Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
35Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Juknis Penyusunan RAPBS 2011-2012

Juknis Penyusunan RAPBS 2011-2012

Ratings: (0)|Views: 9,556|Likes:
belajar bersma di tas@dmin blog, silahkan share ilmu anda
belajar bersma di tas@dmin blog, silahkan share ilmu anda

More info:

Published by: Nir Singgih Purwantio on Jun 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/20/2013

pdf

text

original

 
PEMERINTAH KABUPATEN PURWOREJO
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Jl. Mayor Jenderal Sutoyo No. 69 Telepon (0275) 321112 Faks. (0275) 322274
Purworejo 54113Nomor LampH a l:::900 / 3914-
Petunjuk TeknisPenyusunan APBS TahunAjaran 2011/2012,
Kepada Yth.
1.
Kepala UPT Pendidikan danKebudayaan
2.
KepalaSekolah ........................... ......................................................Se Kab PurworejoDasar :1.Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem PendidikanNasional2.Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang Standard NasionalPendidikan3.Permendagri Nomor 13 tahun 2006 tentang Pedoman PengelolaanKeuangan Daerah;4.Permendagri No. 59 Thn 2007 - Perubahan atas Permendagri No. 13Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah;5.Permendiknas Nomor 19 tahun 2007 tentang Standar PengelolaanPendidikan oleh Satuan Dikdasmen6.Permendagri Nomor 21 tahun 2011 tentang Perubahan kedua atasPermendagri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman PengelolaanKeuangan Daerah;7.Peraturan Bupati Purworejo nomor 16.A tahun 2008 tentang PedomanPengelolaan Keuangan Sekolah di Kabupaten Purworejo;I.PENGERTIAN
1.
 Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah, yang selanjutnyadisingkat APBS, adalah dokumen yang memuat rencana pendapatan,belanja dan pembiayaan yang digunakan sebagai dasar pelaksanaananggaran oleh pelaksana teknis kegiatan sekolah dalam satu tahunpelajaran yang dibahas dan disetujui bersama oleh sekolah dan komitesekolah, dan disahkan oleh Kepala Dinas Pendidikan danKebudayaan.
 
2.
Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah, yangselanjutnya disingkat RAPBS, adalah dokumen perencanaan danpenganggaran yang berisi rencana pendapatan, rencana belanjaprogram dan kegiatan sekolah serta rencana pembiayaan sebagaidasar penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah.
3.
Program Sekolah adalah penjabaran kebijakan sekolah dalambentuk upaya yang berisi 1 (satu) atau lebih kegiatan denganmenggunakan sumber daya yang disediakan untuk mencapai hasilyang terukur sesuai dengan Visi dan Misi Sekolah.
4.
Program Tahunan adalah sejumlah rencana kerja yang dituangkandalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah yang akandilaksanakan selama setahun dan berdasarkan rencana kerja jangkamenengah dan jangka panjang.
5.
Program Jangka Menengah Sekolah adalah Rencana KerjaSekolah (RKS) yang menggambarkan tujuan yang akan dicapai dalamkurun waktu 4 (empat) tahun yang berkaitan dengan mutu lulusanyang ingin dicapai dan perbaikan komponen yang mendukungpeningkatan mutu lulusan.
6.
Program Jangka Panjang Sekolah adalah sejumlah rencana kerja jangka panjang yang merupakan penjabaran dari Visi dan MisiSekolah yang akan dicapai dalam kurun waktu 8 (delapan) tahun yangberkaitan dengan mutu lulusan yang ingin dicapai dan perbaikankomponen yang mendukung peningkatan mutu lulusan.
7.
Kegiatan adalah bagian dari program yang dilaksanakan olehsekolah sebagai bagian dari pencapaian sasaran terukur pada suatuprogram dan terdiri dari sekumpulan tindakan pengerahan sumber daya, baik yang berupa personil (sumber daya manusia), barangmodal termasuk peralatan dan teknologi, dana atau kombinasi daribeberapa atau semua jenis sumber daya tersebut, sebagai masukan(input) untuk menghasilkan keluaran (output) dalam bentukbarang/jasa.
8.
Kinerja adalah keluaran/hasil dari kegiatan/program yang akan atautelah dicapai sehubungan dengan penggunaan anggaran dengankuantitas dan kualitas yang terukur.
9.
Sasaran (target) adalah hasil yang diharapkan dari suatu programatau keluaran yang diharapkan dari suatu kegiatan
10.
Keluaran (output) adalah barang atau jasa yang dihasilkan olehkegiatan yang dilaksanakan untuk mendukung pencapaian sasarandan tujuan program serta kebijakan
11.
Hasil (outcome) adalah segala sesuatu yang mencerminkanberfungsinya keluaran dari kegiatan-kegiatan dalam satu program.
 
II.PROGRAM DAN KEGIATANPenetapan program dan Kegiatan di sekolah harus mengacu padaperaturan peraturan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah. Sebelummenetapkan suatu program dan kegiatan harus dilakukan evaluasi dirisekolah masing-masing. Hasil evaluasi diri yang dilakukan sekolah harusdiperbandingkan dengan standar peraturan yang berlaku, sehinggakesenjangan yang ada dapat digunakan untuk menyusun rencana kerjasekolah maupun rencana kerja tahunan.Pada Permendiknas Nomor 19 tahun 2007 berkaitan denganrencana kerja sekolah dan rencana kerja tahunan disampaikan bahwaa.Sekolah/Madrasah membuat:1)Rencana kerja jangka menengah yang menggambarkantujuan yang akan dicapai dalam kurun waktu empat tahun yangberkaitan dengan mutu lulusan yang ingin dicapai dan perbaikankomponen yang mendukung peningkatan mutu lulusan;2)Rencana kerja tahunan yang dinyatakan dalam RencanaKegiatan dan Anggaran Sekolah/Madrasah (RKA-S/M)dilaksanakan berdasarkan rencana jangka menengah.b.Rencana kerja jangka menengah dan tahunan sekolah/madrasah:1)disetujui rapat dewan pendidik setelah memperhatikanpertimbangan dari komite sekolah / madrasah dan disahkanberlakunya oleh dinas pendidikan kabupaten/kota. Padasekolah/madrasah swasta rencana kerja ini disahkan berlakunyaoleh penyelenggara sekolah/madrasah;2)dituangkan dalam dokumen yang mudah dibaca oleh pihak-pihak yang terkait.c.Rencana kerja empat tahun dan tahunan disesuaikan denganpersetujuan rapat dewan pendidik dan pertimbangan komitesekolah/madrasah.d.Rencana kerja tahunan dijadikan dasar pengelolaansekolah/madrasah yang ditunjukkan dengan kemandirian, kemitraan,partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas.e.Rencana kerja tahunan memuat ketentuan yang jelas mengenai:
1)
kesiswaan;
2)
kurikulum dan kegiatan pembelajaran;
3)
pendidik dan tenaga kependidikan serta pengembangannya;
4)
sarana dan prasarana;
5)
keuangan dan pembiayaan;

Activity (35)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Nifa Keysa liked this
Haris Maulana liked this
Ishak Hatorangan liked this
K'Amin Tabah liked this
Adi Bobby liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->