dijaga kekonstananya atau semua faktor – faktor yang telah disebutkan itu akan saling keterkaitan maka kita harus memperhatikansemua faktor – faktor tersebut.
1.3 Tujuan
1.
Memberikan gambaran tentang performa turbin uap pada unit 2 PLTP Kamojang.
2.
Menerangkan faktor – faktor apa saja yang mempengaruhi performa turbin uap unit 2PLTP Kamojang pada 6 bulan terakhir.3.Mengetahui adakah faktor paling penting yang harus dijaga untuk mendapatkan hasil performa turbin yang baik.
1.4 Luaran yang diharapkan
1.
Membandingkan kevakuman kondensor terhadap waktu.
2.
membandingkan konsumsi uap yang masuk turbin terhadap waktu.
3.
Membandingkan kerja turbin terhadap waktu.
4.
membandingkan beban generator terhadap waktu.5.membandingkan effisiensi isentropik turbin terhadap waktu.6.membandingkan daya turbin terhadap waktu.
2
 
7.
membandingkan tekanan uap utama terhadap waktu.
1.5Kegunaan
1.Sebagai rujukan untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi performa turbinunit 2 PLTP Kamojang.
2.
Sebagai bahan analisa untuk mengetahui performa turbine selama 6 bulan terakhir.3.Sebagai analisa apa yang menjadi faktor utama performa turbin bagus (meningkat),sehingga kita kedepannya dapat menjaga faktor tersebut agar performa turbin tetap bagus.
3

Activity (10)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Kuncoro Dedy S liked this
Elsa Krisdiana liked this
Kuncoro Dedy S liked this
Irman Roshiyandi liked this
Irman Roshiyandi liked this
bima liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->