Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengertian Studi Kelayakan Bisnis

Pengertian Studi Kelayakan Bisnis

Ratings: (0)|Views: 177|Likes:
Published by Riky Krebo

More info:

Published by: Riky Krebo on Jun 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/06/2015

pdf

text

original

 
Pengertian Studi Kelayakan Bisnis (SKB)
Yang dimaksud dengan studi kelayakan bisnis adalah penelitian dan penilaian tentangdapat tidaknya suatu proyek dilakukan dengan berhasil (menguntungkan). Pengertianmenguntungkan berhasil atau layak, ada yang menafsirkan dalam arti sempit dan arti luas.Pengertian arti sempit, biasanya pihak swasta yang lebih berminat tentang manfaat ekonomisuatu investasi. Pengertian dalam arti luas, biasanya pemerintah atau lembaga non profitdisamping manfaat ekonomi masih ada manfaat lain yang perlu diperhatikan dandipertimbangkan.1.Tujuan Studi Kelayakan Bisnis
a. Menghindari resiko kerugian
Resiko kerugian untuk masa yang akan datang yang penuh dengan ketidak pastian, dalam hal inifungsi studi kelayakan untuk meminimalkan resiko baik yang dapat dikendalikan maupun yangtidak dapat dikendalikan.
b. Memudahkan Perencanaan
Perencanaan meliputi berapa jumlah dana yang diperlukan, kapan usaha akan dijalankan,dimana, bagaimana pelaksanaannya, berapa besar keuntungan yang akan diperoleh sertabagaimana mengawasinya jika terjadi penyimpangan.
c.
 
Memudahkan Pelaksanaan Pekerjaan
Dengan rencana yang telah tersusun maka sangat memudahkan pelaksanaan bisnis, pengerjaanusaha dapat dilakukan secara sistematik.
d. Memudahkan Pengawasan
Dengan melaksanakan proyek sesuai rencana maka memudahkan untuk melakukan pengawasanterhadap jalannya usaha.
e. Memudahkan Pengendalian
Jika dapat diawasi maka jika terjadi penyimpanganakan muidah terdeteksi, sehingga mudahuntuk mengendalikan penyimpangan tersebut.
Manfaat Studi kelayakan BisnisPihak Pertama (bagi analisis)
a.
 
Memberikan pengetahuan tentang cara berpikir yang sistematis (runtut) dalammenghadapi suatu masalah (problem) dan mencari jawabannya.(solusi)b.
 
Menerpakan berbagai disiplin ilmu yang telah dipelajari sebelumnya dan menjadikannyasebagai alat bantu dalam penghitungan/pengukuran, penilaian dan pengambilankeputusan.c.
 
Mengerjakan studi kelayakan berarti mempelajari suatu objek bisnis secara komprehensif sehingga penyusunannya akan mendapatkan pembelajaran dan pengalaman yang sangatberharga.
Pihak kedua (bagi masyarakat
)
a. Calon Investor
Dalam menilai SKB, calon Investor lebih terkonsentrasi pada aspek ekonomis dan keuangankarena pada aspek inilah mereka dapat menentukan tingkat pengembalian modal (IRR),
 payback 
 
 period 
, aliran kas dan tentunya proyeksi laba-rugi. Disini mereka juga dapat memperhitungkan
return
dan resiko yang mungkin dihadapi.
b. Mitra penyerta modal
Calon Investor biasanya membutuhkan mitra penyerta modal baik perseorangan maupunperusahaan. Hasil studi kelayakan ini akan membantu calon investor dalam meyakinkanmitranya.
c. Perbankan
Dalam proses persetujuan perkreditan dari bank diperlukan rekomendasi yang menyatakanbahwa proyek tersebut layak, maka diperlukan SKB
d. Pemerintah
Penilaian Pemerintah terhadap studi kelayakan adalah biasanya yang menyangkut pada aspek legalitas dan perizinan.(izin prinsip dan izin operasional proyek).
e. Manajemen Perusahaan
SKB untuk pengembangan bisnis baru akan berhububngan dengan pihak menajemen terutamadireksi.
f. Masyarakat
Acuan penilaian masyarakat terhadap suatu proyek atau bisnis biasanya yang menyangkutAMDAL (dampak lingkungan). Dan AMDAL ini biasanya untuk proyek-proyek besar.Faktor-faktor penyebab kegagalan suatu Bisnis1.
 
Data dan Informasi tidak lengkap2.
 
Tidak teliti3.
 
Salah perhitungan4.
 
Pelaksanaan pekerjaan salah5.
 
Kondisi lingkungan6.
 
Unsur sengaja
Tujuan diadakan Studi Kelayakan Bisnis (SKB)
Suatu proyek investasi pada umumnya memerlukan dana yang cukup besar danmempengaruhi perusahaan dalam jangka panjang karenanya perlu diadakan suatu studiatau penelitian dan penilaian sebelumnya. Banyak sebab yang mengakibatkan suatu proyek ternyata kemudian tidak menguntungkan/gagal. Sebab itu bisa berwujud kesalahanperencanaan, kesalahan analisa pasar, kesalahan dalam memprediksi bahan baku, kesalahanmerekrut tenaga kerja. Disamping itu juga karena kesalahan dalam analisa lingkungan.Untuk itulah studi tentang kelayakan minimal ekonomis menjadi sangat penting. Denganringkas kita bisa mengatakan bahwa tujuan dilakukannya studi kelayakan adalah untuk menghindari keterlanjuran penanaman modal yang terlalu besar untuk kegiatan yang ternyatatidak menguntungkan.Disiplin Ilmu Bentuk Kontribusi ManfaatPemasaran 1. Analisa permintaan dan penawaran2. Mencari pasar dan menghitungpasar potensial, permintaan efektif,segmen pasar3. Analisis persaingan4. Pemilihan strategi pemasaranUntuk mengetahui danmenilai apakah produk yangdihasilkan dapat diterimadan diserap oleh pasarManajemen SDM 1. Struktur Organisasi Untuk menilai kapabilitas
 
2. Analisa Jabatan3. Proses Rekrutmen4. Teknik pemberian kompensasi5. Teknik pemberian motivasi6. Masalah pemeliharaan tenaga kerjatim dan menempatkan orangpada tempat yang tepat.Manajemen keuangan 1. Menentukan Modal Kerja2. Menentukan Modal Investasi3. Menilai arus kas4. Membuat proyeksi rugi laba danneraca perusahaan5. Mengetahui tingkat pengembalianmodal6. Mengetahui profitabilitas, likuiditas,dan rentabilitas usaha yang dijalankanMengetahui apakah bisnisyang akan dijalankanmenguntungkan / tidak Manajemen Operasidan Produksi1. Pemilihan desain produk yang akandiproduksi2. Penghitungan kapasitas perusahaan3. Pemilihan mesin dan teknologiserta peralaan yang akan digunakan4. Penentuan lokasi usaha5. Penataan lay-out mesin,bangunan dan fasilitas lain6. Penghitungan skala produksiyang ekonomisUntuk mengetahui danmenilai apakah barang dan jasa yang dihasilkan sudahdiproduksi secara efektif danefisien.Aspek Hukum Dalambisnis1. Memilih badan hukum yang tepat2. Menentukan prosedur pendirian3. Menilai apakah usaha yang akandijalankan melangar ketentuan UU atauketentuan peraturan yang berlaku / tidak Untuk menilai bentuk organisasi yang tepatIlmu Sosial danLingkungan1. Dampak pencemaran lingkungan(Amdal)2. Penyerapan tenaga kerja3. Dampak socialUntuk menilai dampak pencemaran dan pengaruh-nya terhadap kondisisosialmasyarakat.
Lembaga-lembaga yang Memerlukan Studi Kelayakan
Pihak yang menanamkan dana dalam suatu proyek tentunya akan lebih memperhatikanprospek usaha tersebut. Prospek disini dimaksudkan keuntungan beserta resiko investasi.Gambaran pospek ini sedikit banyak tercermin dari suatu Studi Kelayakan Bisnis (SKB)Pihak kreditur/ Bank memperhatikan segi keamanan dana yang dipinjamkan.Mereka mengharapkan bunga plus angsuran pokok bisa dibayarkan tepat waktu.Pemerintah terutama lebih berkepentingan dengan manfaat proyek tersebut
 
bagiperekonomian nasional.

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
F'Kim Nancy C liked this
Dimaz Prasetio liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->