Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
14Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Asuhan Keperawatan Pada an. s Dengan Typhoid Di Ruang Parkit Rs Pusat Angkatan Udara Dr. Esnawan Antariksa Jakarta

Asuhan Keperawatan Pada an. s Dengan Typhoid Di Ruang Parkit Rs Pusat Angkatan Udara Dr. Esnawan Antariksa Jakarta

Ratings: (0)|Views: 573 |Likes:
Published by EDo Chthonic

More info:

Published by: EDo Chthonic on Jun 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX or read online from Scribd
See more
See less

07/12/2013

 
 ASUHAN KEPERAWATAN PADA An. S DENGAN TYPHOIDDI RUANG PARKIT RS PUSAT ANGKATAN UDARADr. ESNAWAN ANTARIKSAJAKARTA
Disusn Oleh:
EDI SUWANDI
 
08005
 
AKADEMI KEPERAWATAN ANDALUSIAJAKARTA TAHUN2011
 
BAB IPENDAHULUAN
A.
 
Latar Belakang MasalahPerubahan ilmu pengetahuan dan teknologi pada saat ini berkembang sangatpesat. Perubahan yang sangat pesat tersebut berdampak sangat besar terhadapperubahan gaya hidup masyarakat seperti pola makan yang tidak teratur,kebiasaan yang kurang baik seperti tidak mencuci tangan sebelum makan, jajansembarangan, serta mengkonsumsi makanan dan minuman yang tercemar. Haltersebut diatas dapat mengakibatkan timbulnya berbagai macam penyakit dimasyarakat, salah satunya typhoid yang setiap tahun penderitanya begitu banyak ditemukan dirumah sakit (Rohim, 2002).Typhoid merupakan penyakit infeksi yang di jumpai secara luas di daerah tropisterutama di daerah dengan kualitas sumber air yang tidak memadai denganstandar hygiene dan sanitasi yang rendah, angka kejadian pada penderita yangmengalami penyakit typhoid cukup tinggi. Hal ini ditunjang oleh kelembabandaerah tropis yang cukup tinggi serta masyarakat yang heterogen dalam haltingkat sosial ekonomi maupun pengetahuan tentang kesehatan diri danlingkungan yang masih relatif rendah. Penyakit tropis umumnya merupakanpenyakit infeksi yang mudah menular melalui feses dan urin (Rohim, 2002).Jumlah penduduk dunia yang menderita demam typhoid setiap tahunya bisamencapai sekitar 15-30 juta dan 600.000 diantaranya meninggal. Hasil risetkesehatan dasar tahun 2008 di Indonesia, penyakit typhoid 500 orang per 100.000penduduk dengan laju kematian antara 0,6 - 5% (Wahanudin, 2009).Hasil data Medical Record di Ruang Parkit Rumah Sakit Pusat Angkatan Udaradr. Esnawan Antariksa Jakarta bulan Januari sampai Desember 2010 sebanyak 74 penderita Typhoid dari 805 anak rawat inap RSPAU Jakarta sekitar 9,19%,pada bulan Januari sampai Mei tahun 2011 sebanyak 38 penderita Typhoid dari335 anak rawat inap RSPAU Jakarta sekitar 11,34%.
 
Dari jumlah penderita thypoid tersebut ada beberapa penderita yang tidak tertolong, hal tersebut disebabkan karana terjadinya komplikasi pada penderitatyphoid seperti perdarahan usus, perforasi usus, dan peritonitis. Melihatkompleknya masalah dan komplikasi pada klien dengan penyakit typhoid makadiperlukan asuhan keperawatan secara menyeluruh baik yang melalui aspek promotif yaitu dengan memberikan pendidikan kesehatan kepada pasien dankeluarga (Rohim, 2002).Oleh karena itu peran perawat dalam memberikan asuhan keperawatan melaluiberbagai upaya preventif berupa memelihara lingkungan tetap bersih, mencucitangan sebelum memegang makanan, melindungi makanan dan minuman dariserangga (lalat), meminum air yang sudah masak, hindari jajan sembarangan, danhindari kekurangan Vitamin C dan B kompleksdan jika demam tidak turun segerabawa kedokter/ketempat pelayanan kesehatan. Adapun pada aspek kuratif yaitumemberikan keperawatan terhadap anak yang terkena Typhoid dan pemberianobat yang diberikan secara optimal sehingga apabila penyakit Typhoid ini tidak segera ditangani akan terjadi komplikasi yang lebih lanjut seperti pendarahanusus, perforasi usus dan peritonitis. Sedangkan pada aspek rehabilitatif berupaistirahat ditempat tidur tanpa aktifitas yang berat, mengkonsumsi makanan yangtinggi protein dan kalori, tidak boleh makan makanan yang mengandung banyak serat dan gas serta tidak boleh makan makanan yang merangsang lambung,seperti makanan pedas dan asam (Rampengan, 2007).Berdasarkan data angka kesehatan typhoid yang cukup tinggi dan akibat yangditimbulkan apabila tidak segera ditangani serta banyak peran perawat yangdilakukan, maka penulis tertarik untuk mengetahui bagaimana asuhankeperawatan pada anak dengan Typhoid di Ruang Parkit Rumah Sakit PusatAngkatan Udara dr. Esnawan Antariksa Jakarta.B.
 
Tujian1.
 
Tujuan UmumDiperolehnya pengalaman nyata dalam memberikan asuhan keperawatan padaanak dengan Typhoid

Activity (14)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Dewi Ratnawati liked this
Alex Rahma liked this
Dian Andika E liked this
n_hakim liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->