Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
20Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
LAPORAN PENDAHULUAN

LAPORAN PENDAHULUAN

Ratings: (0)|Views: 423 |Likes:

More info:

Published by: Raka Black CHangntuese on Jun 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/11/2013

pdf

text

original

 
LAPORAN PENDAHULUAN
 A. Konsep Dasar Bayi Berat Lahir Rendah1. PengertianBayi berat lahir rendah (BBLR) adalah neonatus dengan berat badan lahir padasaat kelahiran kurang dari 2.500 gram (2499 gram). (Abdul Bari Saifuddin, 2001).Dahulu neonatus dengan berat badan lahir kurang dari 2.500 gram atau sama disebut prematur (Buku Asuhan Keperawatan Perinatal Hal. 73). Tahun 1961 (WHO)telah mengganti istilah premature baby dengan low birt weight baby (bayi denganberat lahir rendah = BBLR). hal ini dilakukan karena tidak semua bayi dengan beratkurang dari 2.500 gram pada waktu lahir bayi prematur (Hanifa Wiknjosastro, 1999).Untuk mencapai keseragaman pada Kongres European Perinatal Medicine ke IItahun 1970 telah disusun sebagai berikut (Juniarti, Sri. M, NurLina. S, 1995) :a.
 
Bayi kurang bulan adalah bayi dengan masa kehamilan kurang dari 37 minggu.b.
 
Bayi cukup bulan adalah bayi dengan masa kehamilan dari 37 minggu
 – 
42 minggu.c.
 
Bayi lebih bulan adalah bayi dengan masa kehamilan mulai 42 minggu lebih.Berkaitan dengan penanganan dan harapan hidupnya bayi berat lahir rendah dibedakandalam (Abdul Bari Saifuddin, 2001) :a. Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR), berat lahir 1.500 gram - 2.500 gram.b. Bayi Berat Lahir Sangat Rendah (BBLSR), berat lahir kurang dari 1.500 gram.c. Bayi Berat Lahir Ekstrem Rendah (BBLER), berat lahir kurang dari 1.000 gram.WHO (1979) membagi umur kehamilan dalam 3 (tiga) kelompok :d. Preterm : kurang dari 37 minggu lengkap.e. Term : mulai dari 37 minggu sampai kurang dari 42 minggu lengkap.f. Post Term : 42 minggu lengkap atau lebih.2. EtiologiTerjadinya lahir prematur / BBLR pada bayi disebabkan oleh berbagai macamfaktor diantaranya :
 
a. Faktor Ibu1). Penyakit yang berhubungan langsung dengan kehamilan2) Usia3) Keadaan Sosial Ekonomi4) Faktor lainb. Faktor Janinc. Faktor Uterus dan Plasenta3. Klasifikasia. Bayi berat lahir rendah kurang bulan (<37 minggu) disebut Prematur, dengan gejala:
 
Kulit tipis dan mengkilap
 
Tulang rawan telinga sangat lunak 
 
Lanugo banyak terutama pada punggung
 
Jaringan payudara belum terlihat, puting berupa titik 
 
Pada bayi perempuan labia mayora belum menutupi labia minora
 
Pada bayi laki-laki skrotum belum banyak lipatan, testis kadang belum turun
 
Kadang disertai dengan Pernapasan tidak teratur
 
Aktifitas dan tangisanya lemah
 
Menghisap dan menelan tidak efektif b. Bayi berat lahir rendah cukup bulan (>37 minggu) disebut Dysmatur, dengan gejala:
 
Umur janin umumnya cukup tetapi beratnya kurang dari 2500 gram
 
Gerakannya cukup aktif, tangis cukup kuat
 
Kulit keriput, lemak bawah kulit tipis
 
Mengisap cukup kuat4. Gejala klinis dan komplikasia. Tanda
 – 
tanda BBLR :
 
1). Berat Badan Kurang dari 2.500 gram, panjang badan kurang dari 45 cm, lingkarkepala kurang dari 33 cm, lingkar dada kurang dari 30 cm.2). Masa gestasi kurang dari 37 minggu.3). Kepala lebih besar dari badan4). Lanugo (bulu halus ) banyak terutama pada dahi, pelipis, telinga dan lengan5). Lemak sub kutan kurang.6). Ubun
 – 
ubun dan sutura melebar7). Genitalia belum sempurna, labia minora belun tertup oleh labia mayora (padawanita) pada pria testis belum turun.8). Pembuluh darah kulit banyak terlihat peristaltik usus dapat terlihat.9). Rambut halus dan tipis.10). Banyak tidur dan tangis lemah.11). Kulit tampak mengkilat dan licin12). Pergerakan kurang dan lemah.13). Refleks tonus leher lemah, refleks isap kurang, refleks menelan kurang dan refleksbatuk masih lemah.b. KomplikasiPenyakit yang terdapat pada bayi BBLR antara lain :1). Sindrom distest pernafasan, disebut juga penyakit membran hialin yang melapisialveolus perut.2). Aspirasi pnemunia, keadaan ini disebabkan karena repleks menelan dan batuk pada bayi prematur belum sempurna.3). Perdarahan intraventrikuler, adalah perdarahan spontan pada ventrikel atau lateral,biasanya terjadi bersamaan dengan pembentukan membran hialin di paru
 – 
paru.4) Fibroplasia retrolintal, keadaan ini disebabkan oleh gangguan oksigen yangberlebihan.5) Hiperbillirubinemia, keadaan ini disebabkan karena hepar pada bayi prematurbelum matang.

Activity (20)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
murianda liked this
murianda liked this
muhammadrony liked this
Tole liked this
Joe Ken liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->