Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
11Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Mnajemen Produksi Agribisnis

Makalah Mnajemen Produksi Agribisnis

Ratings: (0)|Views: 446 |Likes:
Published by Taufik Faturohman

More info:

Published by: Taufik Faturohman on Jun 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/19/2013

pdf

text

original

 
Makalah
“ 
 Manajemen Produksi Agribisnis
” 
 
Tugas ini disusun untuk memenuhi tugas Mata kuliahAgribisnis
Disusun Oleh
Mochamad Angga MuhajirC1A008014
JURUSAN ILMU EKONOMI DAN STUDI PEMBANGUNANFAKULTAS EKONOMIUNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMANPURWOKERTO2012
 
BAB IPENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Produksi agribisnis dapat diartikan sebagai seperangkat prosedur dankegiatanyang terjadi dalam penciptaan produk agribisnis (produk usahapertanian,perikanan, peternakan, kehutan, dan hasil olahan produk-produk tersebut).berdasarkan hal tersebut,maka manajemen agribisnis dapat dapat diartikansebagaiseperangkat keputusan untuk mendukung proses produksi Agribisnis, mulai darikeputusan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, pengendalian,hingga evaluasi proses produksi.Manjemen produksi memiliki dampak menyeluruh dan terkait beberapafungsi,seperti fungsi personalia,keuangan penelitian dan pengembangan,pengdaan danpenyimpanan, dan lain-lain. Artinya,segala sesuatu yang berkaitan denganproduksimemiliki dampak terhadap fungsi-fungsi lainya. bahkan memiliki dampak menyeluruhterhadap perusahaan. Misalnya,suatu rencana peningkatan produksisampai 10% akan memiliki dampak terhadap fungsi manajemen keuangan,mnanjemen sumber daya manusia, manjaemen teknologi, manjemen pengadaan,manjemen persediaan, manajemen penyimpanan, dan lain-lain.Manajemen produksi,terutama menyangkut keputusan lokasi,ukuranatauvolume,dan tata letak fasilitas,pembelian,persediaan,dan penjadwalan serta mutuproduk,akan menjadi perhatian khusus dari para manajer produksi. Walpunkeputusan-keputusan mengenai hal tersebut secara fungsional dapat berada diluar tanggung jawab manajer produksi,seperti fungsi pengadaan ,persediaan,dan penyimpanan,tetapitetap harus diperhatikan oleh manajer produksi dalam rangkamenjaminberlangsungnya proses produksi sesuai dengan yang direncanakan.
B. Maksud dan Tujuan
 
memahami konsep manajemen produksi agribisni
 
memahami ruang lingkup manajemen produksi usaha produksi pertanian
 
memehami proses perencanaan produksi pertanian
 
Memahami ruang lingkup manajemen usaha pengolahan hasil pertanian.
 
Memahami proses pengolahan hasil pertanian
 
BAB IIPEMBAHASAN
A.
 
Manajemen Produksi Dalam Usaha Produksi Pertanian
Usaha produksi pertanian,produksi primer,sangat variatif dan sngattergantungkepada jenis komoditas yang diusahakan.Namun,pada intinya manajemen produksipertanian mencapai kegiatan perencanaan,pengawasan,evaluasi danpengendalian.Ruang lingkup manajemen produksi pertanian tersebut diuraikan dibawah ini.
1.
 
Perencanaan produksi pertanian
Perencanaan merupakan suatu upaya penyusunan program,baik programyangsifatnya umum maupun yang spesifik,baik jangka pendek maupun jangkapanjang.suatu usaha produksi yang baru memerlukan perncanaan yang bersifatumumatau yang sering disebut sebagai praperencanaan.faktor-fktor yang sangatpenting danharus diputuskan dalam praperencanaan Agribisnis ,khususnya subsistemproduksi primer/usah tani,adalah pemilihan lokasi produksi dan pertimbanganfasilitas,sertasekala usaha.setelah ketiga hal tersebut diputuskan,maka dibuat rencanayang lebihspesifik menyangkut kebutuhan input-inpu serta perlengkapan produksi.
2.
 
Pemilihan komoditas pertanian
Pemilihan komoditas yang akan di usahakan memegang peranan pentingdalamkeberhasilan usaha produksi pertanian.komoditas yang bernilai ekonomistinggi akanmenjadi prioritas utama,tetapi perlu di pertimbangakan hal-hal yang berhubungandengan pemasaranya.sebab,mungkin terjadi komoditas ekonomis dalamproduksi,tetapi tidak tetap untuk daerah produksi dan wilayah pemasaran yangakandituju.komoditas yang telah dipilih selanjutnya ditetapkan jenisnya/varietasnyasesuaidengan kondisi topografi dan iklim lokasi yang direncanakan.
3.
 
Pemilihan lokasi produksi pertanian dan penempatan fasilitas
Untuk usaha agribisnis bersekala kecil mungkin pemilihan lokasiproduksitidak menjadi suatu prioritas ,karena umumnya produksi di lakukan di daerahdomisili para petani.Namun,usaha agribisnis yang bersekala menengah keatas,seperti

Activity (11)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
FaraRa YuUki liked this
FaraRa YuUki liked this
Astrina Winda liked this
Adib Lazuardi liked this
Hafid Harnas liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->