Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan Mamajemen Bk Smp 3 Talang

Laporan Mamajemen Bk Smp 3 Talang

Ratings: (0)|Views: 483|Likes:

More info:

Published by: Wahyuza Dimas Aditya Comtinge on Jun 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/25/2012

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Seorang konselor yang memberikan pelayanannya kepada masyarakat atauindividu yang membutuhkan bantuannya untuk penyelesaian masalah yang dihadapinyaharus melaui serangkaian pendidikan yang diperlukan untuk menunjang profesitersebut. Ketika seorang konselor telah terjunke masyarakat dalam artian sudahmenyelesaikan pendidikannya, konselor tersebut dapat memberikan pelayanannya padainstansi pendidikan seperti sekolah. Dalam memberikan pelayanan di sekolah tersebutdiperlukan suatu manajemen yang disebut dengan manajemen BK.Organisasi bimbingan dan konseling adalah suatu wadah atau badan yangmengatur segala kegiatan untuk mencapai tujuan bimbingan dan konseling secara bersama-sama. Sebagai suatu badan, banyak ahli menawarkan model atau polaorganisasi mana yang cocok diterapkan di sekolah. Akan tetapi, pola organisasimanapun yang dipilih harus didasarkan atas kesepakatan bersama di antara pihak-pihak yang terkait di sekolah, yang dilanjutkan dengan usaha-usaha perencanaan untuk mencapai tujuan, pembagian tugas, pengendalian proses dan penggunaan sumber-sumber bimbingan, usaha-usaha tersebut disebut sebagai administrasi bimbingan dankonseling.Berdasarkan argumen diatas, maka dari itu penulis melakukan observasi dilapangan, untuk mengetahui bagaimana Manajemen Bimbingan dan Konseling disekolah, yang mana disini penulis mengambil sebagai sampelnya yaitu SMP N 03Talang.
 
B.
Rumusan Masalah
1.
Bagaimana konsep dasar manajemen BK di SMP N 3 Talang ?
2.
Apa visi dan misi manajemen BK di SMP N 3 Talang?
3.
Bagaimana macam manajemen BK di SMP N 3 Talang?
4.
Berapa jumlah guru BK dan siswa di SMP N 3 Talang?
5.
Bagaimana administrasi BK di SMP N 3 Talang?
6.
Pelaksanaan kegiatan manajemen BK di SMP N 3 Talang?
C.
Tujuan Penulisan
1.
Untuk mengetahui pelaksanaan Manajemen BK di sekolah
2.
Untuk mengetahui perencanaan program BK yang ada di sekolah
3.
Untuk memahami manajemen BK di sekolah
 
BAB IIPEMBAHASAN
Pelaksanaan Observasi dilakukan di SMP N 3 Talang pada hari Selasa, 15Mei 2012. Dalam pelaksanaan observasi ini kami menggunakan metodewawancara dengan Guru BK yang sekaligus sebagai koordinator Guru BK diSMP N 3 Talang dengan hasil wawancara sebagai berikut :
A.
Konsep Dasar Manajemen Bimbingan dan Konseling
Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di SMP N 3 Talang telah dilaksanakandengan mengikuti prosedur dalam Bimbingan dan Konseling seperti berlandaskan padaasas-asas dalam BK dan pola 17+.
Guru BK di sekolah tersebut juga sudahpernah melakukan home visit dalam menangani masalah yangdihadapi siswa. Serta lebih mengutamakan masalah pribadi.
Dalam melaksanakan program bimbingan dan konseling, Guru BK melakukankerjasama atau berkolaborasi dengan berbagai pihak yang terkait, seperti dengankepala Sekolah, guru-guru mata pelajaran, orang tua konseli.Guru BK di SMP N 3Talang berperan dengan maksimal dengan memfasilitasi peserta didik untumengembangkan diri dengan menanamkan kedisiplinan di antara peserta didik.Dalam pelaksanaan Bimbingan dan Konseling juga melibatkan Kesiswaan, danmenjadikan perpustakaan sebagai mediasi pelaksanaanya. Program yang dilaksanakandari program tahunan, bulanan, mingguan, harian satuan layanan. Layanan yangditerapkan:
a.
OrientasiLayanan orientasi membantu peserta didik kelas VII memahami lingkungan baru, terutama lingkungan sekolah dan obyek-obyek yang dipelajari, untuk menyesuaikan diri serta mempermudah dan memperlancar peran peserta didik dilingkungan yang baru.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->