Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MASALAH PERDAGANGAN INTERNASIONAL

MASALAH PERDAGANGAN INTERNASIONAL

Ratings: (0)|Views: 80 |Likes:
Published by Haringkaz Gugues

More info:

Published by: Haringkaz Gugues on Jun 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/21/2012

pdf

text

original

 
MASALAH PERDAGANGAN INTERNASIONAL
PENGANGGURAN SEBAGAI SALAH SATU MASALAH
 
AKIBAT PERDAGANGAN INTERNASIONAL
 
Perdagangan internasional adalah perdagangan yang dilakukan suatu negara dengan negaralain atas dasar saling percaya dan saling menguntungkan. Perdagangan internasional tidak hanyadilakukan oleh negara maju saja, namun juga negara berkembang. Perdagangan internasional inidilakukan melalui kegiatan ekspor impor. Dengan melakukan perdagangan internasional melaluikegiatan ekspor impor, negara maju akan memperoleh bahan-bahan baku yang dibutuhkanindustrinya sekaligus dapat menjual produknya ke negara-negara berkembang. Sementara itu,negara berkembang dapat mengekspor hasil-hasil produksi dalam negeri sehingga memperolehdevisa. Pada saat terjadi kegiatan transaksi berupa ekspor dan impor barang, uang yang digunakansebagai alat pembayaran dalam perdagangan internasional yaitu berupa devisa. Devisa adalah alatpembayaran luar negeri atau semua barang yang dapat diterima di dunia internasional sebagai alatpembayaran. Beberapa barang yang dapat digunakan sebagai devisa atau alat pembayaran luarnegeri, yaitu emas dan perak, valuta asing, dan wesel asing.
 
Ada beberapa faktor yang mendorong semua negara di dunia melakukan perdagangan luarnegeri. Faktor-faktor pendorong tersebut yaitu, barang kebutuhan yang dapat dihasilkan oleh suatunegara tergantung pada sumber daya alam yang dimiliki. Perbedaan sumber daya ini juga tergantungpada kondisi wilayah di negara tersebut, selain itu perbedaan teknologi yang dimiliki oleh setiapnegara berbeda, serta perdagangan internasional memungkinkan suatu negara memproduksi barangdalam jumlah besar sehingga biaya produksi menjadi rendah sebagai bentuk penghematan biayaproduksi.Dalam perdagangan internasional, terdapat berbagai macam permasalahan yang dapattimbul. Masalah-masalah ini bisa berdampak bagi jangka pendek bahkan jangka panjang. Misalnyasaja inflasi, matinya usaha-usaha kecil yang menimbulkan pengangguran, dan ketimpangan yangmuncul dalam jangka pendek, untuk kurun beberapa waktu kedepan misalnya 10 -25 tahunmendatang ini bisa jadi sebuah permasalahan yang serius, jika dalam jangka waktu pendek itupemerintah tidak dapat memulihkan keadaan dan menyelesaikan masalahnya. dalam perdaganganinternasionalnya negara-negara sedang berkembang tidak dapat memperoleh keuntungan yangbenar-benar maksimal jika dibandingkan dengan negara-negara industri atau negara-negara maju.Atau secara singkat, dalam perdagangan internasional negara-negara maju memiliki posisi yang jauhlebih menguntungkan dibandingkan dengan negara-negara yang sedang berkembang.
 
Pengangguran memang terjadi dikarenakan jumlah lapangan pekerjaan yang jauh lebih kecildisbanding jumlah tenaga kerjanya. Tapi itu bukan semata faktor penyebabnya.
 
Penyebab terjadinya pengangguran antara lain adalah :

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->